Pidato : Pertama

Assalammuaiku wr.wb

Pertama tama marilah sama-sama kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di kelas XI IPA B. Tidak lupa pula salawat beriring salam kita sanjung sajikan kepangkuan Nabi besar Muhammad SAW, yg mana beliau telah membawa kita ke alam yg penuh ilmu pengetahuan.

Penghormatan saya kepada ibu,selaku guru B.Indonesia kami,dan penghormatan saya kepada teman-teman semua. Hari ini saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul Pengaruh internet terhadap remaja dan siswa . Sebelum saya memulai pidato ini, saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan dalam pidato ini,yakni : pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan segi negatif.

Internet, kata yang tidak asing lagi di telinga semua orang,terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan dunia yang berteknologi, mewah, dan praktis. Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan HP yang memilki koneksi internet dan kita langsung dapat mengaksesnya dengan mudah. Dengan adanya internet, akses atau dalam penyampaian informasi-informasi yang ada di dunia ini dapat di ambil dengan mudahnya.

Banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah ,informasi apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan siswa ? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa, karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan. Internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk di dapatkan dan di akses oleh sapa saja.

Walaupun tak dapat di pungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas dan asusila. Siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh, seperti gambar-gambar yang tidak senonoh dan video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan menggangu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.

Namun demikian tidak semua siswa yang melakukan hal yang demikian, hanya sebagian siswa-siswa yang usil saja yang dapta melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya. Tetapi pada umumnya internet digunakan oleh setia siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima di sekolah, hal ini memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan.

Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur, karena remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya.

Demikianlah pidato singkat saya, jika ada tuturkata saya yang kurang berkenan dihati, mohon di maafkan.sekian dan terima receh. Assalamualaikum wr.wb..