Pidato Tugasq.doc : 1

PIDATO 1

Bismilahirohmannirohim…….

                          Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.

Yang terhormat Dewan juri

Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya FAIZAL PULUHULAWA untuk menyampaikan sebuah pidato pendek  dengan judul     Adab Kepada Orang Tua

Nah pertama-tama saya mau mengajak kepada semua sahabat yang ada disini….

Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada kedua orang tua kita.

Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: peluklah kedua tangan orang tua kita kita seraya ucapkan:

Asalamualaikum ya abi ya umi,

Asalamualaikum ya abi ya umi,

Salam indah kupersembahkan,

Dari Allah Yang Penyayang,

Salam indah ku persembahkan,

Dari Allah Yang Penyayang.

Teman-temaanku yang tersayang, memberi salam dan doa kepada kedua orang tua itu merupakan salah satu contoh adab yang baik terhadap orang tua.

Ada contoh lagi teman-temanku, yaitu kita harus rajin mengaji supaya menjadi anak yang saleh. Ke sekolah tidak malas lagi, tentu akan membuat hati orang tua kita bahagia. Nah, membahagiakan orang tua adalah salah satu cara untuk mendapatkan ridonya.

Teman-temanku, Coba dengarkan, ikutilah dan bertepuk tanganlah;

Aku (prok, prok, prok)

Anak saleh (prok, prok, prok)

Rajin solat (prok, prok, prok)

Rajin ngaji (prok, prok, prok)

Orang tua (prok, prok,prok)

Dihormati (prok, prok, prok)

Cinta islam (prok, prok, prok)

Sampai mati (prok, prok, prok)

Lailahaillah muhammadurosulullah. Yes !!!

Nah, menghormati orang tua begitu banyak caranya. Diantaranya dengan mentaati apa yang mereka perintahkan yang sejalan dengan ajaran agama kita. Apabila orang tua memerintahkan untuk membelikan sesuatu, maka hendaklah kita tidak menolaknya dan pergunakanlah bahasa yang baik.

Adab terhadap orang tua ini dijelaskan oleh Alloh SWT dalam surat Al Isra ayat 23:

()

Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia

Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dicbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Terus, apabila kita hendak pergi sekolah, maka kita harus ingat untuk bersalaman terlebih dahulu. Jangan hanya meminta uang jajan lantas kita pergi begitu saja. Itu contoh kecilnya. Nah, apabila kita bisa menghormati orang tua, maka sudah termasuk anak yang soleh.

Kesimpulan pidato saya ialah adab menghormati orang tua adalah salah satu adab yang baik kepada orang tua.

Demikianlah, yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan pidato saya bermanfaat bagi kita semua.

Ikan Lohan ikan gurami, banyak terdapat di danau Nongsa

Segala kesalahan dari kami, dan kebenaran dari yang Esa

Wasalamualaikum. Wr. Wb

PIDATO 2

, ,

(Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.)

Yang terhormat Dewan juri

Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan pidato berjudul     Berbakti Kepada Orang Tua

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah, sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada ibu-bapak sebagaimana difirmankan Allah dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 36:

Yang artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orangtua

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah,

Ayat tadi memerintahkan kepada kita agar senantiasa menyembah Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dan berbuat baik kepada kedua orangtua kita. Cobalah kita hitung jasa kedua orangtua kita, tentu tidak akan mampu menghitungnya, karena jasa mereka sangat besar tiada terkira.

Saat hamil, ibu selalu dalam kepayahan karena mengandung kita, sementara bapak bekerja siang dan malam untuk kelahiran kita. Begitu pula saat lahir, mereka pun mencurahkan segala perhatian dan kasih sayang kepada kita. Bahkan sampai sekarang kasih sayangnya tiada terkira. Subhanallah, betapa mulia jasa kedua orangtua kita!

Suatu hari, ada seorang sahabat bertanya kepada Nabi SAW, Siapakah yang patut memperoleh penghormatan terbaik dariku, wahai Nabi?

Ibumu, jawab Nabi singkat.

Lalu siapa lagi? sahabat kembali bertanya.

Ibumu, Nabi tetap memberi jawaban yang sama.

Lalu siapa? sahabat itu terus bertanya.

Ibumu, lagi-lagi Nabi memberi jawaban yang sama hingga tiga kali.

Lalu siapa, wahai Nabi?

Ayahmu.

Karena itulah, barangsiapa yang durhaka kepada kedua orangtua, niscaya Allah akan menurunkan siksa dan neraka balasannya. Panasnya, duuuuh. Minta ampun! Pokoknya puanas banget, ratusan kali lipat panasnya dari api di bumi ini. Nah, sebagai generasi shalih dan shalihah, marilah kita berbakti kepada kedua orangtua dan senantiasa berdoa untuk mereka:

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku di kala aku masih kecil.

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah, demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Billahit-taufiq wal hidayah..

PIDATO 3

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bapak-bapak, Ibu-Ibu, serta teman-teman yang saya hormati.

perkenankan saya FAIZAL PULUHULAWA untuk menyampaikan sebuah pidato pendek  tentang sholat,…

Bapak-bapapk, Ibu-Ibu, serta teman semua, tahu nggak kenapa kita harus sholat?

(nggakkk)

Kalau nggak tahu akan ………… kasih tahu,

Sholat itu tiang agama, siapa yang mengerjakan sholat berati menegakkan agama, dan siapa yang meninggalkan sholat berarti meruntuhkan agama

(assholatu imaduddin, faman aqamaha fakad aqamaddin, waman adamaha faqadadamaddiin)

………….. boleh bernyanyi nggak?

(boleh….)

Sebatang kayu rindang daunnya

Lebat buahnya, besar pohonnya

Walaupun hidup seribu tahun

Tidak sembahyang apa gunanya

Walaupun hidup seribu tahun

Tidak sembahyang apa gunanya

Karena itu, Bapak-bapak, Ibu-ibu dan teman-teman sekalian,….

"Sholatlah pada waktunya

"Jangan melalaikannya

"Apalagi meninggalkannya

Demikianlah pidao yang dapat najmi sampaikan, najmi sudahi dengan sebuah pantun

"Kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi

"Kalau umur sama panjang boleh kita berjumpa lagi

PIDATO 4

, ,

(Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.)

Yang terhormat Dewan juri

Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya FAIZAL PULUHULAWA untuk menyampaikan sebuah pidato pendek   dengan judul     Kebersihan sebagian dari iman

Teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,

Menjaga Kebersihan Lingkungan sadalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,

Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf

Wassalamualaikum Wr.Wb.

PIDATO 5

Assalamualaikum wr. wb.

["Alhamdulillahi robbil alamin, wasshalaatu wassalaamu alaa asrafil anbiyaa’ i  wal mursaliin wa’ala aalihi wasohbihi ajma’in, (amma ba’du)".]

Bapak, Ibu, dan teman-teman pendengar yang saya hormati, perkenankan saya FAIZAL PULUHULAWA untuk menyampaikan sebuah pidato pendek  hikmah tentang Pentingnya Belajar Shalat.

Hadirin yang di muliakan Allah,

Nabi muhammad SAW telah bersabda: Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa menegakkan shalat, berarti telah menegakkan agama. Dan barangsiapa meninggalkan shalat berarti telah MERUNTUHKAN agamanya. [tips: beri penekanan pada kata ‘meruntuhkan’]

Belajar shalat sejak dini sangatlah penting, pepatah mengatakan belajar sedari kecil bagai menulis di atas batu, sedangkan belajar sesudah dewasa laksana menulis di atas air.

Teman-teman, Reisha mau tanya,

teman suka sholat, tidaak?

shalat Dzuhur berapa kali?? Ashar berapa kali? Kalau magrib? [kemungkinan audiens akan menjawab 4 atau 3]

iih.. salah, jawabannya adalah:

Shalat dzuhur satu kali. Shalat Ashar dan magrib juga satu kali.

Tapi kalau ditanya, berapa rakaat???? barru jawabannya; Dzuhur 4 Rakaat. Ashar 4 rakaat. Magrib 3 rakaat, Isya 4 rakaat, dan shalat subuh 5 rakaat. Cara menghafalnya gampang:

[tips: nyanyi menggunakan nada cicak-cicak di dinding]

Empat, Empat, dan Tiga

Empat, Dua rokaat

Itulah jumlah shalat

Sehari dan semalam.

Hadirin yang saya hormati,

Kesimpulan dari kultum ini yaitu; shalat adalah tiang agama, karena itu mari belajar shalat sejak kecil agar agama islam tetap tegak di muka bumi dan kita semakin di sayang oleh Allah SWT.

Sekian kultum dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan, karena [sebutkan nama ] masih dalam taraf belajar.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

MAKALAH SEWA BUNGA DAN KEUNTUNGAN

A. DEFINISI SEWA EKONOMI

Sewa ekonomi adalah harga yang dibayar ke atas penggunaan tanah dan faktor-faktor produksi lainnya yang jumlah pembawaannya tidak tidak dapat di tambah.

Sewa ekonomi juga dapat di defenisikan sebagai pembayaran ke atas sesuatu faktor produksi yang melebihi dari pendapatan yang diterima dari pilihan pekerja kan yang terbaik yang mungkin dilakukan.

Daam perekonomian, di samping tenaga kerja terdapat faktor-faktor produksi lain seperti tanah, modal dan keahlian keusahawanan.

a. Tanah dan Sewa Ekonomi

Tanah merupakan faktor produksi yang tidak dapat ditambah dan dikurangi jumlahnya, tapi yang dapat dilakukan adalah memperbaiki mutu tanah.

Menurut Davit Ricardo besarnya sewa tanah tergantung sepenuhnya kepada permintaan ke atas tanah, makin tinggi permintaan makin tinggi pula sewa tanah yang harus dibayar, sedangkan permintaan ke atas tergantung kepada besarnya permintaan barang-barang yang dapat dihasilkan di atas tanah tersebut.

b. Modal dan Suku Bunga

1. Peranan Modal dalam Ekonomi

Setiap perekonomian kegiatan memproduksi memerlukan barang modal. Dalam perekonomian yang sangat perintif barang modal diperlukan dalam perekonomian modern barang modal lebih diperlukan lagi.

Untuk menjamin teknik produksi mengalami kemajuan dan tetap bisa bersaing dengan perusahaan lain investasi atau penanaman modal sangat penting, dan harus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan investasi atau penanaman modal adalah pengeluaran sektor perusahaan untuk membeli/ memperoleh barang-barang modal yang lebih modern atau untuk menggantikan barang-barang modal lama yang sudah usia.

2. Produktivasi Modal

Permintaan dana modal yang akan di gunakan tergantung kepada produktivitas dari dana modal.

3. Penentuan Suku Bunga.

Bunga adalah pembayaran ke atas modal yang dipinjam dari pihak lain, sedangkan suku bunga adalah bunga yang dinyatakan sebagai persentasi modal.

a. Pandangan Klasik.

Menurut ahli ekonomi klasik suku bunga ditentukan oleh permintaan ke atas dan penawaran tabungan.

b. Pandangan Keynes

Menurut pendapat Keynes adalah suku bunga tergantung kepada :

1. Jumlah uang yang beredar (penawaran uang).

2. Prefrensi likuiditas (permintaan uang)

4. Suku Bunga Nominal dan Suku Bunga Riil

Suku bunga nominal adalah suku bunga deposito berjangka satu tahun di suatu Bank 15 persen per tahun. Ia adalah suku bunga yang digunakan sebagai ukuran untuk besarnya bunga yang harus dibayar oleh peminjam dana modal. Sedangkan bunga riil menunjukkan persentasi kenaikan nilai riil dari modal ditambah bunga dalam setahun. Dinyatakan sebagai persentasi dari nilai riil modal sebelum dibungakan.

c. Pendapatan Para Pengusaha : Keuntungan.

Keuntungan adalah pembayaran ke atas Jasa yang diberikan oleh sesuatu faktor produksi.

Keuntungan merupakan pembayaran kepada Keahlian keusahawanan yang disediakan oleh para pengusaha.

Keahlian keusahawanan digunakan para pengusaha dalam pengambilan keputusan seperti :

1. Menentukan barang apa yang perlu diproduksi dan dijual ke pasar dan berapa banyaknya.

2. Menentukan cara memproduksi yang terbaik dan kombinasi faktor-faktor produksi yang paling episien dan memproduksikan barang.

Fungsi pengusaha dalam proses produksi adalah menentukan cara yang paling efisien dalam menyediakan barang yang dibutuhkan masyarakat.

Pada umumnya keuntungan adalah pendapatan yang diperoleh para pengusaha sebagai pembayaran dari melakukan suatu kegiatan seperti :

1. Menghadapi resiko/ketidak pastian di masa yang akan datang.

2. Melakukan inovasi/pembaruan di dalam berbagai kegiatan ekonomi.

3. Menunjukkan kekuasaan monopoli di dalam pasar.