Pidato Sambutan Perwakilaan Aan

Alhamdulillaahi robbil aalamiin, wassolaatuwassalaamu alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin, sayyidina muhammadin, waala alihi waashabihi ajmain, Amma badu.

Yang terhormat :

Ketua dan Pengurus, Badan Pengawas Harian, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Provinsi Jawa Tengah

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Kabupaten Banyumas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, atau yang mewakili

Direktur RSUD Margono Soekarjo atau yang mewakili

Kepala Bidang Diklat

Kepala Bidang Keperawatan

Direktur RSUD Banyumas atau yang mewakili

Kepala Bidang Diklat

Kepala Bidang Keperawatan

Kepala Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap, atau yang mewakili

Segenap Pimpinan Perguruan Tinggi Kesehatan di Lingkungan Purwokerto, atau yang mewakili

Dekan Se-Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Senat Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kepala Program Studi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Segenap Dosen dan Karyawan Civitas Akademika, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Perseptor shift dari RSUD Margono Soekardjo dan RSUD Banyumas

Para orang tua wali

Serta Wisudawan/ Wisudawati, Program Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang berbahagia;

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

sebelumnya perkenankan saya membacakan ayat suci Al Quran yaitu Surat Al-Hajj ayat 77  

yaa ayyuhalladzi na aamanu arkauu wasjuduu wa abudurrabakum waf alul khoiro laallakum tuf likhuun..

yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

Ayat di atas merupakan perintah yang ditujukan kepada kaum beriman bahwa orang-orang yang beriman, ruku dan sujudlah kamu, yakni laksanakan shalat dengan baik dan benar, serta sembahlah Tuhan Pemelihara dan Yang selalu berbuat baik kepada kamu. Berbuatlah kebajikan seperti bersedekah, silaturrahim, serta amal-amal baik dan akhlak yang mulia, lakukanlah semua itu dengan harapan semoga mendapat kemenangan. 

Perkenalkan nama saya Triono Andi Pamungkas. Ijinkan saya berdiri di sini, mewakili teman-teman wisudawan/ wisudawati, untuk menyampaikan sepatah kata, pada hari yang berbahagia ini. namun sebelumnya, saya memohon maaf kepada para wisudawan/ wisudawati, jika pada sambutan ini belum mewakili seluruh ungkapan para rekan-rekan wisudawan, dikarenakan keterbatasan ruang dan waktu.

Mengawali sambutan ini, perkenankan saya mengajak hadirin sekalian, untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga pada hari ini, Rabu, 12 Muharram 1436 H bertepatan dengan 5 November 2014 miladiyah, kita dapat hadir bersama-sama di tempat ini, untuk menghadiri perhelatan penting, yaitu angkat sumpah bagi para wisudawan/ wisudawati, Program Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang telah berhasil menyelesaikan studinya . Shalawat beserta salam selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati, Hari ini adalah sebuah hari yang telah kita nantikan bersama, di mana pada siang hari ini, kita telah menyelesaikan suatu tugas belajar disebuah jenjang pendidikan tinggi. Dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang luar biasa, untuk menghantarkan kita sampai pada hari ini. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, yang masih menjaga kita semua, dengan segenap impian-impian besar kita tentang masa depan. Karena tanpa penjagaan-Nya, niscaya impian kita akan mudah sirna, terombang-ambing oleh rintangan yang ada. Kita patut bersyukur atas ketegaran dan keteguhan yang Allah sematkan pada diri kita, untuk bisa meraih suatu keinginan yang mulia, menjadi insane, yang dapat mencerdaskan bangsa, sekaligus bisa berkontribusi di segala lini kehidupan.

Atas apa yang dapat kita raih pada hari ini, kita patut berterima kasih kepada seluruh pihak, yang telah mendukung dan membantu semua proses ini. Untuk itu perkenankanlah saya mewakili wisudawan/ wisudawati, berdiri di sini untuk menyampaikan terima kasih.

Ucapan terima kasih yang pertama dari kami, adalah kepada bapak-ibu kami, suami-istri kami, beserta seluruh keluarga kami, yang telah banyak berkorban, demi kelangsungan dan kelancaran belajar kami selama menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah ini. Dengan diwisudanya kami, bukan berarti masa belajar kami berhenti sampai di sini, juga bukan merupakan prestasi puncak, karena ada beberapa jenjang pendidikan yang masih harus kami lalui. Terlebih pendidikan dalam bermasyarakat, sebagai implementasi teori-teori yang kami peroleh dari perguruan tinggi. Namun demikian, prestasi ini semoga bisa menjadi "obat penawar", di tengah lelahnya Bapak dan Ibu sekalian, dalam mendidik dan membesarkan kami.

kedua, kami mengucapkan terima kasih, kepada Bapak Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan staf, serta seluruh civitas akademika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yang telah memberikan kesempatan kepada kami, untuk menimba ilmu serta memberikan bimbingan dan berbagai fasilitas yang disediakan dengan penuh kesabaran dan perhatian kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan gelar Ners ini dengan sukses dan lancar, diharapkan dengan bekal gelar tersebut kami dapat meraih masa depan, dan cita cita dengan lebih baik..

Ketiga, kepada Bapak Dekan dan Para Wakil Dekan, khususnya kepada para dosen dan staf, serta seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yang sudah membimbing, mengarahkan selama belajar, menimba ilmu, dan yang selama ini telah banyak membantu kami dalam setiap hal, sehingga menjadikan kami memiliki sebuah keluarga besar, yang teramat kami cintai dan teramat kami bangga atasnya.

Keempat, kepada RSUD Margono Soekardjo, RSUD Banyumas, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas beserta staf dan para pembimbing klinik yang telah memberikan kontribusi, berupa waktu dan tenaganya, serta berbagai fasilitas yang disediakan untuk membimbing kami, menempuh suatu kompetensi, yang dibutuhkan dalam suatu tata aturan pendidikan.

Yang terakhir, kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, terima kasih sudah berpartisipasi, melayani, dan membantu mensukseskan tugas dan kewajiban kami selama belajar. Tanpa kesediaan, kesabaran, dan keikhlasan Bapak dan Ibu sekalian, bisa dipastikan proses belajar kami mengalami hambatan. Tidak ada kata yang paling pas kami ucapkan selain doa, semoga semua yang telah Bapak dan Ibu lakukan, semua yang telah Bapak dan Ibu korbankan untuk kami, mendapatkan balasan dari Allah SWT. Amin amin ya Rabbal’alamin.

Kepada seluruh wisudawan/ wisudawati, Saya mengucapkan, selamat, atas prestasi yang telah diraih pada hari ini. Apapun predikat kelulusan kita, kita yakini, bahwa itulah yang terbaik yang dapat kita capai. Saksikanlah, bahwa pada hari ini, tidak hanya rekan-rekan wisudwan/ wisudawati yang dapat tersenyum, tetapi lihatlah orang-orang yang berada di samping kanan dan kiri kita, yang selama ini berjuang dibelakang kita, untuk membiayai kita, telah dapat tersenyum bahagia. Karena pada hakikatnya, apa yang menjadi kebahagiaan kita, adalah sebuah kebahagiaan yang besar bagi mereka. Kita patut bersyukur, dan bangga telah menyelesaikan salah satu amanah dari mereka. Senyuman mereka adalah sebagian kecil dari pada seluruh senyuman yang kita harapkan. Karena sebagian besar dari bangsa kita pada hari ini, masih banyak yang menangis, masih banyak yang bersedih, atas berbagai masalah yang mereka hadapi. Maka tugas kita setelah ini adalah membuat bangsa ini tersenyum. Tersenyum atas karya dan kontribusi kita kepada mereka, sehingga tercapailah apa yang mereka harapkan dari kita, sebagai putra-putri terbaik bangsa.

Rekan-rekan wisudawan/ wisudawati, Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita, Hari ini bukanlah akhir dari mimpi kita, Hari ini adalah awal dari perjuangan lain yang telah menanti kita. Tantangan yang masih kita hadapi kedepan salah satunya adalah Ujian Kompetensi Perawat, saya menghimbau teman-teman untuk mempersiapkan diri. Banyak bidang yang harus kita garap untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Banyak sekali permasalahan bangsa yang pada hari ini semakin menumpuk, maka kita akan hadir dan menjadi solusi. Apapun profesi yang akan rekan-rekan geluti nantinya, berikanlah sebesar-besarnya kontribusi, untuk pekerjaan rekan-rekan, tapi jangan lupa, untuk memberikan minimal sedikit senyuman kebanggaan, kepada orang-orang di sekitar kita, baik keluarga dan juga masyarakat.

Hari ini adalah tentang masa depan, Dimana yang kita bicarakan adalah bukan kita sebagai penonton masa depan. Tetapi kita adalah pemain masa depan kita. Dengan kerja keras dan tanggungjawab, sesuai keilmuwan dan profesi kita, maka kita tidak hanya akan menghadapi masa depan, tetapi kita menjadi masa depan, untuk hadir menjawab seluruh persoalan kehidupan. Sehingga kami bertekad, setelah ini, saatnya kami membaktikan ilmu yang telah kami peroleh untuk keluarga kami, agama, bangsa dan negara kami. Semoga kami mampu menjadi aktor-aktor pembangunan di negara yang sangat kita cintai ini.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Selanjutnya, kepada Bapak/ Ibu, dan hadirin semua, kami mohon doa restu, agar kami semua diberi kemudahan oleh Allah dalam menjalani hari-hari berikutnya. Mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, serta nantinya mampu kembali membaur dengan masyarakat luas. Mampu berpartisipasi menggunakan ilmu pengetahuan yang sudah kami dapat untuk kemaslahatan masyarakat luas. Dan memperoleh predikat sebagai manusia yang berguna bagi Bangsa, dan Agama. Memang secara formal kami sudah dinyatakan berhak menyandang gelar profesi perawat, namun demikian, bimbingan dan arahan masih sangat kami harapkan dari para dosen, serta Bapak dan Ibu orang tua kami.

Kami Mohon ma’af apa bila dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai mahasiswa, ada kesalahan dan kekurangan. Kenakalan dan kekurang-ajaran kami selama belajar, tentu akan menjadi pelajaran berharga buat hari-hari kami di masa yang akan datang.

Hadirin yang berbahagia,

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras, sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik. Sebelum saya mengakhiri sambutan ini perkenankanlah saya mengutipkan kalimat motivasi :

Learn from the past, live ardently for today, and keep having work for future.

Belajar dari masa lalu, hiduplah dengan penuh semangat saat ini, dan terus berkarya demi masa depan.

Demikianlah sambutan dari kami

Mohon maaf atas kehilafan. jazakumulloh khairon katsiron. wabilla hitoufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh