Pidato B.indonesia : Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh,
        Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama, kita semua bersyukur bahwa bangsa kita telah berhasil melakukan serangkaian Pemilu Legistatif dan Pemilihan Presiden tahun 2004 secara damai dan demokratis. Hal ini menandai semakin mekarnya kehidupan demokrasi. Kita telah melangkah maju melakukan modernisasi politik, dengan membangun budaya politik yang lebih baik. Alhamdullillah, melalui pemilihan langsung, kita dapat mengeliminasi distorsi dan manipulasi suara rakyat, the voice of the people.

Sebagaimana kita ketahui bersama, tanggal 4 Oktober 2004, KPU telah mengumumkan dan memutuskan bahwa saya, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Pak Jusuf Kalla telah meraih suara terbanyak, sekitar 60 % lebih, dalam Pilpres putaran kedua untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden tahun 2004-2009. Selanjutnya, pada tanggal 7 Oktober 2004, Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa hasil KPU tersebut bersifat final dan mengikat. Untuk ini, saya bersyukur kepada Allah SWT diberkahi dengan kepercayaan rakyat untuk memimpin bangsa yang besar ini.

Saya mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh rakyat Indonesia atas kepercayaan yang diberikan. lni adalah kepercayaan yang saya terima dengan penuh tanggung jawab dan kesiapan bekerja keras.

Saya mengucapkan terimakasih kepada para pemilih dan seluruh pendukung. Juga kepada seluruh relawan yang terhimpun dalam berbagai organisasi di seuruh pelosok negeri. Serta kepada partai-partai pendukung, para tokoh agama, para tokoh masyarakat, kelompok-kelompok profesi, asosiasi, perhimpunan, gerakan-gerakan masyarakat, dan insan pers di seluruh tanah air. Bersama rakyat, saudara semua telah berjuang dan membuktikan bahwa suara rakyat telah menemukan ruang yang tepat. Sekali lagi terimakasih.

Terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Presiden Megawati dan Wakil Presiden Hamzah Haz beserta seluruh jajaran pemerintahan, baik untuk pemerintah pusat maupun daerah. Saya berkehormatan mendapat tongkat estafet kepemimpinan bangsa dari Presiden Megawati, dan saya menghargai dapat bekerja dengan beliau dalam membangun demokrasi kita yang masih baru ini.

Terimakasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada KPU dan Panwaslu yang telah berhasil menyelenggarakan seluruh rangkaian pemilu secara baik. Juga penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada Jajaran Kepolisian Negara di seluruh pelosok tanah air yang telah berhasil mewujudkan pemilu yang aman.

Rakyat Indonesia di seluruh petosok negeri yang saya cintai.

Insya Allah, saya akan mengemban amanah rakyat ini. Saya akan bekerja keras melanjutkan tugas pengelolaan kehidupan pemerintahan dan kenegaraan. Oleh karenanya, saya mohon dukungan seluruh rakyat Indonesia.

Pemilu sudah berakhir, dan saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melihat ke depan. Kita perlu memperkukuh persaudaraan dan persatuan. Marilah Kita jemput masa depan secara bersama-sama. Bagi yang memilih Ibu Megawati atau Calon Presiden yang lain, mari kita pandang hal ini sebagai realitas demokrasi. Ada masa untuk bersaing, ada masa untuk bersatu. Saya berjanji untuk menjadi Presiden untuk semua insan Indonesia, untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh insan Indonesia, dan akan berdiri di atas semua golongan.

Mulai hari ini, mari kita tanggalkan simbol-simbol pemilu, simbol-simbol kompetisi. Kita lepas baju-baju, atribut-atribut, semboyansemboyan, yel-yel, dan sentimen-sentimen pemilu lainnya. Kita simpan semua simbol ini dan kita ganti dengan jiwa dan semangat kebersamaan mewujudkan Indonesia yang lebih baik untuk semua dan oleh semua.

Mari kita buka lembaran baru. Kita bulatkan tekad dan semangat kita untuk merebut masa depan. Dan, kita jadikan masa lalu sebagai wahana belajar bersama untuk menyikapi masa kini dan menata masa depan.

Dalam jangka dekat mendatang, saya akan memusatkan perhatian untuk menjalankan tiga agenda. Yang pertama, berkait dengan berbagai kegiatan dalam rangka transisi dan proses alih tugas. Untuk ini, kita perlu menjamin adanya komunikasi dan koordinasi. Jangan sampai ada gap antara Pemerintahan ibu Megawati dan Pemerintahan saya yang lnsya Allah akan dilantik tanggal 20 Oktober nanti. Kita perlu menjamin agar tugas-tugas pengelolaan Pemerintahan, termasuk pelayanan masyarakat, tidak terputus atau terbengkalai.

Agenda kedua adalah penyusunan Kabinet periode 2004 – 2009. Saya akan merancang struktur dan deskripsi tugas Pemerintahan saya. Saya akan menentukan agenda dan prioritas Kabinet. Saya akan menetapkan aturan main dan etika yang harus dihormati seluruh anggota Pemerintah saya. Saya akan memulai proses penunjukkan Calon Menteri, dan akan segera melakukan komunikasi dan seleksi calon-calon Menteri. Saya akan memfinalisasi penyusunan Kabinet dan mengumumkannya pada tanggal 20 Oktober.

Agenda penting ketiga adalah menentukan Program dan Aksi 100 hari pertama Pemerintahan saya. Saya akan segera bekerja secara dini dan intensif dengan tembaga-lembaga tinggi negara. Saya akan melakukan review APBN tahun 2005. Saya akan melakukan review proses penegakan hukum, termasuk di bidang korupsi. Saya akan segera mengambil langkah awal untuk menyelesaikan konflik di daerah. Saya akan segera melakukan langkah pemberantasan korupsi. Saya akan segera melakukan langkah untuk menstimulasi ekonomi. Dan saya akan segera meletakkan fondasi yang efektif untuk memajukan pendidikan nasional.

Saudara sebangsa setanah air,

Kita kini berada di ambang era baru dalam sejarah Indonesia. Tantangan yang kita hadapi sangat berat, namun tekad kita untuk berhasil juga sama kuatnya.

Marilah kita satukan tekad, dan satukan langkah untuk bersamasama membangun Indonesia yang lebih baik.

Oleh karena itu, saya mengajak seluruh rakyat, seluruh pemimpin dari berbagai lapisan, seluruh tokoh masyarakat, dan seluruh elit negeri untuk bersatu dan berjuang bersama. Mari kita rebut masa depan. Mari kita pastikan kehidupan kita dan anak cucu kita lebih baik.

Mari kita bersama memohon perkenan Tuhan, Allah SWT. Memohon perlindunganNya dan memohon diberiNya kekuatan dalam mewujudkan perubahan yang terbaik bagi rakyat.

Terimakasih.

Wabillahi taufiq wal hidayah,
        Wassalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh.

Judul Pidato tentang Kebudayaan Indonesia:
Kreativitas dalam Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Bapak Ibu dan teman-teman sekalian. Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya acara pada hari ini dengan baik. saya juga megucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah di persilahkan Dalam pidato ini saya hendak menyampaikan mengenai pentingnya kreativitas dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui, kebudayaan Indonesia terbentang dari Sabang sampai Marauke. Memiliki puluhan warisan kebudayaan yang kaya akan seni. Banyak bangsa yang kagum dan ingin mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya bangsa mereka.

Oleh karena hal itu maka kita sebagai generasi muda sangatlah baik jika kita menyadari bahwa kebudayaan adalah harta yang tidak tergantikan. Kebudayaan tidak dapat diciptakan dengan mudah , apalagi dengan waktu yang singkat. Memang telah banyak upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, namun upaya tersebut belum maksimum.

Salah satu kebudayaan Indonesia yang melegenda adalah batik. Batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia dan pada masa akhir-akhir ini, batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda. Batik day adalah hari dimana semua pihak di ajak untuk menggunakan batik. Hal ini sangatlah baik bagi generasi muda dan kelangsungan budaya batik itu sendiri. Kreativitas batik akan berkembang dengan sendirinya dengan banyaknya permintaan. Tata busana yang modern dan sesuai dengan usia akan menjadikan batik sebagai sarana kreativitas bagi para perancang muda. Buatlah batik menjadi tombak fashion baik formal, semi formal dan informal. Rancanglah batik dengan fashion yang orisinil namun sangat trendy jika di kenakan oleh setiap jenjang generasi.

Selain batik, masih terdapat juga kain-kain lain yang tidak kalah indah seperti kain songket, kain ulos dan sebagainya. Sudah saatnya kita sebagai generasi muda mengolah hasil budaya tersebut tanpa menghilangkan orisinalitasnya. Jadikanlah batik sebagai salah satu ikon fashion yang keren dan menarik bagi generasi muda.

Selain batik, kebudayaan Indonesia yang paling sering di minati adalah tari daerah. Tarian Indonesia tidak kalah eksotis dan gemulai di bandingkan dengan Negara lain. Banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk melihat tarian asli Indonesia tersebut. Pernahkah anda menyaksikan festival budaya atau penyambutan tamu-tamu penting yang datang ke Indonesia. Seni musik dan tari yang di sugguhkan sangat luar biasa.

Menurut pendapat saya seni tari daerah harus diperkenalkan di kalangan pelajar dan mahasiswa sehingga menjadi ajang kontes yang tidak kalah menarik dengan kompetisi pemandu sorak. Padukanlah tarian daerah dengan tarian modern, seperti salah satu konsep tarian dalam salah satu acara terpopuler di Indonesia. Hilangkanlah konotasi bahwa tarian daerah tidak gaul. Berkreasilah, jadikanlah tarian daerah asli Indonesia sebagai salah satu subjek tarian yang di minati.

Selain kreativitas, faktor promosi juga berperan penting. Promosikanlah Seni Budaya Indonesia ke mancanegara dengan ide-ide yang menarik dan unik. Dengan demikian Seni Budaya Indonesia mendapat pengakuan internasional dan tidak mudah untuk di duplikasi. Janganlah pernah bosan dalam berkreasi, lestarikanlah kebudayaan Indonesia, hidupkanlah jati diri anda sebagai bangssa Indonesia.

Sekian pidato dari saya. Terima kasih atas perhatiannya.

EKONOMI

Oleh : Nurfalah Hidayat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Ilahi Rabbi, atas berkat karunia dan rahmatnya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa sholawat dan salam kita haturkan pada panutan junjungan alam Rasulullah Muhammad SAW.

Bapak kepala sekolah yang saya hormati serta bapak ibu guru yang saya hormati tak lupa kepada teman-teman seperjuangan yang saya cintai.

Hadirin yang saya banggakan.

Ekonomia adalah bidang yang paling berkembang di seluruh dunia, bidang nomor satu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Tanpa ekonomi sebuah negara tidak akan berdiri dan tidak akan berkembang karena ekonomilah yang bisa memenuhi kebutuhan negara  baik itu untuk rakyat semua ataupun pemerintah yang bergerak sebagai tempat dan alat tumbuhnya ekonomi.

Masalah ekonomia merupakan suatu masalah yang terdapat dalam kehidupan manusia yang saling mengikat. Secara umum ada dua pokok masalah ekonomi, yaitu pokok masalah ekonomi klasik dan pokok masalah ekonomi modern.

Masalah pokok  ekonomi klasik adalah masalah yang dilihat dari sudut pandang sederhana. Pada dararnya tujuannya hanya satu yaitu kemakmuran. Cara memecahkan masalah ini yaitu dengan melakukan apapun yang dianggap perlu agar kemakmuran tersebut dapat dicapai. Adapun permasalahan ekonomi klasik digolongkan menjadi tiga macam yaitu masalah produksi, distribusi dan konsumsi.

Masalah produksi adalah permasalahan bagaimana memproduksi semua benda baik barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnya apabila di sebuah negara atau daerah sebagian besar penduduknya  mengkonsumsi makanan pokok berupa nasi, maka produk beras akan diproduksi sebanyak-banyaknya. Contoh lain jika  kendaraan roda dua sudah diajadikan hal yang pokok maka produksi motor akan banyak.

Yang kedua masalah distribusi yaitu bagaimana supaya benda pemuas kebutuhan bisa sampai kepada konsumen yang membutuhkan.yakni sebuah produksi tidak akan bertahan jika produksinya tidak sampai kepada tangan konsumen.

Ke tiga, masalah konsumsi yaitu apakah benar pemuas kenutuhan yang diproduksi memang benda yang dapat dimiliki oleh konsumen. Artinya barang yang diproduksi adalah barang yang tepat, yaitu memang barang yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan, dan mapu dibeli oleh konsumen. Contohnya tidak ada menjual jas hujan di musim panas, itu akan terlihat konyol memang.

Hadirin yang saya banggakan

Itu adalah maslah ekonomi klasik yang terlihat sederhana tapi sangat penting terutama bagi calon-calon usahawan. Walaupun masalah tersebut terlihat sangat simple tapi dalam mempraktekannya kita butuh ilmu dan keahlian.

Selanjutnya, yaitu pokok masalah ekonomi modern. Masalah ekonomi modern merupakan masalah yang muncul pada sekarang ini, dimana banyak terjadi baik itu dalam system ekonomi manapun karena masalah ini bersifat universal dan saling keterkaitan satu sama lain. Masalah ini meliputi dua hal yaitu kelangkaan dan pilihan. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan?

Kelangkaan adalah terbatasnya jumlah benda pemuas kebutuhan dari pada kebutuhan. Kelangkaan terjadi akibat ketidakpuasan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibat dari ini dapat menurunnya jumlah barang yang tersedia. Contohnya seperti batubara atau minyak bumi apabila terus dieksploitasi lama-kelamaan akan habis karena sifatnya yang terbatas. Jika manusia tidak mampu berhemat kebutuhan akan bahan bakar tidak dapat terpenuhi.

Pilihan merupakan merupakan pelengkap dari kelangkaan ini dapat menimbulkan masalah ekonomi yang muncul dalam empat pertanyaan mendasar  tentang what, how, who, dan for whom. Semakin meningkatnya peradaban manusia yang diatandai dengan meningkatnya jumlah penduduk, perekonomian ilmu pengetahuan, dan teknologi, maka semakin luas dan rumit juga persoalan perekonomian yang dihadapi oleh manusia.

Permasalahan yang dihadapi tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan manusia saja tetapi juga tentang bagaimanamengatur dam pelayanu juataan orang yang memiliki kebutuhab dan gaya hidup yang selalu meningkat dan berubah-rubah. Dalam mengatasi rumitnya perekonomian di negara ini pemerintah dalam mengambil keputusan harus direncanakan dengan cermat.

Kita tahu tahun 2010 perdagangan bebas antar negara-negara yang sudah maju sudah dimulai. Sedangkan untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia dimulai tahun 2020. Apakah kita siap menghadapi segala maslah yang akan terjadi nanti? Semuanya bisa kita atasi apabila mulai dari sekarang kita melangkah apa, bagaimana, siapa, untuk siapa, produk yang akan kita jual ke pada orang-orang bule.

Hadirin yang saya hormati.

Sekian ilmu yang dapat saya sampaikan.Semoga ini semua bermanfaat khususnya bagi diri saya sendiri dan umumnya untuk semuanya. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaaf bila ada kata-kata yang salah yang kurang berkenan di hati karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahan datangnya dari saya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.