Pidato : Yth. Ibu Ninik Sutati, S.Pd. Selaku Guru Pengajar

Assalamualaikum wr. wb.

Yth. Ibu Ninik Sutati, S.Pd. selaku Guru Pengajar Bahasa Indonesia. Dan hadirin yang saya kasihi. Puji dan sukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala berkah dan nikmatnya kita masih dapat bertemu di siang hari ini. Kali ini saya akan menyampaikan pidato bertemakan Akar Korupsi di Indonesia

Hadirin yang saya hormati,

Apa itu korupsi? Pasti hadirin semua tau apa itu korupsi. Seperti yang dapat kita lihat korupsi di Indonesia berkembang secara sistematik. Bagi banyak orang korupsi bukan lagi menjadi suatu pelanggaran hukum, melainkan sudah menjadi suatu kebiasaan. Dalam seluruh penelitian nergara terkorup di dunia, Indonesia selalu menempati posisi atas. Perkembangan korupsi di Indonesia yang semakin membabi buta ini juga mendorong pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun hingga kini, pemberantasan korupsi di Indonesia belum menunjukkan titik terangnya. Hal ini juga ditunjukkan dari banyaknya kasus-kasus korupsi di Indonesia. Sebenarnya pihak yang berwenang seperti KPK telah berusaha dengan maksimal. Tapi antara kasus yang harus dikerjakan jauh lebih banyak dibandingkan dengan tenaga dan waktu yang dimiliki KPK. Lantas, apa yang menjadi akar korupsi di Indonesia?

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqqodas yang dilansir di okezone.com, menilai, korupsi di Indonesia sejatinya terkait dengan persoalan keluarga. Sebab kejujuran, integritas, dan moral, merupakan karakter yang dibentuk di dalam sebuah keluarga. Bila kejujuran, integritas, dan moral seseorang hancur bisa dipastikan virus korupsi akan menyebar. Misalnya, Neneng dan Nazaruddin, lalu ayah dan anak Zulkarnaen Jabar dan Dendy Prasetya. Lalu Djoko susilo, kemudian lainnya.

Lalu bagaimana agar situasi korupsi di Indonesia tidak semakin memburuk? Kita mulai dari diri kita sendiri dan keluarga kita. Dengan cara menanamkan sikap kejujuran dan kepribadian yang besar sehingga tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Karena terlalu banyak orang yang pintar tapi hanya segelintir orang yang memiliki kejujuran. Selain itu, ada satu cara sederhana lain yaitu dengan meningkatkan keimanan kita dan keikhlasan kita dalam mengerjakan pekerjaan kita dengan ketulusan. Oleh karena itu, mari sama-sama kita memerangi korupsi dan buat Indonesia lebih maju.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf apabila ada salah kata. Terima kasih dan Wassalamualaikum wr.wb

Andi Nadila Bau Parenrengi

XII IPA 5

Incoming search terms:

  • pidato tentang akar korupsi
loading...

Leave a Reply