Tugas Pidato : Nama Sri Syukriah

Nama :Sri Syukriah

Kelas :9B (IX B)

Pidato Bahasa Indonesia

Tema : Kejahatan di Transportasi Umum

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Kepala SMP Pelita Atsiri,

Yang saya hormati Dewan Guru,

Dan yang saya banggakan teman-teman seperjuang.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang memberi kita nikmat sehat dan nikmat iman sehingga kita masih bisa berkumpul di acara seminar ini.

Pada kesempatan ini saya berpidato yang bertema Kejahatan di Transportasi Umum.

Hadirin sekalian,

Angkutan umum sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. Baik yang tinggal di perkotaan, maupun yang tinggal di pedesaan. Sebagai transportasi darat untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lainnya, adanya angkutan umum seperti angkot, metromini, mikrolet, dan bis kota, sangat membantu masyarakat. Dan angkutan umum juga dinilai sebagai moda transportasi yang murah dan mudah aksebilitasinya.

Namun, sejalan dengan hal tersebut banyak permasalahan yang ditimbulkan oleh angkutan umum dan sepertinya tidak ada penyelesaiannya sampai saat ini. Seperti contohnya tindakan asusila atau pemerkosaan, pencurian, maupun penculikan. Dan yang sering menjadi korbannya adalah kaum wanita. Hal ini menandakan betapa buruknya keamanan pada angkutan umum.

Para hadirin,

Keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang diinginkan oleh masyarakat. Namun, banyaknya permasalahan seperti ini membuat penumpang resah dan khawatir sehingga menganggap moda transportasi tidak aman dan tidak nyaman. Jika penumpang sudah menganggap moda transportasi umum sudah tidak aman lagi, maka mereka akan memilih memakai kendaraan pribadi. Apa yang terjadi bila penumpang menggunakan kendaraan pribadinya untuk pulang-pergi? Ya benar sekali! Jalanan akan menjadi macet dan angkutan umum pun akan menjadi bangkrut.

Saya disini, akan memberikan beberapa cara untuk mencegah terjadinya kejahatan di transportasi umum;

Hindarilah angkutan umum yang menggunakan kaca gelap. Karena jika kaca gelap, tindakan kejahatan menjadi mudah dilakukan oleh penjahat. Karena dari luar tidak terlihat apa yang terjadi di angkutan tersebut.

Pakailah pakaian yang sopan dan tertutup. Karena, jika memakai pakaian yang terbuka ataupun ketat dan tidak sopan dapat menarik perhatian penjahat untuk melakukan tindakan asusila.

Janganlah anda memamerkan barang berharga anda seperti HP, gadge, laptop, perhiasan dan lain-lain. Karena dengan anda memamerkan barang berharga anda dapat menarik perhatian penjahat untuk mencuri barang berharga anda.

Hadirin sekalian,

Kesimpulan dari pidato ini adalah jangan menggunakan jasa angkutan umum sembarangan, memilih dan memilahlah agar kita aman dan selamat sampai tujuan. Dan kita sebagai penumpang hendaknya tidak berlebihan dalam memakai atau membawa barang saat berpergian apalagi memakai jasa angkutan umum, karena bisa membahayakan diri anda.

Demikian pidato ini saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf dan jagalah diri anda jangan sampai anda terlengah dan menjadi korban kejahatan selanjutnya.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Incoming search terms:

  • Pidato tema tindak pemerkosaan dalam angkutan umum
  • pidato tema tindak pemerkosaan di dalam angkutan umum
loading...