Pidato : Guru Beserta Sta !ata “saha Dan Teman#teman Yang

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA ASSAADAH Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru beserta staf Tata Usaha Dan teman-teman yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmatdan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat.

Bapak/ibu guru dan teman-teman semua, kita jelas sudah tahu kan tentang sampah

Sampah terdiri dari sampah organik dan sampah non organik. Sampah organik adalah sampah yang dapat mengalami pembusukan dan dapat diuraikan oleh pengurai, sampah organik misalnya guguran dedaunan, sayur sisa memasak. Sedangkan sampah non organik adalah sampah yang tidak dapat mengalami pembusukan dan tidak dapat diuraikan oleh pengurai. Sampah non organik dapat terurai melalui pembakaran. Sampah non organik misalnya plastik.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai sampah-sampah yang berserakan dimana-mana. Di tempat- tempat umum, disekitar rumah kita, bahkan didalam kelas selalu ada sampah. Terkadang kita tidak peduli dan acuh dengan keadaan itu.

Sering kita setelah selesai memakan makanan yang ada bungkusnya, kita langsung membuang bungkus makanan tersebut dengan sembarangan, kita tidak peduli dengan bungkus makanan tersebut, dari masalah yang sepele itu akan menjadi masalah. Sampah bisa merusak pemandangan, coba kita amati di daerah daerah kumuh, banyak sekali tumpukan-tumpukan sampah dan tak ada yang mengurusnya.

Sampah-sampah yang disengaja dibuang di sembarang tempat akan menimbulkan masalah yang buruk bagi kita semua, seperti contoh, masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai, mayoritas membuang sampah di sungai. Sampah-sampah yang dibuang disungai, akan menimbulkan pendangkalan pada sungai karena sampah-sampah mengendap di dasar sungai dan akan menyumbat saluran-saluran air, kemudian saat musim hujan, air sungai akan meluap dan akan menimbulkan banjir. Bukan itu juga, sampah-sampah yang dibuang disungai akan menimbulkan bau yang tak sedap dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Sampah-sampah sebenarnya tidak hanya menimbulkan hal-hal yang buruk untuk kita, sampah juga memberikan keuntungan untuk kita, jika kita dapat memilahnya dan mengolahnya dengan baik. Sampah organik dapat kita gunakan sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah non organik dapat di daur ulang kembali untuk dijadikan barang baru lagi, Seperti tas, dompet, dll.

Mari mulai saat ini kita tanamkan pada diri kita masing-masing untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Agama islam sendiri juga mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Marilah kita menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita dari sampah, sehingga lingkungan kita menjadi bersih, nyaman, dan indah untuk dipandang. dan semoga kita terhindar dari bencana banjir dan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan dari sampah,

Demikian pidato singkat saya mengenai ,,, apabila ada salah-salah kata, saya mohon maaf.

Assalamalaikum wr. Wb.