Teks Pidato : Yang Terhormat Bapak Ibu Guru,

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Bapak Ibu guru,

Dan teman-teman yang berbahagia,

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa hadir di acara ini. Tak lupa, shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman terang benderang saat ini. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berpidato di hadapan hadirin sekalian.

Teman-temanku yang berbhagia,

Ujian Nasional sudah semakin dekat. Mungkin bisa diperkirakan akhir bulan April ataupun awal bulan Mei. Sekolah kita sudah mempersiapkan hal ini sejak awal semester untuk 100% kelulusan. Tingkat kelulusan tahun ini semakin berat. Setiap siswa mungkin merasa cemas, begitu juga saya. Tapi jangan menjadikan rasa itu sebagai hambatan, yang terpenting persiapkan diri dan mental untuk meraih hasil terbaik.

Teman-temanku sekalian,

Maka dari itu marilah kita lebih giat belajar dan lebih banyak berlatih mengerjakan soal-soal latihan UN atau soal prediksi UN. Jauhkanlah rasa malas, bosan, dan berhentilah membuang-buang waktu yang ada. Percayalah bahwa kita pasti bisa melewati ini dan serahkan semua hasilnya kepada Allah SWT.

Teman-temanku yang berbahagia,

Jadi kesimpulan dari pidato yang saya sampaikan ini persiapkan diri dengan baik, baik secara mental, fisik, pikiran, dan keyakinan. Caranya, jangan jadikan ujian ini sebagai suatu yang menakutkan, tapi berusahalah dengan rileks dan tenang menjalaninya. Dan yang terpenting manfaatkan waktu yang ada dan jangan menyia-nyiakannya.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kata yang salah dan tidak berkenan mohon dimaafkan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.