Pidato : Ssalamualaikum Wr. Wb

ssalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 SKA

Yang terhormat bapak ibu guru serta karyawan SMA Muhammadiyah 2 SKA

, serta para hadirin yang berbahagia

Puji syukur tak lupa kita panjatkan kepada Allah swt yang telah memberikan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini.

Pada kesempatan kali ini, Disini izinkanlah saya menyampaikan satu atau dua patah kata tentang dampak globalisasi pada bahasa Indonesia

Para hadirin yang berbahagia

Di era globalisasi ini, banyak sekali perubahan hal-hal baru  yang begitu cepat, diantaranya ialah masuknya budaya dan ideologi dari bangsa lain yang berdampak terhadap bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. Banyak keuntungan dan juga kerugian dari dampak globalisasi terhadap bahasa Indonesia ini. Dari segi positifnya bahasa kita sudah mulai dikenal oleh dunia internasional, terbukti dengan adanya beberapa Universitas di luar negeri yang mempunyai fakultas Sastra Bahasa Indonesia.

Dan dampak negatifnya sendiri yang kita rasakan saat ini ialah sepertinya orang-orang Indonesia sudah tidak mengidolakan bahasanya sendiri, mereka lebih bangga menggunakan bahasa negara orang lain. Ini adalah dampak yang negatif, suatu hal yang sangat kontras bukan? Di mana di Negara lain bahasa kita serius di pelajari oleh mereka, sedangkan kita sendiri sebagai warga Negara ini sudah acuh tak acuh terhadap bahasa Indonesia. Lalu, apa akibatnya jika ini terus berlangsung? Mungkin Tidak hanya budaya kita yang di ambil, tetapi juga bisa jadi bahasa kita di ambil Negara lain.
Menurut saya, salah satu penyelesaiannya ialah mengajarkan kepada geneasi muda dengan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan etika dan budaya bangsa kita, sehingga para generasi muda kita akan meneladani itu semua. Jika para orang tuanya saja sudah tidak dapat meneladani hal ini? pada siapa lagi kita selaku generasi muda harus belajar penggunaan bahasa yang baik dan benar?tentunya hal ini akan sangat miris.

Jadi marilah selalu kita gunakan bahasa indonesia yang kita miliki ini dengan baik dan benar. Banggakanlah budaya dan bahasa kita agar kita menjadi warga Negara Indonesia yang seutuhnya.

Demikianlah pidato dari saya,jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan.

Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

AKU
Chairil Anwar

Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

Incoming search terms:

  • tulis ceramah yg diawali alhamdulilahirobilalamin asolatuasalam
loading...