Pidato : Yang Terhormat Kepala SMP N 3 Purworejo, Bapak .

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat Kepala SMP N 3 Purworejo, Bapak H. Paryono, M.Pd. Yang saya hormati Bapak/Ibu guru beserta staf karyawan dan teman teman yang saya banggakan.

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang MahaEsa yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini tanpa kurang suatu hal apapun dalam acara peringatan Bulan Bahasa.

Hadirin yang saya hormati,

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak budaya, adat istiadat, dan terutama memiliki bayak bahasa daerah. Tidak semua orang bisa mengetahui maksud/arti dari bahasa daerah satu sama lain. Maka dari itu kita harus memiliki bahasa nasional. Bahasa nasional kita yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sangat diperlukan semua warga negara Indonesia untuk berkomunikasi dengan sesama warga Indonesia meskipun berbeda daerah. Karena itulah Bahasa Indonesia digunakan sebagai alat pemersatu bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Bahasa Indonesia meupakan bahasa yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang isinya Kami Putera dan Puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Akan tetapi banyak generasi muda yang enggan menggunakan/mempelajari bahasa yang baik dan benar. Banyak siswa pula yang tidak lulus dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, padahal mata pelajaran itu merupakan salah satu mat pelajaran yg di ujian nasioalkan.

Hadirin yang saya hormati,

Peran pemerintah dalam hal mengembangkan dan melestarikan bahasa Indonesia serta membina masyarakat agar mampu berbahasa yang baik dan benar tidaklah cukup bila tidak di ikuti kerjasama dari berbagai pihak. Masyarakatlah yang sangat berperan penting dalam pengembangan dan pelestarian bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk hadirin. Bila ada kesalahan dalam pidato yang saya sampaikan, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian hadirin.

Wassalamualaikum wr. Wb.

BARANTI PLANTIKA

IX-F / 06