PIDATO : NAMA ANGELLINA TRISNO PUTRI

NAMA : ANGELLINA TRISNO PUTRI

NO : 04

KELAS : XII IPA 8

JUDUL : KONSISTENSI MENJAGA LINGKUNGAN SEKOLAH

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat kepala sekolah, bapak ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kehadiratNya lah kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama dalam acara ini. Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa berdiri di sini.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Konsisten Menjaga Lingkungan Sekolah.

Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman. Salah satunya adalah dengan cara menjaga kebersihannya.

Sekolah sudah membuat beberapa program untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Misalnya penghijauan lingkungan sekolah, pengadaan hari kebersihan dan pengadaan tempat sampah yang dibedakan menjadi 3 jenis sampah, yaitu sampah kertas, sampah plastik, dan sampah basah. Pada awalnya program-program tersebut berjalan dengan baik. Warga sekolah melaksanakan dengan tertib dan penuh semangat.

Akan tetapi, semakin hari semakin semangat menjaga kebersihan lingkungan itu memudar. Kita semakin tidak konsisten dalam menjada lingkungan disekitar kita. Contohnya dalam hal membuang sampah. Warga sekolah kini tidak lagi membuang sampah berdasarkan penggolongannya, melainkan hanya asal memasukkan sampah ke dalam tempat sampah. Tanaman-tanaman yang diletakkan didepan kelas banyak yang diabaikan hingga kering dan tidak terawat. Dan waktu yang disediakan sekolah untuk bersih-bersih lingkungan tidak digunakan semestinya. Malah digunakan untuk bermalas-malasan di sekolah.

Dengan tindakan-tindakan yang seperti itu dan dengan semangat yang memudar, bagaimana kita dapat memiliki lingkungan yang nyaman dan bersih? Lingkungan di sekitar kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Kita wajib untuk menjaganya. Bukankah nyaman atau tidaknya lingkungan kita, kita sendiri yang merasakan?

Karena itu, saya mengajak kita semua untuk membangkitkan kembali semangat dan ketertiban dalam menjaga lingkungan, membangkitkan jiwa peduli lingkungan, supaya terbentuk konsistensi dalam menjaga lingkungan. Sehingga terbentuk lingkungan yang nyaman dan berlangsung secara terus-menerus.

Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.

WalbilaihiTaufikWalhidayahWassalamualaikum Wr.Wb.