Pidato Anaku : Rasulullah Idolaku

Pidato Anaku: Rasulullah Idolaku

Posted on September 29, 2010 by Maryono

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan Sukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan nikmatNya kepada kita.

Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAWyang telah memberi pencerahan bagi ummat manusia.

Bapak/ibu dan teman-teman yang dicintai Allah,

Tahu gak siapa Muhammad itu? Yang jelas Muhammad yang ini pasti bukan tukang cendol di depan sekolah atau tukang sol sepatu yang ngider di kompleks rumah kamu. Muhammad yang ini adalah Rasul dan Nabi kita, yang udah Allah jadiin sebagai suri teladan buat seluruh manusia, termasuk kamu!!! Muhammad tuh bukan Malaikat. Yang jelas, beliau itu cuma manusia biasa, bedanya beliau itu utusan Allah (Nabi) yang panggilannya Rasulullah.

Teman-teman ,

Kata para sahabat, Rasul itu lebih indah dari bulan purnama dan jalannya itu cepet!! Bahkan ada sahabat yang sampe kecapean ngikutin jalannya Rasul, padahal Rasulullah sendiri masih tenang-tenang aza saat itu, cuman cepetnya beliau itu bukannya cepet yang terburu-buru kayak ada yang ngejar.
Nah, kan ada pepatah yang bilang bahwa tak kenal maka tak sayang. Sekarang kita simak sekelumit sifat-sifat beliau, cuman sekelumit looh! Kalo semuanya bisa-bisa pidatonya seharian lebih  lho. O..k deh, kita mulai aza supaya cepet bisa kita contoh dan terapin.
Sifat Rasul yang pertama adalah :

1. sabar
Oleh karena dakwah di Makkah kurang berkesan, maka Rasulullah mencoba ke berdakwah ke Thaif. Akan tetapi di sana baginda juga tidak diterima bahkan dihalau, dilempar dengan batu hingga terjatuh dan berdarah kaki baginda. Bersembunyilah baginda di balik bukit dalam keadaan sedih dan luka-luka.

Tiba-tiba malaikat penjaga bukit itu menjelma dan bertanya, Hendak diapakan kaum itu, ya Rasulullah? Dengan tenang baginda menjawab, Aku mau dari mereka zuriat-zuriat /keturunan yang akan menerima Islam.

Kemudian sambil mengangkat tangan baginda terus berdoa.Yaa Allah, berilah petunjuk pada kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.

But what had happen back then, Rasulullah tetap istiqamah, sampe Allah menentukan. Maka begitu pula kita kita harus sabar, jangan cepet marah kalo lagi emosi, jangan cepet putus asa kalo ngadepin kesulitan, pokoknya sabar deh asal jangan sabar terus tapi gak pernah berusaha, itu mah dodol!!!

Innalloha maasshobiriin. Sesungguhnya Alloh, selalu bersama orang-orang yang sabar.

Terus sifat beliau yang kedua adalah :

2. Kasih Sayang
Kasih sayang Rasul dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang sangat mulia. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, beliau memiliki sifat lemah lembut kepada para sahabatnya, memaafkan mereka, bahkan memohonkan ampun kepada Allah atas dosa-dosa dan kesalahan mereka .

And the third is
3. Kelembutan
Rasulullah Sollallohualaihi wasallam adalah sosok yang paling lembut kepada manusia. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, surat Ali Imran: 159.

Yang artinya Maka berkat rahmat Allah, Engkau Muhammad berlaku lemah lembut terhadap mereka.

Dalam hadist Riwayat Bukhori beliau bersabda :

Sesungguhnya Alloh Azza wajalla menyukai sifat lemah lembut dalam seluruh perkara.
Nahh, Yang keempat adalah
4. Kedermawanan
Rasulullah adalah seorang dermawan. Bahkan dalam catatan sejarah, beliau tidak pernah nolak ketika dimintain sesuatu. Ada juga ceritanya, gini nih ceritanya

Ahmad meriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah tidak pernah menolak suatu permintaan yang atas dasar Islam. Ia berkata, Ada seorang laki-laki datang kepada beliau lalu meminta untuk memberikan sekumpulan domba yang sangat banyak jumlahnya yang memenuhi dua bukit dari domba-domba shadaqah. Orang itu kembali kepada kaumnya lalu berkata kepada mereka, Wahai kaumku, masuklah Islam! Sesungguhnya Muhammad memberi suatu pemberian dan tidak takut miskin.

Kita bisa melihat bagaimana dermawannya Rasulullah dan beliau tidak takut akan miskin, seandainya jika Rasul mau, beliau dapat minta kepada Allah agar diberikan harta yang banyak, dan pasti akan dikabulkan oleh Allah. Tetapi Rasul lebih menyukai kesederhanaan, dan dapat merasakan penderitaan orang-orang yang tidak mampu.
Dan yang kelima ialah :

5. Kerendahan Hati
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling rendah hati, jika berada bersama suatu kaum dalam majlis selau duduk bersama mereka dan tidak berdiri sebelum majlis selesai. Setiap yang duduk bersama beliau diberi haknya masing-masing sehingga tidak seorang pun yang merasa bahwa orang lain lebih mulia daripada dirinya di hadapan Rasululah shallallahu alaihi wasallam.

Beliau gak pernah sombong, bahkan sama orang yang musuhin dia sekalipun, walaupun ia seorang Nabi.

Nah itulah sedikit sifat-sifat Rasulullah, sekarang mari kita bersama-sama belajar dan berusaha bersifat seperti Baginda Nabi.

Sampai di sini dulu ya ..

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup & matiku semua bagi Allah Tuhan semesta alam Quran Surat Al Anam  162)

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT! Kita insya Allah ketemu lagi di pertemuan selanjutnya

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

"Messenger of my idol"
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
 
Praise and Sukur let Allah SWT, which always bestow pleasure of us.
Sholawat and greetings may remain terlimpahkan to our master Muhammad SAWyang has given enlightenment to mankind.
Father / mother and friends who loved God,
You know who Muhammad was? Clearly Muhammad is certainly not the artisan ones from in front of the school or cobbler who ngider in your home complex. Muhammad is the Apostle and Prophet us, that God already jadiin as a role model for all people, including you !!! Muhammad tuh not Angel. Clearly, he was just an ordinary person, except he was the messenger of Allah (Prophet) are calling ‘the Prophet’.
Friends …,
Said the friend, the apostle was more beautiful than the moon and the way it cepet !! There is even a friend who until kecape’an ngikutin course of Apostles, when the Prophet himself was calm aza then, cuman cepetnya cepet that he was not in a rush like no one chased.
Well, is not there a saying that says that does not know it was love. Now we see a bit of his properties, cuman bit Looh! If all of them might be you know all day speech. O..k deh, we started aza so we can cepet and Terapin example.
The nature of the first Apostles is:
1. The patient
Therefore propaganda in Makkah is less impressive, then the Prophet tried to preach to Ta’if. But there the king also not accepted even driven, stoned to fall and bloody feet of the king. King hide behind a hill in a state of sadness and wounds.
Suddenly the guardian angels of the hill was transformed and asked, "Where do with people that, O Messenger of Allah?" Calmly king replied, "I want from them zuriat-zuriat / offspring who will accept Islam."
Then, raising his hand the king continued to pray. "O Allah, give instructions on my people, because they do not know."
But what had Happen back then, the Prophet remained committed and, until God determines. Then so are we … we have to be patient, do not be angry if another cepet emotions, do not despair if ngadepin cepet trouble, just wait deh … just do not wait continues but not ever tried, it mah lunkhead !!!
Innalloha ma’asshobiriin. Indeed Allah, always with those who are patient.
Keep on his second properties are:
2. Affection
Affection Apostle can be seen from its properties are very precious. As mentioned in the Qur’an, he has a gentle nature to his friends, forgive them, even ask God’s forgiveness for the sins and their lawless deeds.
And the third is …
3. Tenderness
Messenger Sollallohu’alaihi wasallam is the most gentle figure to humans. As mentioned in the Koran, the letter Ali Imran: 159.
  So that means the grace of God, thou Muhammad apply gentle towards them.
In the history Bukhari hadith he said:
"Verily Allah ‘Azza wajalla like gentle nature in all cases".
Nahh …, The fourth is …
4. Generosity
Messenger is a benefactor. Even in the historical record, he never refused when dimintain something. There is also the story, the story gini nih …
Ahmad narrated from Anas that the Prophet never refuse a request on the basis of Islam. He said, "There’s a man came to him and asked to provide a set of very many sheep that meet the two hills of sheep Sadaqah. The man returned to his people and said to them, "O my people, enter Islam! Indeed, Muhammad gave a gift and do not fear poverty. "
We can see how the generosity of the Prophet and he was not afraid to be poor, if if Apostle wanted to, he could ask God to be given a lot of treasure, and certainly will be granted by God. But the Apostle prefers simplicity, and can feel the suffering of those who are not able to.
And the fifth is:
5. Humility
Prophet sallallaahu ‘alaihi wasallam is the most humble person, if it is with a people in obtaining council sat down with them and stood before the council completed. Each sitting with his given right of each so that no one feels that the other person is more noble than himself before Rasululah alaihi wasallam.
He ‘not ever arrogant, even the same people who musuhin him though, even though he was a prophet.
Well that’s a bit of the properties of the Prophet, now let’s get together to learn and strive to be like King of the Prophet.
That’s it ya ..
 
"Indeed my prayer, devotions, life and death is all for Allah, the Lord of hosts" Quran Surah Al An’am 162)
Ladies and glorified Allah! Inshallah we meet again at the next meeting …
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu