Contoh Pidato : YUNIAR LUTHFIA LISTYADEVI

YUNIAR LUTHFIA LISTYADEVI

21030112130091

TEKNIK KIMIA / KELAS 2 / 2013

Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kepada Allah SWT, atas nikmat yang telah diberikan kepada kita sekalian, yang dengan rahmat-Nya pula kita bersama-sama dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan sesuatu apapun. Saya ucapkan terimakasih untuk hadirin sekalian telah meluangkan waktunya untuk mendengarkan saya berpidato. Pidato kali ini saya akan mengangkat tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baru saja kita merayakan hari lingkungan hidup sedunia, pada tanggal 5 Juni. Apa yang telah kita lakukan untuk menjaga lingkungan kita? Pada negara maju maupun berkembang seperti negara kita, Indonesia, memiliki kebiasaan untuk membuang-buang makanan. Sebagai contoh, yang pertama adalah 8% dari hasil tangkapan ikan laut dibuang kembali ke laut karena mati dan kondisinya rusak, yang kedua, 20% dari produksi minyak sayur dan kacang-kacangan terbuang sia-sia setiap tahunnya, yang ketiga 45% dari umbi-umbian dan akar tanaman terbuang sebelum diolah dan masih banyak contoh lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Jadi, dapat disimpulkan hampir dari 1/3 makanan yang diproduksi di bumi setiap tahunnya terbuang sia-sia. Hal ini akan mempengaruhi terjadinya pemanasan global. Kenapa? Karena makanan yang terbuang ini akan menciptakan gas karbon dan metana, gas yang 4x lipat lebih berbahaya dibandingkan dengan gas karbon.

Sudah kita ketahui global warming adalah awal kehancuran dunia. Tidak hanya tumpukan sisa makanan yang menjadi penyebab dari global warming, namun pemakaian AC di dalam ruangan juga. Jika menggunakan AC, didalam ruangan kita pasti akan merasa lebih segar dan nyaman, namun suhu diluar ruangan akan menjadi lebih panas, karena fungsi ac adalah memindahkan panas yang ada didalam ke luar. Hal ini sangat fatal, semakin tingginya suhu diluar ruangan, maka lapisan ozon bumi akan menipis akibat dari CFC yang keluar dari pemakaian AC. Jika lapisan ozon sudah menipis, maka sinar UV dari matahari akan masuk kedalam bumi dan perlahan akan masuk pada tubuh kita, dimana sinar UV tidak baik untuk kesehatan kita.

Maka dari itu, saya menghimbau kepada hadirin semua yang disini, untuk tidak membuang makanan yang masih ada, masih banyak manusia yang kekurangan makanan dan membutuhkan bantuan kita. Serta dalam penggunaan AC jangan lah terlalu sering, lebih baik menggunakan kipas angin, kipas angin tidak kalah oleh AC serta tidak menghasilkan CFC.

Sekian pidato dari saya, bila ada salah-salah kata ataupun yang menyinggung hati hadirin sekalian saya mohon maaf. Terimakasih.

Wassalamualaikum wr. wb.