Pidato Teknologi : Yang Terhormat Ibu Endang Selaku Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat ibu Endang selaku guru bahasa Indonesia

Serta teman-teman yang aku sayangi,

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan Dampak Positif dan Negatif Teknologi bagi Remaja khususnya Siswa

Hadirin yang berbahagiaa,

Pada zaman yang kian mengglobal ini, kita seakan dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Kita semakin mendapat kemudahan dalam menjalani hari-hari kita. Namun, kemudahan itulah yang kadang membawa dampak buruk bagi kita. Kita menjadi terpengaruh pada perkembangan teknologi, dari mulai smatrphone (handphone), laptop (komputer), dan internet yang sangat menjamur di kehidupan masyarakat sekitar kita.

Internet sendiri misalnya, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun. Jika kita mau berpikir luas dan terbuka, sebenarnya ada berjuta manfaat yang bisa kita peroleh dari internet. Contohya saja kita bisa mendapat banyak informasi, komunikasi, dan bahkan telah banyak orang yang kaya melalui internet. Namun sayangnya, masih banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi ini. Contohnya saja semakin banyaknya pornografi, penipuan, pembajakan, pada saat pilpres kemarin banyak black campaign melalui internet.

Hadirin yang berbahagia,

Internet juga menjadi gerbang utama masuknya budaya-budaya asing yang kurang sesuai dengan budaya negeri kita. Bisa kita lihat dari generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat sana. Padahal budaya barat itu sangat bertolak belakang dengan budaya kita, budaya Indonesia sebagi budaya Negeri Timur yang sangat menjunjung tinggi adab kesopanan. Kita bisa lihat pemuda-pemudi kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian minim bahan yang sebenarnya kurang sopan menurut budaya kita.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat pada era globalisasi sekarang ini. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk, namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita.

Hadirin yang berbahagia,

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang salah atau kurang berkenan dihati.

Wabillahitaufiq walhidayah

Wasalamualaikum Wr. Wb.