PIDATO : Nama Wahyuni

Nama : Wahyuni

Nim : 0911010076

Mata Kuliah: Retorika

Assalam Mualakum Wr. Wb

Alhamdullillahi rabbil alamin ala wassalasui wassalamualaarrafil ambiai walmursalin waala alihi wasah bihiajmain.

Ammabakdu .

Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kehadiran Allah SWT, yang mana oleh Allah telah menciptakan 7 petala langit dan 7 petala bumi beserta isi keduanya. Selawat diiringin salam mari kita sanjung sajikan kepangkuan Nabi Besar Muhammad SAW, beserta AL dan Sahabat beliau sekalian, yang mana oleh beliau telah memperjuangkan Agama Islam dari alam jahiliah ke alam yang penuh ilmu pengetahuan yang seperti kita rasakan saat ini.

Para hadirin sekalian

Izinkanlah saya untuk sedikit mengulas tentang Semangat Persatuan Dan Kesatuan. Persatuan. persatuan bangsa disebuah Negeri kepulauan tentu memiliki segudang masalah rumit. Hanya tekad yang kuat dari rasa persaudaraan yang tinggilah yang membuat bangsa ini masih tetap kokoh berdiri mengibarkan satu bendera merah putih dan satu bahasa, yaiu bahasa Indonesia. Banyak pengorbanan besar yang telah dicurahkan oleh para pendahulu kita untuk mempersatukan nusantara kegigihan mereka telah mengabdi disini kita berkarya, mengembang amanah persatuan dan para perjuang bangsa, Begitu besarnya pengorbanan para pejuang bangsa ini sehingga alangkah hinanya jika ada segelintir orang yang berusaha merusak keharmonisan satu suku dengan suku yang lain. Padahal begitu susah payahnya para pejuang berusaha mempersatukan seluruh elemen bangsa yang ada di Negeri ini.

Hadirin yang saya hormati

Sebagaibangsa yang besar kita harus sadar bahwa butuh kerja keras untuk terus mempertahankan kesatuan dan kesatuan bangsa kita juga sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh bukan hadiah tapi telah ditukar oleh darah para pahlawan.Kita juga harus berupaya secara terus menerus untuk berkreativitas. Kita tidak boleh duduk termanggu dan menunggu untuk meminta pertolongan dan siapapun sebagai bangsa yang kuat kita harus maksimal mengganti potensi yang kita miliki untuk kepentingan bersama.

Teman-teman harapan bangsa.

Para aktivis nasionallis sejak awal abad ke-20 telah bekerja keras melakukan segala daya upaya dengan segenap energi intektual merakauntuk menciptakan apa yang telah BRNST REWAN sebutkan solidaritas agung (grand solidarity) , yaitu suatu ikhtiar untuk menyatukan penduduk dengan latar belakang yang tersedia atas rentangan ribuan kilometer dari sabang sampai marauke.

Solidaritas yang agung tidak akan pernah terungung dari hati yang kerdil dari dada penduduk sebuah negeri yang sempat.Solidaritas tersebut muncul dari jiwa yang tulus ikhlas dari hati yang bersih dan dari dada yang lapang. Kita satu sama lain saling membutuhkan kita satu sama lain saling menyayang dan berpikir kedepan apa yang dapat kita wariskan untuk negeri ini.

Persatuan adalah cita-cita seluruh bangsa Indonesia untuk sama-sama mencapai cita-cita menjadisebuah negara yang dapat mensejahtrakan rakyat, dan yang menjadi teladan bangsa lain didunia kehidupan yang damaidan tentram mengikuti hatinya dalam kondisi kita bersatu pada bukan pada saat kita bercerai-berai.

Dari uraian tai dapat kita simpulkan bahwa :

Persatuandan kesatuan adalah cita-cita seluruh bangsa Indonesia

Persatuan dan kesatuan didasari oleh darah,keyakinan dan kebangsaan

Dengan semangat persatuan dan kesatuan kita dapat mengikuti pada persaudaraan secara terus menerus.

Demikianlah uraian singkat saya mengenai semangat persatuan dan kesatuan lebih dan kurang saya mohon maaf, saya akhir wabillahitaufik wal hidayah.

Wassalamualaikum, Wr.Wb.

Menyesal

Karya : Ali Hasymi

PAGI KU HILANG SUDAH MELAYANG

HARI MUDAKU SUDAH PERGI

KINI PETANG DATANG MEMBAYANG

BATANG USIAKU SUDAH TINGGI

AKU LALAI DI HARI PAGI

BETA LENGAH DIMASA MUDA

KINI HIDUP PEMARACUN HATI

MISKIN ILMU MISKIN HARTA

AH,,, APA GUNA KU SESALKAN

MENYESAL JUA TIADA GUNA

HANYA MENAMBAH LUKA SUKMA

KEPADA YANG MUDA KU HARAPKAN

ATUR BARISAN DI HARI PAGI

MENUJU ARAH PADANG BAKTI

Incoming search terms:

  • contoh pidato tentang tai persaudaraan
loading...

Leave a Reply