Pidato : Yth. Bapak/Ibu Guru

Yth. Bapak/Ibu guru

dan teman teman yang saya banggakan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada hari yang cerah ini pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya lah kita dapat bekumpul di sekolah yang kita cintai, SMA Negeri 6 Kota Jambi. Tak lupa saya ucapkan terimakasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya dengan topik pentingnya pendidikan.

Bapak/Ibu guru dan teman teman yang tercinta

Apa itu pendidikan ? Menurut ensiklopedia terkenal pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pelatihan atau pembelajaran. Selain itu, telah di simpulkan beberapa pendapat ahli tentang pendidikan, pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.

Bapak/Ibu guru dan teman teman tercinta

Terdapat dua jenis pendidikan yaitu, yang pertama adalah pendidikan formal/sekolah seperti SD, SMP, SMA, PT, dll. , yang kedua adalah pendidikan nonformal seperti kursus, bimbel, ataupun tempat-tempat pelatihan lainnya. Kali ini yang akan saya bahas adalah pendidikan formal/sekolah. Untuk masalah pendidikan formal pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan yaitu wajib sekolah 12 tahun. Juga terdapat beasiswa-beasiswa yang di berikan oleh pemerintah untuk anak yang berprestasi. Semua hal itu menunjukkan bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kehidupan pribadi maupun bermasyarakat.

Bapak/Ibu guru dan teman teman tercinta

Hal itu juga dimaksudkan oleh pemerintah Indonesia untuk mendongkrak kualitas SDM bangsa kita. Jika kita melihat data tentang pekerja di Indonesia menurut tingkat pendidikannya, kita akan merasa prihatin terhadap SDM kita. Bagaimana tidak, dari data yang saya ambil tertera angka 76.540.000 pekerja di Indonesia adalah pekerja yang tingkat pendidikannya hanya tingkat SLTP/SMP kebawah atau 75% dari seluruh pekerja di Indonesia. Data tersebut adalah data pada tahun 2012

Dengan hasil data yang seperti itu maka tampak jelas lah apa yang membuat Indonesia terlambat mengalami pertumbuhan/kenaikan tingkat kesejahteraan hidup masyarakatnya. Dari simpulan data tersebut, juga dapat menunjukkan bahwa tingkat pendidikan itu berjalan selaras dengan taraf kesejahteraan seseorang. Adapun contohnya yang dapat kita lihat di sekitar kita seperti orang yang bekerja sebagai kuli adalah orang orang yang berkependidikan rendah yang rata-rata tidak lulus SMP, juga sebaliknya dapat kita lihat orang yang bekerja dikantoran dan berangkat dengan kendaraan pribadi/bias dibilang kehidupan yang mapan adalah orang yang berpendidikan lebih tinggi, sekurang kurangnya tamatan SMA/sederajat.

Bapak/Ibu guru dan teman teman tercinta

Maka daripada itu marilah kita mendukung program pemerintah untuk memajukan negeri ini dengan bersekolah / mengenyam pendidikan setinggi tingginya. Tetapi didalam bersekolah kita jangan terlalu terfokus untuk mengejar nilai semata, melainkan ilmu para pendidiklah yang seharusnya kita gali, dengan begitu nilaipun senantiasa akan mengikutinya. Tiada kata terlambat untuk merubah/melakukan itu semua.

Jadi, kesimpulan dari pidato saya adalah pendidikan itu sangat penting yaitu untuk meningkatkan kualitas/daya saing dan kematangan dalam berpikir setiap pribadi untuk memajukan negeri yang kita cintai ini, Indonesia.

Sekian pidato dari saya, lebih dan kurang mohon dimaafkan, dan terimakasih atas perhatian semuanya wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum Wr. Wb.

loading...