Pidato.docx : Yang Terhormat Kepala Sekolah Versi 2

Assalamualaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha dan Tamu undangan yang telah hadir

Serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Shalawat dan salam kita sanjungkan ke haribaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi mulia, nabi Muhammad Saw. Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui jerih payah, pengorbanan, dan perjuangan beliaulah, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan. Demikian halnya, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum diIndonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesiadan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itutentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahanperilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitasdan tindak kekerasan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikutikegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudahterpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanyalebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat daripenyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalamperencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-cirisiswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar,melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-programdisekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu sajamengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibaratsepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksisekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosisyang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata,saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur ke hadirat Allah S.W.T yang selalu memberikan rahmat-Nya pada hari ini sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah.

Shalawat serta salam saya berikan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan umatnya, Dimana beliau adalah suri tauladan bagi kita.

Dan yang terhormat bapak/ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung yang selalu memberikan Motivasi kepada kita Beserta Guru dan Staf T.U

Dan yang saya cintai teman-teman di 12 kelas pada tahun 2012, khususnya teman-teman 12 IPA 3 I love U forever banget.

Dan tidak lupa terima kasih kepada panitia yang telah membuat acara ini meriah dan pula yang memungkinkan saya untuk berdiri di sini dalam pidato yang disampaikan di depan audiens sekarang.

Saya hanya ingin berucap kepada teman-teman semua yakniselamat untuk kita semua! Kami berhasil lulus akhir .. Ya Allah, Alhamdulillah .. Hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini telah berakhir .. Kita lulus! Kami tidak anak SMA lagi! Kami akan meninggalkan sekolah ini .. dan terpisah ..

Perpisahan .. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan kita pasti bertemu baru dan sudah akrab di sekolah di sini. Atau mungkin sudah ada sejak SMP, sejak SD, atau bahkan sejak lima. Pertemanan kebahagiaan akan ada ketika kita rumit ini selama tiga tahun dapat bertahan selamanya. Seakan-akan tidak tergoyahkan oleh apapun. Tetapi kita tidak dapat menyangkal bahwa sengan berjalan selama hidup kita, bersama dengan kedatangan sesuatu yang baru seperti kuliah, ngekos, kerja, perkawinan, dan juga sejalan dengan kedatangan orang-orang yang baru, teman baru, pacar baru, baru guy , pemisahan biasa terjadi. Diantara kita mungkin merasa bahwa perpisahan pengecut karena dia sedang menunggu untuk melihat hal-hal baru yang lebih menyenangkan daripada hal-hal berikut adalah sangat membosankan. Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena ia memiliki banyak hal yang menyenangkan di sini dan berapa banyak kenangan telah dibuat ..

Kenangan .. Teman-teman yang saya kasih, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tidak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena uang sekolah yang tinggi tanpa kita memiliki segala sesuatu yang berharga. Kemudian membuat banyak kenangan! Melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Katakanlah apa yang ingin Anda katakan. Katakanlah kepada guru dalam mengajar terlalu kaku menjadi lebih santai. Katakanlah kepada bising cewe-cewe yang sok ngerasa cantik dan populer tuh jika otak lebih penting dari tampilan! Katakanlah kepada cowo d cupu sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang anda cintai bahwa Anda mencintainya! It’s SEKARANG atau NEVER, teman! Come On! Seperti waktu berjalan oleh, memori tetap. Seiring waktu, satu-satunya yang tersisa kenanganlah ..

Terakhir .. Selama sekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterimakasih kepada semua guru yang mengajar di sekolah ini, yang sangat baik, tidak pernah tidak adil dalam mengajar, sabar, sangat lelah dan tidak tahu ke dalam panduan kami. Terima kasih atas jerih payah semua guru, kami dapat lulus dari SMP.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas untuk mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu diberikan. 

Ada sebuah kutipan dari film Cinta Pertama dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Joshua Benjamin bahwa pertemuan tidak ada yang kekal. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupa hal-hal yang berharga kami telah berpengalaman selama tiga tahun sekolah di sini. Menyimpan kenangan di hati kita semuaaa ..

Selamat dipisahkan! Selamat adalah karena menjadi non-anak-sekolah lagi. Jauhkan diri Anda jauh dari orang tua kuliah.

Itulah bebapa kata dalam Pidato yang saya sampaikan. Semoga apa yang anda cita-citakan dibangku perkuliahan terwujud….amien..

Akhir kata Kami minta maaf jika ada satu kata yang salah atau tidak berkenan .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saudara-saudara sekalian !Yang saya hormati.Yang saya hormati Bapak/ibu Warga desa/kota/kab… pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional, yang bertempat dilapangan … pada tanggal 2 Mei 20… Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat dan bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan pendidikan dan pengajaran pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.

Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Dalam pembaruan pendidikan perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan televisi. Pada tahun 20.. pemerintah telah menetapkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah, guru, buku dan lain-lain. Alternatif yang didentifikasikan adalah :

1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru

2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta

3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain

4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal dengan filsafat tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah tri-nga(tiga nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). Nga pertama adalah ngerti (memahami /aspek intelektual). Nga kedua adalah ngrasa adalah (merasakan aspek afeksi), dan nga ketiga adalah nglakonin (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global.

Saudara-saudara sekalian !Yang saya hormati, terimakasih atas semua perhatiannya…

Wss.. Wr. Wb.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya cintai,

Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun sebelumnya marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmatNya sehingga kita dikaruniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudaraku,

Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti.

Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah sedemikian kritis yang sangat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat.

Saudara-saudaraku,

Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya.

Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

Terima kasih atas perhatian Saudara-Saudaraku. Sekian.

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat bapak/ibu kepala sekolah

Yang saya hormati ibu & bapak guru

Serta rekan-rekan yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah YME, yang telah

memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal

afiat. Tentunya saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih, karena telah diberikan kesempatan

untuk menyampaikan pidato singkat saya yang berjudul Remaja & Orang Tua

Remaja merupakan masa transisi.mereka kerap sekali labil dalam berbagai hal.remaja merupaka

masa yang rawan akan jahatnya dunia. Namun berbeda dengan remaja yang memang berpegang teguh

akan prinsip agama.

Menjadi remaja yang baik sangat lah mudah, sebab dimana ada keyakinan pasti ada jalan.Remaja tidak

harus pacaran,sebab dalam ajaran agama islam remaja sangat tidak di anjurkan.apalagi pacaran secara

tidak sehat. Pacaran boleh-boleh saja asal tidak kelewat batas.tetapi jika alasan remaja berpacaran

karena ingin ada yang mensupport,tentu itu salah.S ebab orang yg selalu mensupport remaja adalah

kedua orang tuanya. Aapabila remaja pacaran karena agar ada yang perhatian,tentu orang tua lebih

perhatian. Orang tua yang pasti menjamin kita sebagai anak kasih sayang orang tua juga tak terhingga.

mungkin sementara ini saya hanya bisa menyampaikan sedikit.

Demikianlah pidato dari saya, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf

yang sebesar-besarnya

Wassalammualaiku Wr.Wb

salam keluarga muslim

Assalamu Alaikum Wr.Wb….

Bapak/Ibu Kepala Sekolah Yang Saya Hormati

Bapak & Ibu guru yang saya hormati pula

Yang saya sayangi teman-teman semuanya.

Puja dan puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah Swt, yang telah memberikan kesempatan kepada

kita semua, sehingga dapat berkumpul dalam rangka..

Pada kesempatan ini saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul"PACARAN DIKALANGAN

REMAJA". Mungkin teman-teman sekalian tidak ada yang tidak mengetahui sebenarnya pacaran itu

apa sih..?? memang perkataan pacaran selalu melekat dengan kehidupan kaum remaja, seolah-olah

kehidupan remaja serasa kurang lengkap tanpa berpacaran.Bahkan mereka beranggapan bahwa"Dunia

ini serasa milik kita berdua" kata mereka yang sedang dalam alunan pacaran.

Disamping banyak yang sukses dalam pacaran banyak pula yang mengalami hambatan dan masalah

dalam pacaran ini, misalnya ada yang sekolahnya terganggu, berselisih dengan sahabat, bahkan orang

tuanya, semua ini karena remaja banyak menunjukkan prilaku menyimpang dalam pacaran yang baik

dan sehat.

Adapun beberapa penyimpangan perilaku pacaran yang sering terjadi sbb.:

1. pacaran tanpa mampu mengendalikan diri, seperti mengatur keseimbangan antara belajar dan

pacaran

sehingga lebih banyak waktu yang digunakan untuk pacaran ketimbang belajar.

2. Adanya konsepsi yang keliru atau mitos yang salah tentan cinta misalnya: anggapan bahwa cinta itu

adalah abadi, bahwa cinta itu hanya sekejap, bahwa cinta itu pasif dan datang dengan sendirinya dsb..

saran saya dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan pacaran sbb:

1. tetap berpegangan terhadap ajaran agama

2. mengenal perkembangan diri sendiri sehingga dapat menyesuaikan perilaku pacaran sesuai tahap-

tahap

perkembangannya

3. terciptanya keterbukaan dan komunikasi yang baik dengan orang lain terutama keluarga

4. memilih pasangan pacaran secara tepat dengan mempertimbangkan aspek dan konsekuensinya

Sebagai kesimpulan saya yakni, pacaran itu ditimbulkan oleh rasa cinta, rasa cinta itu dapat diibaratkan

setrum aliran listrikyang bersifat positiv dan negativ. Apabilah setrum positiv bertemu dengan negativ

maka akan timbul energi yang besar. Apabilah bertemu dengan lampu maka akan menyalah dan

menerangi sekitarnya.

Nah apabilah rasa cinta bertemu dengan tepat maka akan menimbulkan kehidupan yang bahagia,

dan sebaliknya apabilah bertemu tanpa wadah atau aturan norma yang tidak tepat maka akan

mennimbulkan malapetaka kehidupan.

Demikianlah pidato yang sempat saya sampaikan , saya akhiri dengan ucapan

Wassalamu Alaikum Wr.Wb…………

Pidato : Ahyani Radhiani

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Sehingga kita masih bisa berkumpul seperti saat ini. Sholawat

serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW.

Yang terhormat, bapak/ibu guru

Dan teman-teman yang saya banggakan

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang kegemaran atau lebih dikenal

dengan hobi.

Kegemaran atau hobi adalah kegiatan yang dilakukan dengan antusias karena adanya rasa suka yang

lebih dibandingkan dengan kegiatan lainnya. Contohnya, gemar membaca buku, gemar melukis, gemar

bermain game, gemar menulis dan lain sebagainya. Setiap orang tentu memiliki kegemaran atau

hobi yang berbeda-beda. Jika kita memiliki kegemaran yang positif dan dapat bermanfaat, kita bisa

menyalurkan kegemaran kita dengan berbagai cara. Misalnya, kita memiliki hobi didunia fotografi,

maka kita dapat mengasah potensi kita dilingkungan sekitar. Contoh kecilnya yaitu disekolah, ketika

ada kegiatan atau event tertentu, kita bisa berpartisipasi menjadi panitia dokumentasi yang mana

bertugas untuk mendokumentasikan acara tersebut. Dengan demikian, kita telah melatih sekaligus

menyalurkan kegemaran kita pada kegiatan positif yang ada disekolah. Cara menyalurkan kegemaran

yang lain yaitu, kita dapat mengikuti lomba-lomba yang berkaitan dengan kegemaran atau hobi kita.

Misalnya, kita senang menulis, maka kita bisa mengikuti lomba menulis. Mulai dari lomba antar sekolah,

hingga lomba tingkat nasional pun dapat kita ikuti jika kita berniat. Selain mengikuti lomba, kita juga

bisa menyalurkannya melalui dunia maya. Apalagi di era digital seperti saat ini, kita bisa menulis di blog

milik kita sendiri. Dengan demikian, kita juga sudah melatih dan menyalurkan kegemaran atau hobi

kita menjadi lebih bermanfaat, baik untuk kita sendiri maupun orang lain yang mengunjungi blog kita.

Sehingga, kegemaran yang kita miliki tidak hanya kita rasakan sendiri melainkan orang lain pun dapat

ikut merasakan.

Begitu banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyalurkan kegemaran kita melalui hal-

hal yang positif. Apalagi kita sebagai seorang pelajar, tentu banyak ide-ide kreatif yang dapat kita

gunakan untuk menyalurkan kegemaran yang kita miliki. Tak ada salahnya pula jika kita terus belajar

dan mengoptimalkan potensi yang ada didalam diri kita melalui kegemaran atau hobi yang kita

miliki. Terutama kita sebagai generasi muda, tentu akan lebih banyak memiliki kesempatan dalam

mengoptimalkan potensi diri serta kegemaran yang dimiliki.

Demikian pidato yang saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf

apabila ada kesalahan. Terimakasih atas kesempatan dan perhatiannya.

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Karya : Leni Mulyani

Teks Pidato Ujian Praktik Bahasa Indonesia

Tema         : Pendidikan

Bahasa Gaul Merusak Bahasa Indonesia

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat, dewan juri Lomba Pidato Bahasa Indonesia se-Kabupaten Blora,

yang saya hormati, Bapak/Ibu guru pendamping,

tak lupa teman-teman peserta lomba yang saya sayangi.

Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat, hidayah dan inayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ini dalam keadaan sehat walafiat untuk mengikuti Lomba Pidato Bahasa Indonesia se-Kabupaten Blora Tahun 2012.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya menyampaikan sebuah pidato tentang pendidikan. Saya akan menguraikan tentang penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan remaja yang dewasa ini sangat ironis dan memprihatinkan.

Dahulu Bahasa Indonesia digunakan dengan baik dan benar sesuai kaidah berbahasa yang tepat. Namun kini, seiring dengan perkembangan teknologi dan pengaruh budaya luar, Bahasa Indonesia rusak justru di tangan para pemudanya sendiri. Penggunaan Bahasa Indonesia oleh remaja masa kini, terutama di kota-kota besar, sangat tidak sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik dan benar. Remaja mencampur-adukkan Bahasa Indonesia dengan bahasa-bahasa daerah dan asing kemudian menyebutnya sebagai bahasa gaul. Kosa kata baru banyak muncul untuk mengganti kata-kata dalam Bahasa Indonesia. Misalnya gue yang berasal dari Bahasa Betawi, digunakan untuk mengganti kata saya; loe untuk mengganti kata kamu; nyokap-bokap untuk mengganti kata ayah-ibu dan muncul kosa kata yang tidak jelas artinya seperti jijay, lebay, kamseupay dan muncul partikel-partikel seperti -sih dan dong.

Ironisnya, penggunaan bahasa gaul ini tidak hanya di lingkungan pergaulan, namun telah mendarah daging dan tak jarang digunakan remaja di sekolah, bahkan ketika tes atau pelajaran Bahasa Indonesia sekalipun. Di sekolah, remaja spontan berbicara atau menulis dengan bahasa gaul dengan teman dan guru karena telah terbiasa menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dan menulis sms.

Hadirin yang berbahagia,

Dampak buruk yang dapat dirasakan langsung adalah menurunnya nilai kesopanan remaja ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Sedangkan dampak tidak langsungnya adalah merusak bahasa nasional itu sendiri. Mungkin, beberapa tahun kedepan masih bisa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun bagaimana dengan lima puluh tahun yang akan datang? Apakah Bahasa Indonesia masih bisa bertahan? Atau akan hilang ditelan bahasa gaul?

Hal ini menjadi tugas kita sebagai remaja sekaligus pelajar yang masih peduli dengan Bahasa Indonesia. Kita tidak dapat memungkiri bahwa bahasa gaul telah mengikis dan merusak Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, sebagai generasi muda, marilah kita menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan  membiasakan diri menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik mulai dari diri kita sendiri, karena hal besar berawal dari hal kecil. Setelah itu marilah kita mengajak teman-teman dan orang-orang di sekitar kita untuk menggunakan Bahasa Indonesiadengan benar. Hal yang tak kalah penting adalah dengan tetap memberikan pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran yang menarik kepada siswa di sekolah agar siswa sadar akan pentingnya Bahasa Indonesia dan mampu untuk turut melestarikan bahasa nasional ini. Dengan demikian, niscaya Bahasa Indonesia akan tetap terjaga keberadaannya sampai kapanpun.

Demikian yang dapat Saya sampaikan. Sebelum saya mengakhiri pidato pada kesempatan ini, perkenankanlah saya berpantun.

Hendak kemana sang pangeran

mengapa putri ditinggalkan

Terimakasih atas perhatian

salah kata mohon dimaafkan

Akhir kata,

Wassalamualaikum wr. wb.

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah dan yang saya hormati Bapak Ibu Guru SMPN 13 Madiun, serta Teman-teman yang saya sayangi.

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat untuk membicarakan masalah kedisiplinan siswa SMPN 13 Madiun.

Dengan adanya pengaruh dari era globalisasi semakin banyak siswa yang mulai meninggalkan adat istiadat, tata karma, termasuk kedisiplinan. Terutama anak sekolah sekarang yang mulai luntur sikap kedisiplinannya, Seperti tidak mematuhi atau mengabaikan aturan-aturan yang ada dalam sekolah. Contoh peraturan-peraturan yang diabaikan sisawa antara lain :

1.     Dalam berpakaian anak-anak suka tidak rapih dan atributnyapun ada yang kurang lengkap.

2.     Dalam menggunakan sepatu siswa di haruskan memakai sepatu yang berwarna hitam polos, tapi anak-anak malah memakai sepatu yang seharusnya tidak layak untuk di pakai di sekolah.

3.     Membawa HP di sekolah, Membawa HP di sekolah itu tidak di perbolehkan di karenakan dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar karena kebanyakan siswa suka menggunakan HP saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

4.     Untuk rambut bagi anak laki-laki maupun perempuan, untuk laki-laki hendaknya panjang rambut tidak boleh melebihi telinga dan bagi anak perempuan yang rambutnya panjang hendaknya untuk diikat, tujuan dari semua itu adalah agar siswa itu terlihat rapi selayaknya seorang pelajar sekolah.

5.     Dandanan untuk anak perempuan, seharusnya anak perempuan berdandan yang sewajarnya saja tidak usah berlebihan seperti memakai EYE LINER dan SOFT LENSE karena itu bisa menimbulkan pembicaraan yang kurang baik bagi warga sekolah.

6.     Dalam menjaga kebersihan, siswa seharusnya membuang sampah pada tempat yang di sediakan bukan malah sebaliknya, siswa suka sekali menyusuh seperti membuang sampah di loker meja dan di selokan. Selain terlihat kotor itu juga bisa menjadi sumber dari penyakit dan juga menimbulkan sarang nyamuk.

Sebenarnya kita boleh-boleh saja mengikuti dampak arus globalisasi tapi sebaiknya kita mengambil sisi positifnya saja jangan malah sisi yang negatifnya seperti mengikuti gaya-gaya yang kurang baik dan sebaiknya siswa itu tau dimana mereka harus mengikuti trend-trend tersebut jangan mengikuti trend-trend tersebut di lingkungan sekolah karena sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu bukan untuk ajang saling pamer memamerkan.

Sebagai siswa khan harusnya kita berperilaku yang sewajarnya saja mematuhi peraturan-peraturan yang ada dan tidak berperilaku yang macam-macam kayak artis-artis di Film-film.

Lagipula apa ruginya mematuhi peraturan-peraturan yang ada? Tidak ada bukan!  Malah kita untung karena bisa menciptakan lingkungan yang tertib di sekolah selain itu bisa membanggakan orang-orang di sekitar kita.

Jadi kesimpulannya adalah marilah kita mencipatan lingkungan sekolah yang tertib dan disiplin dalam mematuhi peraturan-peraturan yang ada dan ikuti dampak arus globalisasi yang positif jangan yang negative karena semua itu bertujan baik untuk diri kita semua.

Cukup sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf, karena seperti pepatah yang mengatakan Tak ada gading yang tak retak  Karena tak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Allah seorang.

Wassalamualaikum wr.wb

SMA Negeri 5 Bandar Lampung

Tahun Ajaran 2011-2012

Melestarikan Budaya sebagai Simbol Cinta Tanah Air

Assalamualaikum.wr.wb.

Yang terhormat Ibu guru pembimbing Bahasa Indonesia,

Dan semua teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul bersama di ruangan ini dengan sehat walafiat. Serta sholawat dan salam marilah kita panjatkan kepada nabi besar kita Muhammad SAW.

Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema : Melestarikan Budaya Daerah. Dengan penjelasan ini saya harapkan kita semua dapat melestarikan kebudayaan daerah dengan baik.

Hadirin yang saya hormati,

Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari bermacam-macam suku, agama, dan budaya. Dan dari situ, kita juga dapat melihat seberapa kayanya negeri kita ini dalam hal keanekaragaman budaya. Dari Sabang sampai Marauke terdapat puluhan warisan kebudayaan yang kaya akan seni.

Kebudayaan merupakan suatu ciri khas atau identitas tersendiri dari suatu negara. Tanpa adanya kebudayaan, suatu negara akan terasa asing karena tidak ada sesuatu yang dapat dikembangkan atau ditunjukkan kepada negara lain.

Budaya Indonesia memang memiliki nilai yang unik dan dapat membuat ketertarikan tersendiri dari warga manca negara di seluruh belahan dunia. Namun, sayangnya budaya yang beraneka ragam ini tidak banyak dicintai oleh warganya sendiri. Terbukti, dengan lebih tertariknya warga kita pada budaya luar. Budaya yang semestinya menjadi warisan dan kebanggan anak bangsa, malah kurang diminati di negerinya sendiri.

Warga Indonesia lebih mengutamakan budaya luar dari pada melestarikan budaya sendiri. Maka tidak heran jika budaya kita dengan mudah diklaim oleh negara-negara lain. Malaysia sebagai contohnya, beberapa budaya kita telah diklaim sebagai budaya yang lahir di Negeri Jiran tersebut. Seharusnya kita dapat mengoreksi diri sendiri, sudah besarkah rasa cinta kita terhadap budaya kita? Apakah sudah maksimal usaha kita untuk menjaga dan  melestarikan budaya kita ini? Mungkin haya sedikit yang dapa menjawab itu tanpa ragu-ragu.

Tidak bisa di pungkiri di era globalisasi ini dan datang-nya kebudayaan-kebudayaan luar yang bersifat modern membuat penerus bangsa ini lebih menyukai kebudayaan yang bersifat modern.Hal ini tentunya membuat bebagai pihak menjadi khawatir kebudayaan daerah akan menghilang.

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai penerus bangsa untuk mempertahankan dan melestarikan kebudayaan daerah yang merupakan simbol utama dari kebudayaan nasional.

Seharusnya budaya warisan dari nenek moyang kita adalah budaya yang sangat mahal. Seiring dengan berjalannya waktu, maka zaman akan membeli budaya dengan harga yang tak ternilai. Namun sayang, sedikit sekali orang yang menyadari betapa pentingnya nilai budaya untuk dilestarikan ditengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Padahal, jika tidak dijaga, tidak dirawat, dan tidak dilestarikan kebudayaan kita akan dengan gampang diambil oleh negara-negara lain yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, jangan merasa kecewa jika suatu saat banyak kebudayaan kita yang jatuh ke tangan negara lain.

Dalam hal ini, harus ada upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya kita, upaya yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut :

1.      Kita harus bangga dengan kebudayaan kita sendiri, misalnya dengan menggunakan produk dalam negeri dan mengenalinya kepada masyarakat luas bahwa budaya Indonesia ini banyak macamnya.

2.      Pemerintah harus melakukan kebijakan-kebijakan yang mengarah pada upaya pelestarian kebudayaan daerah.

3.      Belajar untuk lebih mengenal kebudayaan dalam negeri. Misalnya dengan mempelajari alat musik daerah, lagu-lagu daerah atau tarian daerah.

4.      Dan semua masyarakat Indonesia harus sadar akan pentingnya nilai budaya bagi negeri ini.

Teman-teman semuanya,

Oleh karena itu, maka kita sebagai generasi muda sangatlah baik jika kita menyadari bahwa kebudayaan adalah harta yang tidak tergantikan. Kebudayaan tidak dapat diciptakan dengan mudah , apalagi dengan waktu yang singkat. Memang telah banyak upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, namun upaya tersebut belum dapat dikatakan maksimum.

Dengan demikian, marilah kita menjaga dan melestarikan kebudayaan kita ini dengan bersama-sama.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya.
Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb

Selamat siang..

yang terhormat kepala sekolah….
yang terhormat wakil kepala sekolah….
yang terhormat guru-guru….
beserta seluruh murid… yang berbahagia.

Salam sejahtera..

Puji syukur saya ucapkan pada tuhan yme atas semua karunia-nya, saya juga berterima kasih pada guru-guru yang sudah menyelenggarakan acara ini. tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada teman-teman yang sudah beri dukungan hingga acara ini dapat terselenggara layaknya sekarang ini.

Pada peluang saat ini, saya pingin mengajak kita seluruh untuk mengingat kembali, sebagian gaya hidup yang sudah kita kerjakan dikeseharian kita hingga tanpa kita sadari perihal tersebut jadi penyebab berlangsungnya globalisasi.
apakah globalisasi amat punya pengaruh didalam kehidupan kita ?
saya mengharapkan pada peluang saat ini kita seluruh jadi tahu, seberapa besar dampak globalisasi didalam kehidupan kita. saya juga mengharapkan kita seluruh bisa hadapi dampak globalisasi tersebut.

Diabad ke 21 ini, globalisasi jadi perihal yang biasa untuk kita. globalisasi, bermakna sistem yang mendunia. pastinya, seluruh segi kehidupan rasakan pengaruhnya. contohnya, di bidang transportasi. tiap-tiap hari kita bisa lihat seluruh jalur raya dipadati oleh beragam type kendaraan bermotor. contohnya mobil. walau sebenarnya, sebelum saat mobil ditemukan, umumnya orang dapat jalan kaki untuk meniti satu perjalanan, apalagi yang amat panjang walaupun. tak hanya di bidang transportasi, segi kehidupan yang terkena efek globalisasi yaitu telekomunikasi. sekarang ini hand phone yaitu alat komunikasi yang telah dimiliki oleh tiap-tiap orang. tak hanya hand phone, yang tidak kalah mutlak yaitu internet. globalisasi layaknya mengharuskan kita untuk mempunyai computer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Di bidang kuliner, dampak globalisasi juga cukup besar. makanan khas barat jadi amat popular di seluruh dunia. contohnya pizza hut, kfc, cfc, hoka hoka bento, dan seterusnya. perihal ini mengakibatkan makanan khas didalam negri jadi kurang diminati. yang tidak kalah mutlak, segi kehidupan yang juga rasakan efek globalisasi yaitu fashion. sekarang ini trend yang amat mendunia yaitu dari negara-negara barat. bila orang indonesia lebih menentukan trend luar negri, siapakah yang dapat melestarikan budaya indonesia ?

Bidang olahraga juga rasakan efek globalisasi. sekarang ini seluruh dunia amat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, serta lain sebagainya. tidak cuma aktivitas olahraganya, alat-alat pendukung lalu turut rasakan efek globalisasi. contohnya sepatu. sepatu jadi alat pendukung yang amat mutlak. model serta wujud sepatu lalu mesti sesuai dengan olahraganya.

Dari sebagian segi yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi amat punya pengaruh pada seluruh segi kehidupan. tiap-tiap orang memanglah bisa rasakan pengaruhnya. sebagai warga penduduk yang baik, kita mesti dapat hadapi dampak globalisasi. kita mesti dapat mengambil nilai-nilai positif serta buang nilai-nilai negatifnya. contohnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke didalam negri kita. kita mesti dapat menentukan budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita. dikarenakan budaya didalam negri yaitu ciri khas negri kita sendiri, yang perlu kita jaga. supaya tidak kehilangan info, kita mesti ikuti perubahan info serta teknologi.

Lantas masih banyak cara yang dapat kita kerjakan untuk hadapi dampak globalisasi. kita bisa rasakan pengaruhnya, tetapi kita mesti mengambil efek positifnya, serta buang efek negatifnya. seluruh itu bergantung dapat sikap, kemauan serta juga einginan kita sendiri.

Sahabat-sahabat sekalian, semoga apa yang sudah saya berikan tadi dapat berguna untuk kita seluruh yang ada di sini. saya mengharapkan karenanya ada globalisasi ini seluruh orang bisa mengambil nilai positifnya. terima kasih atas perhatian guru-guru, teman-teman, beserta kepala sekolah serta wakil kepala sekolah…. sekian serta, selamat siang.

Read more: http://www.teksdrama.com/2013/03/contoh-naskah-pidato-tema-globalisasi.html#ixzz2umcRuCmt

Pidato Tentang Pergaulan Bebas 1

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Kepala Sekolah SMA 1 Plaosan
Yang terhormat Bapak Ibu Guru dan Karyawan/karyawati yang saya cintai
Serta tidak lupa teman-teman yang saya cintai

     Pertama tama marilah kita sejenak panjatkan puji syukur terhadap tuhan Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat serta hidayahnya kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul di sini tanpa ada halangan satupun.
     Dan saya disini sebagai wakil dalam acara ini yaitu tentang sebab mengapa anak Remaja dapat bergaul bebas atau yang dikenal dengan Pergaulan Bebas. Dan saya nanti akan memberikan informasi sedikit yang mungkin bermanfaat bagi kalian semua.         
     Yang pertama masalah Pergaulan bebas ini mungkin tidak asing lagi bagi kalian semua. Dan masalah ini terjadi ketika ketika kita beranjak menuju masa Puberitas (Remaja). Dalam usia ini adalah masa dimana kita mencari identitas baru, 
     dan sangatlah rawan bagi anak Remaja yang bergaul tanpa melihat buruk atau baiknya suatu kegiatan tersebut.
     Hadirin yang saya hormati saya akan menyampaikan sedikit seba-sebab yang menjadikan anak salah bergaul atau di sebut dengan Pergaulan Bebas. Yang pertama adalah:

    1. Faktor keluarga, karena faktor inilah yang sangat penting bagi anak untuk mendapatkan kasih sayang, perlindungan, serta perhatian yang cukup. Tanpa disertai itu semua anak akan sulit untuk berbuat hal yang positif.
    2. Minimnya pengetahuan tentang keagamaan.
    3. Pengaruh lingkungan sekitar, Misalnya Teman Bermain dan Teman Sekolah. Karena di Lingkungan sekitar inilah dapat memberikan pengaruh baik atau buruknya pertumbuhan kepribadian anak. Karena banyak yang akan ditiru maupun di contoh hal yang benar maupun yang salah.
     
     Hadirin yang saya hormati saya  berharap kepada kalian semua untuk meminta hak kalian kepada orang tua. Jangan diam saja ketika anda dibiarkan oleh orang tua anda yang selalu mengurusi bisnisnya mereka tanpa memperdulikan tingkah laku anaknya, 
     ketika itu terjadi mintalah kalian untuk diperhatikan.
     Hadirin yang saya hormati sekirannya yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua. 
     Bila ada perkatan yang salah atau kurang berkenan di hati kalian mohon untuk dimaafkan.  
     Sekian dan Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Nama : Imas Mauludina

Kelas : IX D

Pidato tentang "Bahaya Meroko Bagi Pelajar"

Assalamualaikum Wr. Wb.

yang terhormat ibu guru dan teman teman semua yang saya banggakan.

pertama tama marilah kita anjatkan puji dan syukur kehadirat allah SWT yang telah melimpahkan Nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dengan sehat wal’afiat. tidak lupa juga shalawat serta salam kita curahkan keharibaan junjunan besar kita nabi muhammad SAW kepada para keluarganya, para sahabat, dan para pengikutnya.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertema Bahaya Merokok Bagi pelajar

Hadirin sekalian

Remaja Cenderung Memiliki Rasa Ingin Tahu Yang Besar terhadap sesuatu, termasuk dalam hal mencoba merokok.

Berdasarkan Hasil Riset Remaja yang Merokok Setiap Tahun Semakin Meningkat.

Bahkan kini perokok bukan hanya dikalangan pria tapi juga dikalangan wanita.

Banyak factor yang membuat pelajar ingin mencoba merokok diantaranya karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, dan terbujuk rayuan teman.

Hadirin sekalian

Dengan kita merokok berarti kita telah memasukan beribu-ribu racun kedalam tubuh kita, yang dengan perlahan akan menggrogoti tubuh kita, dan menimbulkan berbagai penyakit.

Bagi pelajar yang merokok,dampaknya dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru dan penyakit jantung di usia yang masih muda. Selain itu akan mengalami penuaan dini.

Hadirin sekalian

Tetapi jika kalian sudah menjadi perokok, segeralah berhenti dan mulailah balajar hidup seha.t Setahap demi setahap hilangkan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan bahaya kesehatan yang kronis ini . jika anda  Hidup Tanpa Rokok Berarti Hidup Tanpa Racun.

Hadirin sekalian

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah-salah kata, dan semoga ini dapat bermanfaat .

Wassalamualaikum Wr. Wb.

loading...