Pidato Hari Pendidikan Nasional Versi 4

Tema : Pendidikan

Bapak kepala sekolah yang saya hormati

Bapak wakil kepala sekolah yang saya hormati

Rekan rekan guru beserta staf tata usaha yang saya hormati

Serta murid murid ku sekalian yang saya cintai dan saya banggakan.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat dalam acara memperingati Hari Pendidikan Nasional ini. Semoga segala kegiatan yang kita lakukan hari ini selalu berada dalam keridhoan-Nya.

Murid murid sekalian yang ibu banggakan,

Seperti yang telah kita ketahui bersama, hari ini kita memperingati Hari pendidikan Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal Mei. Pendidikan adalah sesuatu hal yang membuat kita mengerti akan sesuatu. Pendidikan menjadikan kita orang yang lebih baik, seperti dalam mematuhi aturan, norma, kedisiplinan dan sebagainya. Kita sering mengartikan bahwa pendidikan hanya dapat diperoleh di lingkungan sekolah saja, padahal sesungguhnya pendidikan dapat diperoleh dimana saja karena pendidikan bukan hanya sekedar ilmu matematika, ilmu ekonomi atau yang lainnya tapi juga bisa berupa ilmu norma, social masyarakat, sopan santun, dan lain lain. Pendidikan juga dapat diperoleh di lingkungan keluarga, teman sepermainan, atau pun di lingkungan masyarakat. Contohnya ketika kita masih kecil, kita belajar berjalan, belajar makan, belajar bicara, itu semua pendidikan yang kita dapatkan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Namun, memang pendidikan di lingkungan sekolah lebih efektif karena terkonsep dalam sebuah kurikulum dan terdapat peraturan yang disertai dengan sangsi.

Orang orang banyak yang mengatakan bahwa pendidikan sangat penting sebagai modal kita dalam mencari pekerjaan kelak. Itu memang benar, tapi ada yang lebih penting lagi yaitu untuk menjadikan kita orang yang berilmu dan orang yang lebih baik lagi dengan mengembangkan potensi yang kita miliki. Alloh SWT akan menaikan derajat umatnya yang rilmu dan beramal sholeh. Maka dari itu, pendidikan sangat berguna bagi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.

Keadaan pendidikan di Indonesia kini, sungguh memperihatinkan. Dapat kita lihat bersama, banyak sekali anak anak yang terpaksa meninggalkan bangku sekolah karena faktor ekonomi. Padahal generasi generasi muda tersebut sangat penting untuk membangun negara ini di kemudian hari. Keadaan ini bertolak belakang dengan tujuan Negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ada beberapa usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan pendidikan di Indonesia, seperti Wajar (Wajib Belajar) 9 tahun, program BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan lain lain. Kita selaku pelaku pendidikan tidak hanya melakukan kebijakan kebijakan yang telah dibuat pemerintah tersebut, tapi juga dapat melakukan sesuatu hal untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kalian sebagai pelajar dapat belajar dengan lebih tekun, lebih disiplin, dan lain lain. Ibu sebagai pengajar dapat membuat sesuatu hal yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan membuat metode belajar yang lebih menyenangkan. Dan semoga HARDIKNAS ini dapt kita jadikan sebagai tonggak untuk mewujudkan cita cita pendidikan itu.

Hanya itu yang dapat ibu sampaikan. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Namun tak ada gading yang tak retak. Segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Begitu pun dengan ibu, mohon maaf bila ada salah kata maupun ucapan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.