PIDATO 17 Agustus : Teks

Teks Pidato

Tema : Semangat Persatuan dan Kesatuan

Assalamu alaikum Warohmatulohi Wabarokatu.

Yth. Bapak / Ibu Kepala Sekolah

Bpk / Ibu guru beserta Dewan Juri yang saya hormati

Dan rekan rekan seperjuangan yang saya cintai

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wattaala atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga pada hari ini kita masih dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Bapak Ibu guru dan rekan rekan yang saya muliakan.

Dengan diadakannya kegiatan lomba Bina Kreatifitas Siswa SD / MI semoga kita lebih dapat meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa, dan juga akan lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara kita yang harus lebih diperkokoh. Kita harus lebih dapat mempersatukan jiwa dan segenap negara kita untuk membangun kebersamaan kita dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

Bapak Ibu guru dan rekan rekan yang berbahagia

Jika kita kenang perjuangan para pahlawan muda kita ditahun 1928 perjuangan para pahlawan kita disaat merebut kemerdekaan bangsa ini, maka terlintas jelas dibenak kita bahwa semangat persatuan mereka saat itu bagaikan api yang tak kunjung padam. Begitu hebatnya menyatu pada jiwa para pemuda yang tercecer dalam berbagai wadah.

Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini, perjuangan belumlah usai. Semangat perjuangan mereka dalam mempersatukan bangsa ini harus tetap dipelihara dan dipertahankan dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Bapak Ibu guru dan rekan rekan yang saya muliakan

Kemakmuran berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita benahi, kemerdekaan sebagi warisan para pahlawan kita, hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus hendaknya mempertahankan kebersamaan ini. Demi keutuhan bangsa kita yang tercinta ini. Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama diatas kepentingan golongan.

Untuk itu pula maka kita wajib meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara.

Persatuan dan Kesatuan Nasional lebih diatas kepentingan kita secara pribadi dan golongan.

Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita cita bangsa ini.

Bapak Ibu guru dan rekan rekan yang berbahagia

Insyaallah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan ridho Allah Subhanahu Wataala tercapai dengan menumbuhkan semangat Persatuan dan Kesatuan Nasional Indonesia.

Bapak Ibu guru dan rekan rekan yang saya hormati

Dari uraian singkat ini, jelaslah sudah bahwa semangat Persatuan dan Kesatuan harus tetap ada dan dipelihara dihati bangsa Indonesia, agar keutuhan Indonesia sebagai bangsa dan negara tetap terjaga. Dan Indonesia menjadi negara yang berdaulat yang disegani bangsa lain. Amin, amin yarobbal alamin

Sekian yang bisa saya sampaikan terimakan kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply