Pidato Kenakalan Remaja : Yang Saya Hormati Ibu Yustiani

Assalamualaikum wr. wb

Yang saya hormati Ibu Yustiani selaku guru pembimbing

Yang saya sayangi teman-temanku

Sebelumnya, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul di tempat yang penuh rahmat ini dengan keadaan sehat walafiat tak kurang satupun.

Pada kesempatan yang emas ini, saya akan menyampaikan beberapa hal mengenai Kenakalan Remaja. Hal ini saya berikan, berkaitan dengan angka kriminalitas di Indonesia yang semakin memuncak dewasa ini, dan salah satu dari sekian banyak penyebabnya adalah remaja.

Sebelumnya, apa yang kalian ketahui tentang remaja? Remaja merupakan fase dimana seseorang mengalami proses untuk menjadi dewasa. Dalam masa ini seseorang cenderung ingin mengetahui bahkan ingin melakukan atau mencoba-coba berbagai macam hal baik dalam sisi positif maupun dalam hal-hal negatif. Kenakalan remaja merupakan salah satu hasil dari perubahan seseorang menjadi dewasa yang melakukan sebuah tindakan dalam hal-hal negatif. Kenakalan remaja sendiri dapat diartikan sebagai semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut dapat merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Ibu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Banyak sekali contoh kenakalan remaja di sekitar kita, dari merokok, judi, freesex, dan lain-lain. Aneka perbuatan negatif atau menyimpang tersebut dilakukan oleh para remaja dan sepertinya dianggap oleh mereka seperti hal-hal biasa bahkan ada yang menganggapnya sebagai sebuah kebanggaan. Bahkan ada di antara mereka mengatakan hal tersebut menunjukkan simbol sebuah keberanian. Ini tentu sangat memprihatinkan dan meresahkan.

Ibu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Lantas, mengapa kenakalan remaja dapat muncul dalam kehidupan masyarakat? Tiada asap tanpa ada api. Ada beberapa faktor yang menyebapkan kenakalan remaja muncul. Faktor pertama, karena perkembangan media massa pada dewasa ini. Media massa mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan masa sekarang dan khususnya para remaja. faktor yang kedua, kurangnya tekanan orang tua tehadap anaknya sehingga mengakibatkan anak tidak merasa tertekan dan dapat bertindak sebebas-bebasnya. Oleh karena itu, orang tua harus berperan aktif terhadap keluarganya terutama pada anaknya.

Bu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Kenakalan remaja menimbulkan beberapa dampak dalam masyarakat. Salah satunya menimbulkan masyarakat resah dan merasa tidak tenang atas prilaku para remaja dewasa ini, khususnya para pelaku kenakalan remaja. Selain itu kenakalan remaja juga dapat menimbulkan beberapa tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan orang lain bahkan dirinya sendiri.

Bu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Setiap ada masalah, pasti ada solusinya. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau memerangi kenakalan remaja. Contohnya, sebagai orang tua seharusnya mereka memberikan bebarapa penjelasan atau arahan-arahan kepada anak-anaknya dengan tujuan untuk pembetukan prilaku yang baik. Kedua, melakukan sosialisasi atau pengarah di setiap daerah-daerah, dan sekolahan guna memberikan arahan kepada mereka serta menghidari terjadi kenakalan remaja. Dan ketiga, mengikuti atau membentuk organisasi-organisasi sosial dengan tujuan untuk membentuk remaja dengan karakter sosial tinggi.

Bu Yustiani yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Dapat kita simpulkan kenakalan remaja merupakan sebuah tindakan yang dapat menyebapkan masa depan dan generasi bangsa terancam. Sebagai teman, masyarakat, dan khususnya orang tua, semua memiliki peranan yang cukup besar dalam pembentukan pembentukan diri seseorang.

Sekian hal-hal yang dapat saya berikan, saya berharap teman-teman dapat mengerti, memahami, dan dapat bersama-sama berpartisipasi memerangi yang namanya kenakalan remaja. Maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan dihati Ibu Yustiani dan teman-teman. Akhirulkalam. Wassalamualaikum wr. wb.

Nama: Alya Nurulita Muktiwibowo

No. Absen: 01 ( Satu )

Kelas: IX G ( 9G )

Sekolah: SMPN 3 Pati

loading...