TERJEMAH PIDATO : Birrul Walidain

TERJEMAH PIDATO Birrul Walidain

Sesungguhnya Allah adalah pencipta makhluk-makhlukNYA di dunia ini. Semua itu sesuai dengan perannya, peran yang bermacam-macam dan banyak. Sebagian dari peran itu adalah ibu dan ayah. Kita adalah manusia yang hidup bersama-sama. Manusia sebagai anak, anak ada di dunia ini karena hubungan ibu dan ayah. Seperti kita ketahui, ibu mengandung anak dengan susah payah di perutnya dengan kesakitan dan kelelahan. Dan ayah yang menjaga keselamatan dan kesehatan anaknya, member makan, dan pakaian untuk hidup. Dan sekarang bagaimana dan dengan apa kita bisa menjdi anak yang berbakti kepada orang tua?, untuk itu saya berdiri di hadapan anda semua, akan berbicara tentang berbakti kepada orang tua.

Allah berfirman:… ayat ini menjelaskn tentang hak-hak orang tua dan hubungan anak dengan orang tua dalam kehidupan di dunia ini. Ketahuilah bahwa ibu dan ayah kita adalah orang yang paling berhak di dunia ini setelah Allah dan RasulNYA.

Ibu yang mengandung badan kita di dalam perutnya 9 bulan dengan kesakitan dan kelelahan, menyusiu kita, menjaga kita dari segala hal yang menyakiti kita. Sedangkan ayah, seperti kta tahu dia yang melindungi dan menjaga kita memberikan tempat tinggal kita untk istirahat. Maka wajib atas kita untuk berbuat baik, taat kepada mereka. Mengapa? Wahai hadirin yang terhormat,, sebabnya tidak lain sesuai dengan sabda Rasulullah SAW (..). dan juga karena apa yang diberikan ibu dan ayah kita kepada kita dari kecil sampai besar banyak sekali. Dan kita tidak bisa membalas perbuatan mereka, dan mereka tidak mengharap dari kita, harta, kedudukan, emas, permata dan lain-lain. Tetapi mereka mengharap penghormatan, ketaatan, kebaikan, dan doa.

Mereka telah memberi pendidikan kita di sekolah agar kita mejadi orang yang bisa mengamalkan ilmu pengetahuan kita kepada saudara dan teman-teman kita. Dan kita menjadi orang alim yang besar dan ilmu kita bermanfaat bagi perkembangan Negara kita. Contoh menjadi dokter yang pandai menyebuhkan orang sakit dan membantu orang fakir dengan ridho Allah.

Maka, dengan apa kita membalasnya di dunia ini? Wajib atas kita membalas dengan penghormatan, mematuhi perintah mereka. Kita doakan mereka kepada Allah agar dapat mendapatkan kasihsayang dan ampunan, ini adalah perumpamaan perintah Allah:

Cukup sekian ceramah pendek ini , saya bukan pembicara yang mahir dan saya bukan orang pandai. Jika ada kebaikan diri saya itu semata karena Allah. Jika ada keburukan saya itu karena diri saya sendiri.