Pidato Bi Ujian Praktik

PIDATO BAHASA INDONESIA

Menumbuhkan Jiwa Cinta Lingkungan di Kalangan Remaja

Oleh:

VETTY IZZA AYURAHMA

XII IPA 6 / 32

SMA NEGERI 1 MALANG

Jl. Tugu Utara No.1 Malang, Tlp.(0341)366454, Fax (0341) 329487

FEBRUARI 2015

Topik : Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu Hana selaku pengawas ujian praktik Bahasa Indonesia

Serta seluruh teman-temanku yang berbahagia dan saya cintai

Pertama-tama marilah kita haturkan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat yaitu dalam rangka Menumbuhkan Jiwa Cinta Lingkungan di Kalangan Remaja.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Akhir-akhir ini cuaca di Kota Malang sedang tidak stabil. Ketika musim kemarau, polusi dan pencemaran lingkungan terjadi dimana-mana sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan dan timbulnya berbagai penyakit. Begitu juga dengan musim hujan. Saat hujan deras di Kota Malang masih sering terjadi banjir dan tanah longsor di beberapa daerah. Sebenarnya, dua fenomena alam ini terjadi akibat ulah manusia.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Disini, saya sebagai salah satu generasi muda sangat prihatin melihat kondisi alam Indonesia khususnya Kota Malang. Apakah kalian mengerti mengapa angka kematian di Indonesia meningkat? Saya sangat sering menjumpai orang-orang masih membuang sampah di sungai padahal sangat jelas terdapat tulisan Di larang buang sampah disini. Dan prihatinnya lagi, rata-rata diantara mereka adalah pegawai negeri dan pelajar. Hal ini dapat menyebabkan air sungai tercemar dan aktivitas sehari-hari yang memanfaatkan air juga dapat menimbulkan penyakit. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan diantaranya adalah penyakit pada pernafasan, gatal-gatal, keracunan, dan kanker kulit yang sangat memicu kematian.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Sebenarnya masih sangat banyak ulah-ulah manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Rasa cinta lingkungan tidak akan timbul dengan sendirinya apabila tidak didasari dengan sikap peduli dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Namun apabila kita peduli dan sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan, maka secara otomatis kita telah mencerminkan sikap cinta lingkungan. Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan diantaranya adalah dengan hemat energi. Apa itu hemat energi? Hemat energi adalah salah satu perilaku manusia dalam kegiatan sehari-hari yang memiliki tujuan untuk menjaga lingkungan dan menghemat sumber daya alam yang telah ada.

Saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Ada banyak sekali bentuk realisasi dari hemat energi. Beberapa diantaranya adalah mematikan listrik dan air apabila sudah tidak digunakan, tidak menyalakan lampu di siang hari, tidak menggunakan peralatan rumah tangga yang mengandung gas CFC, mengendarai sepeda apabila bepergian jarak dekat, menggunakan car pooling, menghindari vampir listrik, membawa tumblr ke sekolah, menggunakan barang-barang ramah lingkungan, mendesain rumah dengan atap transparan, mengeringkan pakaian menggunakan sinar matahari, menggunakan laptop daripada komputer, dan lain-lain. Sangat banyak sekali cara untuk hemat energi dan sangat sederhana bukan?

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Selain cara-cara di atas, kita juga harus menerapkan 4R yaitu Reuse, Reduce, Recycle, dan Respect. Reuse berarti menggunakan kembali barang-barang yang masih layak dipakai seperti menggunakan tempat minum untuk beberapa pemakaian. Reduce berarti mengurangi penggunakan bahan dan bahan tidak ramah lingkungan seperti parfum spray, kulkas, AC, sepeda motor, dan lain-lain. Recycle berarti mendaur ulang bahan organik maupun anorganik menjadi barang dan bahan sehari-hari seperti pupuk kandang yang terbuat dari kotoran hewan dan tumbuhan, serta mendaur ulang kertas bekas menjadi kertas baru. Respect berarti menghormati lingkungan di sekitar kita. Apabila kita tidak menghormati lingkungan, maka jangan harap lingkungan akan menghormatimu.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Jadi, sangat banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan jiwa cinta lingkungan dalam diri kita khususnya para pemuda. Sedikit saja kerusakan yang tangan kita lakukan, maka dampak yang terjadi akan sangat besar di masa mendatang. Mulai saat ini, saatnya kalian sebagai para pemuda, penerus bangsa, meneruskan perjuangan memupukkan rasa cinta lingkungan kepada rekan-rekan yang lain. Saya cinta lingkungan karena saya mencintai diri saya sendiri dan kalian semua.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air . . . .

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menyadarkan serta membuka pintu hati para pemuda untuk mulai saat ini menghindari perilaku tidak bertanggung jawab kepada lingkungan dan memulai membiasakan hidup hemat energi sebagai bentuk realisasi peduli dan cinta lingkungan. Terima kasih atas perhatian Ibu Hana dan teman-teman. Mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan.

Wassalamualaikum Wr.Wb