Pidato : Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Hadirin Sekalian

Salam sejahtera bagi kita semua, hadirin sekalian yang saya hormati ibu guru
dan juga teman-teman yang saya sayang.

Pada kesempatan ini marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul di sini

Ibu guru dan teman-teman semua, pada kesempatan ini saya akan mengajak ibu guru serta teman-teman sekalian untuk mulai mencintai dan memperdulikan keadaan bumi kita, khususnya Negara kita Indonesia.

Seperti yang kita ketahui sekarang bahwa Indonesia mulai sering mengalami masalah dengan alam yang tak lain merupakan akibat dari global warming atau pemanasan global.

Global warming bukanlah hal yang baru lagi. Hal itu sudah menjadi konsumsi publik akhir-akhir ini. Namun hanya beberapa masyarakat yang benar-benar sadar dan peduli dengan akibat dari global warming ini. Pemanasan global timbul karena adanya efek rumah kaca yaitu proses dimana cahaya matahari menembus kaca dan dipantulkan kembali oleh benda-benda dalam ruangan rumah kaca sebagai gelombang panas yang berupa sinar infra merah.Namun gelombang panas itu terperangkap di dalam ruangan kaca serta tidak bercampur dengan udara dingin di luarnya. Akibatnya, suhu di dalam rumah kaca lebih tinggi daripada di luarnya.

Pemanasan global dapat menyebabkan iklim secara ekstrim yang bisa membuat para petani bingung memilih mana musim yang baik untuk panen dan mana yang tidak. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat.

Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Pemanasan global juga dapat menyebabkan mencairnya es di kutub utara yang menyebabkan permukaan air laut naik beberapa cm pertahun, dan itu bisa berdampak buruk bagi kelestarian pulau-pulau kecil di negara kita Indonesia

Namun global warming dapat kita hindari. Penyebab utama timbulnya pemanasan global tak lain adalah kita sendiri, manusia. Kita dapat mencegahnya dengan cara menghemat energi baik energi listrik maupun energi air, mencintai lingkungan mulai dan membuang sampah pada tempatnya, melestarikan pohon.

Misalnya mulai menghemat kertas dan tissue, Penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca mengurangi polusi udara dengan mulai menghindari penggunaan kendaraan bermotor secara berlebihan, misalnya kita ingin pergi dengan jarak yang cukup dekat dapat menggunakan sepeda atau kendaraan umum. Dan mengurangi penggunaan plastik karena bahan plastik baru bisa terurai setelah ratusan tahun.

Oleh karena itu, demi keselamatan kita bersama marilah kita mulai turut berpartisipasi dalam gerakan-gerakan anti global warming ataupun mulai dari diri kita sendiri demi kelangsungan anak cucu kita nanti.

Atas seluruh perhatian dari teman-teman dan ibu guru, saya ucapkan terima kasih. Mulai sekarang mari kita jaga dan rawat bumi kita ini dengan sebaik-baiknya. Sekian dan terima kasih.