Pidato : Yang Terhormat Ibu Artanti Serta Yang Saya Sayangi

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Ibu Artanti serta yang saya sayangi dan saya banggakan teman-teman kelas 1-AG. Marilah kita bersama-sama mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya lah kita dapat berkumpul dalam suasana yang berbahagia ini. Teman-teman perkenankanlah saya menyampaikan beberapa kata terkait budaya konsumtif masyarakat Indonesia.

Konsumtif adalah keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang yang sebenaranya kurang diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan yang maksimal. Konsumtif biasanya digunakan untuk menunjuk pada perilaku konsumen yang memanfaatkan nilai uang lebih besar dan nilai produksi untuk barang dan jasa yang bukan menjadi kebutuhan pokok.

Ada dua faktor yang mempengaruhi budaya konsumtif. Yang pertama peningkatan produksi yang ditunjang oleh strategi pemasaran yang efektif. Sasaran dari pemasaran adalah insting psikologi konsumen yaitu untuk memenuhi kebutuhan. Faktor yang kedua adalah tepatnya cara kerjasama antarpelaku ekonomi, baik produsen maupun konsumen serta dipicu ole tren global untuk membangkitkan rasa konsumtif dalam budaya pascamodern. Hal ini merupakan pergeseran yang terjadi dalam struktur nilai budaya yang dianut dan dapat mengubah jati diri masyarakat Indonesia. Yang ada bukan lagi produksi tetapi konsumsi, yang ada bukan lagi mencita-citakan tetapi mengadopsi, yang ada bukan lagi realita tetapi ilusi.

Budaya konsumtif tetap memiliki dampak positif. Dampak positif dari budaya konsumtif antara lain adalah meningkatkan motivasi bagi konsumen untuk menambah jumlah penghasilan agar dapat membeli barang yang diinginkan dan membuka pasar bagi produsen untuk memenuhi permintaan konsumen. Namun pada kenyataanya produsen-produsen lokal justru dibuat merugi karena konsumen lebih banyak memilih produk-produk luar negeri dibandingkan dengan produk dalam negeri. Impor barang yang terus menerus tanpa dibarengi dengan ekspor ini merugikan pemerintah dan para produsen dalam negeri. Memakai produk luar negeri juga dianggap dapat menaikkan derajat sosial. Namun hal ini justru dapat menimbulkan kecemburuan sosial. Selain itu budaya konsumtif juga dapat menghalangi kesempatan kita untuk menabung atau berinvestasi karena orang cenderung akan membelanjakan uangnyanya dibandingkan untuk menabung. Budaya konsumtif ini juga menutup pemikiran orang mengenai kebutuhan yang akan datang. Karena orang orang terlalu disibukkan dengan usaha untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan mengabaikan kebutuhan yang akan datang.

Jika dilihat budaya konsumtif tentu lebih banyak memberikan dampak negatif dalam kehidupan kita. Kita menjadi kurang produktif dan kurang mencintai produk dalam negeri. Jadi kita perlu menghilangkan budaya konsumtif ini. Dimulai dari hal-hal kecil seperti membedakan sesuatu yang kita butuhkan atau yang kita inginkan.

Teman-temanku sekalian kiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan. Jika ada perkata yang menyinggung hati teman-teman saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Dilla Kusuma Wardhani (1-AG/08/143060020735)

Incoming search terms:

  • pidato tentang sayangi ibu
loading...