Pidato Kebersihan Lingkungan Dan Bagaimana Cara Menjaganya

Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang berbahagia.Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayahnya. Sehingga kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat walafiat pada hari yang cerah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini. Disini izinkanlah saya menyampaikan patah dua patah kata mengenai kebersihan lingkungan dan bagaimana cara menjaganya.

Pertama-tama perlu kita ketahui bahwa lingkungan adalah tempat tinggal bagi semua makhluk hidup, dan salah satunya kita, yaitu umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan dari sampah agar tercipta kehidupan yang layak dan sehat. Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara untuk menghindari berbagai penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah tercinta kita, yaitu SMAN 1 Sumedang. Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah. Dan kita sebagai penghuni sekolah akan merasa nyaman dalam proses belajar mengajar karena lingkungan yang bersih dan asri. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Tetapi sayangnya saat ini kesadaran dari hati nurani untuk membuang sampah pada tempatnya sangat kurang. Masih banyak sampah yang berserakan, padahal tempat sampah sudah disediakan oleh pihak sekolah dengan jumlah yang cukup memadai. Namun tidak adanya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya akan membuat hal tersebut sia-sia. Selain itu, kita harus membiasakan diri untuk memilah sampah sesuai dengan jenis sampah sebelum kita membuangnya pada tempat sampah agar memudahkan kita untuk mendaur ulangnya. Jenis sampah yang ada di sekolah kita antara lain adalah sampah organik, anorganik, dan sampah kertas. Kita bisa memanfaatkan sampah tersebut menjadi barang yang berguna dan bahkan bernilai, seperti kita bisa membuat pupuk kompos dari sampah organik. Atau kita bisa membuat kerajinan tangan menggunakan sampah anorganik yang ada. Kita pun juga bisa membuat kertas daur ulang menggunakan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai lagi.

Jadi, sampah-sampah sebenarnya bukan hanya barang-barang yang tidak berguna. Tetapi sampah bisa memberikan keuntungan kepada kita jika kita bisa memilah dan mengolahnya dengan baik dan benar. Saran saya adalah agar ditegaskannya sanksi mengenai pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya. Demikian pidato dari saya, jika ada kata-kata yang salah atau tidak berkenan dihati hadirin sekalian, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

loading...