Pidato Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan.docx

Pidato Menjaga Kesehatan di musim hujan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bpk Isnu Wahyono, M.Pd. selaku dosen B.Indonesia

Dan teman-temanku yang berbahagia.

Segala puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita diberikan kesehatan sehingga dapat berkumpul kembali pada kesempatan kali ini. Pertama kali saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Bapak Isnu Wahyono, karena atas kehendak beliau saya dapat berdiri disini untuk menyampaikan sebuah pidato.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara kita untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Hal ini adalah penting adanya mengingat di musim hujan ini sangat rentan bagi kita untuk terkena penyakit seperti influenza, diare, demam berdarah, dsb. Dan akan sangat merugikan jika kita jatuh sakit mengingat dalam beberapa hari ini kita dalam Susana ujian akhir semester.

Di musim hujan ini salah satu cara untuk mencegah timbulnya penyakit adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Jagalah kebersihan lingkungan rumah atau kos, karena dengan lingkungan yang bersih potensi bagi bibit penyakit untuk berkembang bisa kita cegah.

Jangan lupa bagi anda untuk selalu membawa jas hujan. Hal ini sangat penting karena saat hujan tubuh akan terasa dingin. Saat kedinginan itulah, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis. Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu.

Pada musim hujan penyakit yg paling sering menyerang adalah flu, jadi saya akan memberikan tips menghadapi flu dan berbagai penyakit lainnya,

Pertama Cuci Tangan

Sebagian virus flu ebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan kalau bisa dengan air hangat.

Kedua Jangan Menyentuh Muka

Biasanya virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian muka.

Ketiga Minum Banyak Air

Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.

Kita perlu waspada dengan penyakit malaria, cara mencegahnya adalah

Tutup bah atau pentimpanan air dan pengurasan air untuk mencegah nyamuk bertelur di tempat itu,

Bersihkan setiap hari meja dan laci yang ada di kamar Anda, buanglah kertas-kertas yang tak terpakai, sebab laci meja yang kotor dan tak terurus, juga bisa menjadi sarang nyamuk.

memberantas nyamuk Aedes adalah dengan abatisasi, yaitu menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air. walaupun beracun untuk jentik nyamuk, namun abate tidak berbahaya bagi manusia.

Akhir kata cukup sekian pidato yang sangat singkat ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Semoga pertemuan kali ini dapat memberikan manfaatkan bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.