Pidato : Bismillaahhirrahmannirrahim.

Assaalamuaalaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Bismillaahhirrahmannirrahim.

Alhamdulillahi robbil aalami. washshalaatu wassalamualaa asyrafil ambiyaai wal mursaliin waalaa aalihi wa shahbihi ajmaiin. Amma badu.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita bersama-sama memanjatan puja serta puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan limpahan rahmatNya kita bisa berkumpul tanpa ada halangan suatu apapun.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW., karena beliaulah yang membawa agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Pada saat ini kita berada dalam bulan Dzhulhijjah, dimana umat islam yang mempunyai kemampuan, baik badannya maupun hartanya maka baginya mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Dan sekarang ini banyak saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Mudah-mudahan haji yang mereka kerjakan senantiasa menjadi haji yang mabrur, aamiin. Kaum muslimin yang berkumpul di tanah suci mempunyai tujuan yang sama, yaitu memenuhi panggilan Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Bagi kaum muslimin dan muslimat yang belum bisa menunaikan ibadah haii, maka kita harus berniat untuk melakukan rukun yang kelima tersebut. Memang ibadah haji merupakan suatu kewajiban, baik umat islam yang mampu, baik mampu ongkosnya maupun mampu kesehatannya. Dalam hal ini mampu bisa mencapai tiga aspek, yaitu:

Mampu ongkosnya.

Mampu kesehatannya.

Aman dalam perjalanannya.

Dari ketiga unsur itulah orang muslim berkewajiban untuk menunaikan ibadah haji.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia. Demikianlah sekilas yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya makan mohon maaf. Billahit taufiq wal hidayat.

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.