Contoh Pidato : Saudara-saudara Hadirin Yang Kami Mulyakan,

Saudara-saudara hadirin yang kami mulyakan,

Assalamualaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berkah dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita semua.

Yang kedua kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran bapak dan ibu sekalian untuk memperingati hari lahirnya Nabi besar kita Muhammad SAW.

Kami berharap dan berdoa semoga apa yang kita dengar dari penceramah nanti benar-benar menjadikan kita lebih beriman. Marilah kita contoh dan tirukan keteladanan-keteladanan Nabi besaar Muhammad SAW untuk bekal menghadap tuhan di kelak kemudian hari. Kami yakin Bapak dan ibu datang kemari tadi dengan niat yang tulus, niat baik untuk mempertebal iman, mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikianlah harapan kami, akhirnya kami menyadari bahwa dalam pelaksanaan acara ini dari awal sampai akhir pasti ada kekurangan-kekuranganya. Untuk itu kami mihon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirul kalam, terima kasih dan…. assalamualaikum wr.wb

Assalamualaikum warrahmatullohi wabarakatuh..

Alhamdulillahirabbilalamin, wabihi nastain ala umuriddunnyawaddin.

Asholatu wassalamuala asrofil ambiyaa iwal mursalin, waala alihi washohbihi ajmain.

Robbisohri sodri, wayassirli amri, wahlul uqdata mmilisani yafqohu qouli, ama badu.

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa karangjaya beserta segenap jajarannya.

Yang terhormati ketua yayasan Darussalam bani umar pun bapak almukarom kyai haji Zaenuddin, Hs. Dan ibunda umi Hj. Suhaemi smoga diberikan kesehatan dan panjang umur..amin ya rabbal alamin

Yang kami hormati komite sekolah al ustad ahmad syatibi

Yang kami hormati para undangan wali murid yang telah menyempatkan hadir ke acara perpisahan ini kami ucapkan terima kasi yang sebesar-besarnya.

Dan yang kami hormati para alim ulama dan tokoh masyarakat desa karangjaya

Serta hadirin yang berbahagia.

Hadirin yang kami hormati..

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayahnya, sehingga kita dapat berkumpul dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat, tanpa kurang suatu apapun.

Sholawat beruntaikan salam marilah senantiasa kita panjatkan kepada junjungan Nabi Agung kita Nabi Muhammad SAW, yang kita nanti-nantikan syafaat-nya di Yaumul Qiyammah nanti.

Hadirin yang berbahagia!

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan terimakasih kepada segenap tamu yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Musholah Baitul Mutaqin Dk Benda Rw 02 Desa Pangkah tercinta ini.

Saya juga ucapkan terimakasih kepada Almukharom Bapak K.yai Syaefudin dari Tegal yang telah berkenan hadir sekaligus berkenan menjadi pembicara dalam acara ini.

Tak lupa, saya ucapkan teramat terimakasih atas kerja keras seluruh panitia , dan para remaja IRMADAS dan semua pihak yang telah terlibat dalam terselenggaranya acara ini, sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Hadirin yang dirahmati Allah..

Pada peringatan Maulid Nabi tahun ini mengharapkan Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW; Kita Jadikan Suri Tauladan Rasululloh Sebagai Landasan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara khususnya di desa karangjaya ini

Kami sangat berharap, acara ini dapat menginspirasi saudara untuk menjadi pribadi yang lebih baik, yaitu dengan meneladani segala sifat dan perilaku yang dicontohkan rasululloh, karena jika kita menjadikan rasul sebagai suri tauladan dan perilaku serta sifatnya menjadi pedoman hidup kita, niscaya hidup kita akan selalu berkah dan bermanfaat.

Kami pun berharap, semoga tausiah yang nanti disampaikan Bapak Kyaidapat membuat kita menjadi semakin dekat dengan Allah dan rasulnya, sehingga bertambahlah keimanan dan ketaqwaan kita, serta menjadikan kita sebagai golongan orang-orang yang dicintai Alloh SWT. Allohumma amin..

 Hadirin yang berbahagia!

Kami sadar dalam terlaksananya sebuah acara pasti ada kekurangan, , oleh karena itu kami mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Kami mohon maaf atas kurang ketersediaannya sarana dan prasarana yang baik, atau bila ada kekurang nyamanan saudara dalam mengikuti acara ini, semua memang keterbatasan kami. Kami mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Kiranya hanya sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan ucapan atau perilaku.

Akhiron, bilahitaufiq Walhidayyah..

Wassalamualaikum warrahmatullohi wabarakatuh