Bahan Ajar Pidato.doc : Bahasa Indonesia

Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Standar Kompetensi : Mendengarkan

Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara .

Kompetensi Dasar: Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khutbah yang didengar .

Indikator: Menyebutkan pokok-pokok dari sambutan/khutbah yang didengar .

Tujuan pembelajaran: Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok dari sambutan/khutbah yang didengar

Materi Pembelajaran : Pidato perpisahan sekolah

Aktivitas pembelajaran:

Menemukan pokok-pokok isi kata sambutan

Petunjuk belajar !

Agar anda dapat menemukan pokok-pokok isi kata sambutan, amatilah petunjuk sebagai berikut .

Perhatikan dengan seksama seorang yang sedang berpidato.

Simaklah apa yang disampaikan pembicara.

Tulislah pokok-pokok isi dari kata sambutan yang disampaikan.

Contoh teks pidato :

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat, bapak Yayasan SD Swasta Nasional

Yang saya hormati, bapak/ibu guru SD Swasta Nasional

Yang saya hormati, bapak/ibu komite sekolah dan tamu-tamu undangan

Serta anak-anak didik yang sangat saya banggakan

Alhamdulillahirobbil Alamin. Segala puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat allah SWT yang telah melimpahkan hidayah Nya kepada kita semua berupa kesehatan dan keselamatn sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini untuk mengikuti acara perpisahan anak-anak kita kelas 6.

Di kesempatan yang indah ini, saya selaku kepala sekolah SD Swasta Nasional merasa bangga dan bahagia atas kelulusan anak-anak kita kelas 6 dengan hasil yang memuaskan. Saya selaku kepala sekolah mewakili seluruh guru-guru SD Swasta Nasional mengucapkan selamat dan sukses untuk anak-anak kita yang sangat kita cintai. Kerjasama kami yaitu para dewan guru dan orang tua wali murid telah membawa kalian berhasil melewati 6 tahun masa pendidikan sekolah dasar ini dengan baik .

Anak-anakku kelas 6 yang berbahagia, jikalau kami memang pernah menasehati dengan keras dan sedikit menghukum kalian, itu semua semata-mata hanyalah karena kami saying kepada kalian. Kami selalu ingin kalian mendapatkan hasil yang terbaik. Usaha dan kerja keras kalian selama ini, jangan sampai ternodai dengan tingkah laku dan perilaku kalian yang kurang baik. Tetapi, kami juga sadar semua itu pastilah hanya karena perilaku kekanak-kanakkan kalian yang wajar. Semoga semua nasehat dan hukuman kami tidak menjadikan kalian kecil hati, patah semangat ataupun membenci kami, jadikanlah semua itu sebagai cambuk untuk menjadi lebih baik lagi dan mengukir prestasi yang lebih tinggi lagi .

Kepada bapak/ibu guru yang saya hormati, secra pribadi saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas semua usaha dan kerja keras bapak/ibu guru dalam membimbing anak-anak kita selama ini. Saya yakin , tidak sedikit dari bapak/ibu guru sekalian yang mengorbankan waktu, usaha, pikiran, bahkan material untuk membimbing anak-anak kita .

Kepada bapak/ibu orang tua wali murid kelas 6, dalam kesempatan ini saya mewakili bapk/ibu guru SD Swasta Nasional, menyerahkan kembali siswa kelas 6 kepada bapak/ibu sekalian. Kami mohon maaf apabila selama 6 tahun kami membimbing dan mendidik putra-putri bapak/ibu, banyak hal yang kurang berkenan dihati bapak/ibu sekalian. Terima kasih atas kerjasama bapak/ibu sekalian selama ini.

Dengan kata pamit dari kami. Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Disusun Oleh :

Fata Ibnu Hajar

Taruna Yudha

Sita Wardani

Juli Hastuti

Widya Agustina Simamora

Suhriani

Hutami Nurul Zahra

Ayu Syah Ramadahani

Rahmaini