Pidato Pendidikan Moral

PIDATO PENDIDIKAN MORAL

Assalamualaikum wr wb,

Yang terhormat kepala sekolah SMPN 2 TAWANGMANGU

Bapak dan ibu guru yang saya hormati, juga tak lupa teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. Saya juga ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertemakan Pentingnya Pendidikan Moral.

Hadirin yang saya hormati, Tentunya kita semua telah memahami bahwa pendidikan adalah bagian terpenting dalam kehidupan kita. Tanpa pendidikan, mustahil kita akan seperti sekarang ini, Perkembangan teknologi dan sarana prasarana yang ada di sekitar kita, mustahil akan ada bila semua itu tidak didukung atau didasari oleh adanya proses pendidikan. Sebuah bangsa dapat dikatakan maju apabila pendidikan di negara tersebut maju disertai pengelolaan SDM dan SDA yang baik untuk kesejahteraan warganya. Begitu pula dengan bangsa Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan bersama oleh berbagai pihak demi memajukan pendidikan Indonesia. Namun demikian, membekali generasi masa depan dengan pendidikan sekolah yang tinggi saja tidaklah cukup untuk melanjutkan daan memajukan kehidupan bangsa kta. Mereka perlu mendapatkan pendidikan moral yang akan membentuk generasi penerus bangsa ini menjadi pribadi yang berakhlak mulia, jujur dan bertanggung jawab tinggi. Dan dengan modal pendidikan moral diharapkan akan membentuk generasi yang dapat memperbaiki kekurangan dan kelemahan bangsa ini.

Kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi akan menjadi tiang dan pondasi keutuhan bangsa Indonesia. Bapa ibu guru beserta teman-teman semua, Kita tentu menyadari bahwa keterpurukan suatu bangsa dapat disebabkan oleh rusaknya moral segelintir warganya. Bisa jadi rusaknya moral disebabkan oleh warga itu sendiri yang tidak dapat mengontrol dirinya sendiri dengan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta. Fakta menunjukkan bahwa generasi penerus bangsa membutuhkan pembinaan moral terutama dari keluarga dan pihak sekolah. Hal ini tercermin dari berita yang mengungkapkan bahwa warung internet yang semakin meyebar mulai dari kota besar hingga pelosok, sebagian besar dikunjungi oleh para pelajar dan mahasiswa, termasuk anak-anak sekolah dasar, menengah pertama, dan siswa sekolah menengah atas.

Namun, ternyata mereka tidak menggunakannya untuk mencari informasi edukatif atau mempelajari hal-hal yang positif, tetapi menggunakannya untuk mendapatkan hal-hal yang negatif, seperti pornografi. Adanya kenyataan tersebut tentu sangat meresahkan banyak pihak, terutama bagi para orang tua dan guru. Fakta lainnya tentang runtuhnya etika kejujuran yang dikhawatirkan akan terus berlanjut, sudah menjadi konsumsi umum yang tak asing untuk kita baca, dengar, dan saksikan, seperti : kasus korupsi, upaya penyuapan, mafia kasus dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita, terutama para orang tua dan para pendidik, untuk memperhatikan pendidikan generasi masa depan bangsa. Tidak hanya pendidikan umum saja, tetapi yang lebih penting pendidikan moral dan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Yang Maha Kuasa agar generasi penerus bangsa ini memiliki budi pekerti luhur, memiliki karakter atau kepribadian yang baik dan kuat, jujur dan bertanggungjawab, dan memiliki idealisme kebangsaan yang tinggi.

Dengan demikian, kemajuan dan kesejahteraan bangsa diharapkan dapat segera terwujud. Hadirin yang saya hormati, Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam penyampaiannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Akhir kata, wassalamualaikum wr wb.