NASKAH PIDATO.docx : PIDATO

NASKAH PIDATO

Assalamualaikum warohmatulohi wabarohatuh

Selamat ……… untuk semuanya

Bapak Kapusbindik Kecamatan Pasirkuda yang saya hormati.

Panitia pelaksanana beserta Dewan Juri yang saya hormati

Ibu dan Bapak Guru yang sempat hadir pada kesempatan ini yang saya hormati.

Juga tak lupa kepada teman-teman senasib dan seperjuangan yang saya cintai dan banggakan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahuwataala, atas semua limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul pada hari ini untuk mengikuti acara festival dan Apresiasi Seni Budaya dan Keterampilan, solawat beserta salam mari kita limpahkan kepada Nabi kita, Habibana wanabiyana Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan mencoba mengisi cabang lomba ini, walaupun sudah saya sadari dalam penyampaian ini sudah barang tentu akan banyak sekali kekurang sempurnaanya, apalagi benar menurut juklak dan juknis yang telah ditentukan. Namun dengan semangat belajar saya ini mudah-mudahan Allah SWT membukakan taufik beserta hidayah kepada kita.

Dewan Juri beserta hadirin yang berbahagia pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah tema MENGHARGAI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA

Indonesia atau lebih dikenal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sebuah negara yang sangat saya cintai. Indonesia dengan daratan dan lautan yang sangat luas, kekayaan alam atau sumber daya alam yang begitu banyak dan banyak lagi kekayaan alam lainnya yang tidak mungkin bisa disebutkan satu persatu dalam waktu yang terbatas ini. Kenapa demikian karena Indonesia berada pada suatu garis yang disebut garis Khatulistiwa, tidak dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya. Salah satunya adalah kaya akan pulau. Pulau yang dimiliki oleh Indonesia , dari pulau kecil hingga pulau besar yang membentang dari sabang sampai merauke. Tiap-tiap propinsi memiliki kebudayaan dan kesenian yang berbeda-beda yang menjadi ciri khasnya. Bentuk kebudayaan dan kesenian itu adalah salah satunya merupakan ragam dan budaya bangsa Indonesia yang perlu kita hargai, hormati, pelajari dan pelihara bahkan perlu kita kembangkan sampai dikenal diseluruh Dunia.

Setiap kebudayaan dan kesenian yang beragam itu yang dimiliki oleh Indonesia merupakan warisan budaya Nusantara sehingga harus dijaga dan dilestarikan. Jika tidak dijaga dan dilestarikan warisan budaya itu lambat laun tentunya akan musnah.

Hadirin yang saya hormati dan banggakan.

Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan dan kesenian yang beraneka ragam. Salah satu contoh diantaranya bentuk bangunan rumah adat atau gedung, kesenian dan tarian, pakaian adat dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan suku bangsa, bahasa dan adat istiadat pun sangatlah berbeda-beda. Namun kesemua itu dirangkum dalam sebuah semboyan bangsa Indonesia yaitu BHINEKA TUNGGAl IKA, coba saya tanya apa maksud atau arti dari Bhineka tunggal Ika itu ? …..

Nah bagus dan terima kasih, bahwa Bhineka tungga Ika mengandung makna bahwa berbeda-beda tetapi satu tujuan , selain itu kita mengenal rumah-rumah adat, tari-tarian dan kesenian.

Coba saya tanya lagi. Kesenian apa yang berasal dari Jawa Barat ? …

Salah satunya adalah Wayang Golek merupakan kesenian dari Jawa Barat juga tari Jaipong yang merupakn kesenian Khas Jawa Barat. Dan daerah-daerah yang lainnya.

Hadirin yang berbahagia dan teman-teman yang saya cintai.

Keragaman budaya Indonesia yang begitu banyak, tanpa dihargai dan dilestarikan oleh bangsanya sendiri tidak mungkin akan kekal dan abadi.

Bahkan kalau dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan dan pelestarian dari semua unsur terutama dari pemerintah maka sudah barang tentu budaya bangsa Indonesia itu akan musnah dan lenyap. Maka dengan demikian sebagai anak bangsa generasi penerus dan semua warga negara Indonesia hargai, jaga, pelihara dan lestarikan. Kebudayaan dan kesenian bangsa Indonesia itu jangan sampai musnah akibat tercampur atau tercemar oleh penganut budaya asing bahkan patut kita jaga, bahkan kebudayaan dan kesenian bangsa Indonesia ini jangan sampai di akui bahkan dijadikan sebagai kebudayaan dan kesenian bangsa Asing atau Luar Negeri. Sebagai bukti yang nyata lainnya, tiap daerah di Nusantara memiliki kebudayaan , adat istiadat lagu daerah dan yang lainnya. Semuanya mempunyai ciri khas yang sudah barang tentu ada persamaan dan perbedaannya. Salah satu contoh persamaan lagu dan alat musik pengiringannya, adanya keragaman budaya lagu dan musik daerah tersebut menjadi kekayaan budaya Nasional.

Dengan demikian sudah sepantasnya kita melestarikan , salah satu caranya yaitu dengan mempelajarinya. Mempelajari budaya, lagu, tari dan musik memiliki manfaat yang penting. Manfaat itu antara lain ;

Menumbuhkan rasa kebangsaan dan persatuan.

Menumbuhkan rasa saling menghargai terhadap budaya dan adat istiadat daerah lain.

Menambah wawasan tentang budaya Indonesia.

Dewan juri serta hadirin yang saya hormati

Barangkali cuma itu yang dapat saya sampaikan , kekurangan, kesalahan dan kelebihannya yang berhubungan denga tema serta ketentuan-ketentuan yang sudah di tentukan dalam bidang ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, juga saran dan pendapatdan kritik sangat kami harapkan.

Untuk itu sekali lagi saya mohon maaf kepada semuanya.

Bilahi taufik walhidayah, warido wal inayah wasalammualaikum warohmatulohi wabarokatuh.