Pidato Bin : BULLDOZER DAN CARA MENGOPERASIKANNYA

BULLDOZER DAN CARA MENGOPERASIKANNYA

Yang terhormat kepada ibu,dan yang saya sayangi teman-teman yang hadir dihadapan saya,assalamualaikum dan selamat pagi

Dipagi yang cerah ini,izinkan saya memberikan pidato dengan judul BULLDOZER DAN CARA MENGOPERASIKANNYA

Di teknik mesin alat berat, bulldozer adalah hal yang sudah lumrah didengar bahkan beberapa orang bisa mengoperasikannya.tapi tidak untuk kalian yang tidak mempelajari atau memahami alat berat lebih dalam.mungkin beberapa dari kalian berpikir, apakah itu semacam banteng? Apakah itu menggigit? Haruskah saya lari sekarang ? tentu saja tidak.itu hanya kendaraan konstruksi (unit) yang biasa digunakan untuk menggali, menarik, ataupun mendorong material. jadi, tanpa basa-basi lagi mari saya jelaskan apa itu bulldozer dan bagaimana cara mengoperasikannya.

Dan,ini dia contoh bulldozer. Tenang saja ini tidak menggigit. Dan juga saya minta maaf karena tidak membawa contoh aslinya karena ukurannya tidak sekecil dompet atau boneka.

Jadi teman-teman,sebelum saya menjelaskan tentang pengoperasiannya,kita harus tahu apasih bulldozer itu? Dan apa saja komponen yang ada pada bulldozer itu sendiri ?

Mari saya jelaskan, bulldozer adalah jenis peralatan konstruksi yang menggunakan trek dan dilengkapi dengan pisau yang berposisi di depan. Bulldozer umumnya digunakan untuk menggali, mendorong dan menarik material (tanah, pasir, dan lain-lain). Istilah Bulldozer ini sering digunakan untuk menggambarkan semua jenis alat berat (excavator, loader, dll) meskipun sebenarnya istilah ini hanya mengacu pada traktor bertrek yang dilengkapi dengan pisau atau blade. Umumnya Bulldozer banyak digunakan dalam pekerjaan pertambangan, terutama untuk pertambangan batubara. Buldoser ini digunakan untuk meratakan tanah, menggali dan menumbangkan pohon-pohon selama proses pembukaan lahan.

Untuk komponen komponen dari bulldozer, saya hanya menjelaskan komponen dasarnya saja, karena jika menjelaskan seluruh komponennya itu tentu akan memakan waktu yang lama.berikut saya jelaskan :

traktor : traktor adalah tubuh buldoser . Ini meliputi kabin di mana kontrol berada. Kontrol dari " tongkat " berbagai ; ini mengontrol kanan dan kiri track , bersama dengan berbagai kontrol serupa lainnya yang mengangkat dan atau mengartikulasikan blade dan ripper .

2. Engine : Buldoser selalu diesel bertenaga tinggi , terutama karena torsi yang diperlukan untuk bergerak melalui medan yang sangat kasar .

3. Trek : Terletak di kedua sisi tubuh bulldozer , trek yang terbuat dari link logam berat yang menciptakan traksi yang kuat . masing-masing trek sangatlah lebar , dan tingginya hamper setengah dari tinggi keseluruhan bulldozer. Dengan trek ini,sebuah Bulldozer bisa bergerak kedepan , keatas , dan dapat melalui semua obstruksi .

4. Blade : blade ini terletak di bagian depan traktor , dan mampu mengangkat naik dan turun melalui lengan hidrolik yang diperintahkan dari dalam kabin .

5. The Ripper : ripper ini sebenarnya sebuah tambahan, tidak semua bulldozer memiliki komponen ini. Nama ripper menjelaskan apa yang dilakukannya , yang adalah untuk menciptakan bekas cakar ditanah sehingga baik untuk menggeburkan tanah . Sistem ini sangat berguna untuk meletakkan pipa panjang dibawah tanah .

Dan teman-teman, berikut adalah cara pengoperasian bulldozer :

1.Tempatkan kunci di kunci kontak dan putar ke kanan untuk menghidupkan mesin . Begitu dimulai , lepaskan tekanan pada tombol untuk memungkinkan untuk mengubah ke posisi run .

2.Cari tuas kontrol transmisi di sisi kiri dari kursi pengemudi . Dorong ke depan untuk melakukan transmisi ke "Forward" dan tarik kembali untuk melibatkan transmisi ke " Reverse" . Sesuaikan dengan throttle tuas kecil hanya di sebelah kiri tuas kontrol transmisi . Tarik tuas ini kembali untuk meningkatkan kecepatan mesin dan mendorong maju untuk mengurangi kecepatan mesin .

3.Sesuaikan gigi transmisi dengan menekan tombol pada tuas kontrol transmisi . Anda akan menemukan satu tombol yang akan meningkatkan gigi mesin dan yang lain akan menguranginya.

4.Kontrol pisau dengan blade control handle , yang terletak di sisi kanan kursi. Dorong pegangan ke depan untuk menurunkan pisau dan tarik ke arah Anda untuk menaikkan pisau . Tarik pegangan ke kanan untuk memiringkan pisau ke kanan dan tarik ke kiri untuk memiringkan pisau ke kiri . Ayunan pisau yang tepat dengan memutar pegangan pisau kontrol ke kanan dan ayunan pisau ditinggalkan dengan memutar pegangan pisau kontrol ke kiri .

Sebagai penutup, bulldozer adalah alat berat yang dioperasikan pada medan yang berlumpur, berbatu, berbukit dan di daerah yang berhutan. Oleh karena itu,sangat disarankan jika yang mengendarai kendaraan ini sudah sangat mengerti tentang prosedur pengoperasian standar atau SOP sehingga pengoperasiannya bisa berjalan dengan baik.

Cukup sekian pidato saya tentang Bulldozer dan Cara Mengoperasikannya .Saya harap dengan pidato saya hari ini kita semua dapat lebih memahami dan mampu mengoperasikan bulldozer dengan baik.

Terima kasih, dan

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Nama: Syariful Anam

Kelas: 2 TM 1

Dosen Pengampu : Patria Rahmawati S.Psi MMPd Psi