TEKS PIDATO : Nama FAJAR PRAMESTI

Nama: FAJAR PRAMESTI

No: 09

Kelas: XII IPA 2

TEKS PIDATO

Assalamualaikum w.w.,

Yang terhormat, Ibu Murtinem selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia,

Yang saya sayangi, teman teman kelas XII IPA 2.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpah rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dengan kondisi sehat wal afiat.

Terlebih dahulu saya mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah meluangkan waktunya untuk datang ke acara ini, selain itu saya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan sehingga saya dapat menyampaikan uraian singkat tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan di Sekolah.

Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup yang berada di dunia ini. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal hal kecil, tetapi sulit dilakukan. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran seorang murid untuk menjaga kebersihan di sekolah sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan, minuman, atau kertas. Padahal tempt sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas serta biasakan memilah sampai sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah sebagai tindakan menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Jenis sampah dibedakan menjadi tiga, yaitu :

Sampah basah, yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk. Contoh dari sampah basah adalah sisa makanan, sayur, buah buahan, sampah kebun dan sampah dapur.

Sampah kering, yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan teruarai secara alamiah. Contoh dari sampah kering adalah kertas, kardus, plastik, karet, kaca, kaleng, dan lain lain.

Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun), yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme. Contoh dari sampah ini adalah bateraim cat, pestisida, dan lain lain.

Jadi, sebaiknya sebelum kita membuang sampah pada tempatnya, kita harus terlebih

dahulu memilah sampah dan membuangnya di tempat yang sesuai. Akan tetapi, permasalahan lain muncul, tempat sampah yang biasa disedikan hanya dua jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering. Tetapi pemisahan sampah basah dan kering tersebut waktu dibuang akhirnya disatukan kembali. Hal ini harus segara ditindak lanjuti oleh sekolah agar dapat terciptanya lingkungan yang bersih.

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan, mudah mudahan bermanfaat. Apabila ada tutur kata dan tingkah laku yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih.

Wasalamualaikum w.w.

loading...