Pidato Ch : Hamdan Wa Sukrolillah, Washolatu Wasalamu Ala

Assalamu alaikum wr. wb.
Hamdan Wa Sukrolillah, Washolatu wasalamu Ala Rosulillah, Amma ba du.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang adab berpakaian.
Allah berfirman di dalam Al Quran yang artinya:

Pakailah pakaian kamu yang baik-baik setiap memasuki masjid, makanlah, minumlah, dan jangan berlebihan.

Dewan juri yang saya hormati.
Di dalam semua hal, adab harus kita junjung tinggi, baik itu adab makan, minum, bahkan berpakaian pun ada adabnya, nah oleh karena itulah agama islam disebut agama yang beradab bukan biadab.
Adab berpakaian di antaranya,

Yang pertama
Kalau kita umpamanya memakai baju, mulailah dengan membaca bismill.. sesudahnya dibaca alkhamdulillahirobbillllalamin.
Dimulakan dengan Bismillah, Disudahi dengan Alhamdulillah
Begitulah sehari dalam hidup kita, Mudah-mudahan dirahmati Allah

Dan yang kedua
Kebersihan harus selalu diperhatikan, ini kadang-kadang sudah satu minggu tidak dicuci-cuci pakaiannya. Itupun memakainya dicampur parfum lima botol, tambah bau, akhirnya orang kalau nyiumnya batuk-batuk, ahi

Dan yang ketiga
Jangan berlebihan, mentang-mentang ayahnya pengusaya sukses, dibelikan baju yang harganya mahal, bahkan giginyapun diganti dengan emas, dan kalau makan itu langsung ditelan kluk.

Nah kemudian yang keempat
Harus sesuai pada tempatnya, ini tidak.
Ada pula sitogar, sudah ganteng dengan pecinya, sudah ganteng tetapi pakai rok mini pula di bawah.
Nah laki-laki tidak boleh memakai pakain perempuan, dan perempuan tidak boleh memakai pakaian laki-laki.

Ada satu cerita ni temen-temen, mau dengar nggak?
Ada seorang anak berkata pada ibunya.
Mak-mak aku mau pakai jilbab mak!
Kau tak boleh pakai jilbab!
Pokoknya aku mau pakai jilbab mak!
Kau tak boleh pakai jilbab, kamu jelek memakai jilbab.
Mak, semua temanku pakai jilbab mak, aku iri mak!
Pokoknya kamu tidak boleh memakai jilbab.
Si Ibupun melapor pada pak Kyai.
Pak Kyai, gawat nih pak Kyai, gawat pak kyai. Anak saya mau pakai jilbab.
Emang kenapa bu kalau pakai jilbab?
Saya melarang dia pak kyai. Soalnya pakai jilbab jelek.
Alangkah besar dosa ibu kalau ibu melarang anak ibu memakai jilbab.
Belum selesai,
Kemudian apa kata si ibu tersebut?
Bukan begitu pak kyai. Sebenarnya nama anak saya itu joko.

Bagaimana kalau laki-laki memakai pakaian perempuan? Apakah cocok? Tidak.
Dan yang terakhir adalah Menutup aurat.
Aurat laki-laki mulai dari pusat sampai lutut.
Aurat perempuan seluruh tubuh, kecuali, muka dan telapak tangan.

Oleh karena itu teman-teman, mari kita junjung tinggi adab, terutama, yang dianjurkan di dalam Al Quran nul karim, yang ditetapkan di dalam agama kita, yaitu agama islam.
Syair mengakatan.

Jilbab-jilbab putih lambang kesucian. Yang bersinar di tengah malam gelap gulita. Di balik jilbabmu ada jiwa yang taqwa. Di balik senyumu tersimpan masa depan cerah.
Terima kasih.

Mungkin hanya inilah yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf.
Wabillahi taofiq wal hidayah, Wassalamu alaikum wr. wb………….

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Salam sejahtera bagi kita semua.

Dewan juri yang saya hormati,

Serta teman-teman yang berbahagia,

Pertama, marilah kita panjatkan puji  syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatNya, kita dapat berkumpul pada kesempatan yang berbahagia ini. Saya akan menyampaikan pidato dengan judul Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca di Lingkungan Sekolah. Dalam pidato ini, saya akan menyampaikan tiga hal, yaitu:

1.  Apa manfaat buku dan perpustakaan sekolah bagi siswa?

2.  Mengapa perpustakaan kurang diminati para generasi muda?, serta

3.  Bagaimana cara mengembangkan sikap cinta terhadap buku dan perpustakaan?

Dewan juri dan teman-teman yang saya hormati,

Pernahkah teman-teman mendengar sebuah slogan yang berbunyi buku adalah jendela dunia? Saya rasa slogan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Saya sangat setuju dengan slogan tersebut. Mengapa? Karena melalui buku, kita dapat mengetahui berbagai tempat yang belum pernah kita kunjungi. Melalui buku pula kita dapat berkenalan dengan tokoh-tokoh dunia yang mungkin belum pernah kita lihat. Dengan membaca buku, orang yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Tidak hanya menambah wawasan, membaca buku juga dapat membuat siapa pun merasa terhibur seperti membaca novel, majalah, atau komik. Jadi, buku dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Hadirin yang berbahagia,

Buku adalah senjata utama bagi siswa yang sedang menuntut ilmu dan mengejar prestasi di sekolah. Seorang anak tidak mungkin menjadi juara kelas jika malas membaca. Oleh karena itu, sikap gemar membaca harus kita tumbuhkan agar selalu dapat berprestasi. Namun sekarang ini siswa sekolah justru lebih senang menonton televisi atau bermain video game daripada membaca buku. Membaca dianggap membosankan. Akibatnya, perpustakaan sekolah selalu sepi pengunjung dan sangat sedikit anak yang meminjam buku-buku pengetahuan. Alasan lain adalah suasana ruang perpustakaan yang kurang nyaman sehingga para siswa malas datang ke sana dan lebih memilih pergi ke kantin atau berkumpul dengan teman-temannya.

Dewan juri dan teman-teman yang saya banggakan,

Menumbuhkan budaya gemar membaca itu memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus berkawan baik dengan buku. Apakah teman-teman mau bangsa kita dikatakan sebagai bangsa yang bodoh karena masyarakatnya malas membaca? Tentu saja tidak, bukan? Maka tugas kita adalah melatih diri agar kegiatan membaca buku menjadi kebiasaan yang baik. Tidak hanya siswa, para guru selayaknya ikut mengarahkan siswa untuk selalu mendatangi perpustakaan dan lebih banyak membaca buku pengetahuan. Pemerintah pun harus memberikan lebih banyak buku ke sekolah-sekolah agar perpustakaan mempunyai koleksi buku yang bervariasi. Hal yang paling penting adalah menumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing anak untuk lebih mencintai buku demi kemajuan bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Kesimpulan dari pidato yang telah saya sampaikan adalah budaya gemar membaca harus ditumbuhkan dalam diri siswa dengan dukungan semua pihak, baik orangtua, guru, maupun pemerintah. Siswa harus melatih diri untuk menyenangi buku dan perpustakaan.

Harapan saya bangsa Indonesia di masa depan dapat menjadi bangsa yang lebih maju karena generasi mudanya membudayakan gemar membaca. Dan untuk teman-teman, mari kita tumbuhkan kesadaran untuk selalu rajin membaca buku karena membaca itu sungguh menyenangkan.

Kiranya cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Terima kasih.

Akhir kata,

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Inilah Contoh Naskah Pidato Perpisahan SD Anda
Dengan judul : Rajin Belajar Gapai Cita-cita

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat siang untuk semuanya.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Para orang tua murid Kelas VI yang saya hormati,
Teman-Teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini. Hari ini, kita berkumpul dalam rangka hari perpisahan sekaligus hari perayaan kelulusan siswa Kelas VI.

Guru-Guru dan Teman-Teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Begitu banyak pelajaran dan pengetahuan yang kami dapatkan. Semuanya itu sangat berguna bagi kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami banyak belajar dari Bapak dan Ibu Guru, saya selaku perwakilan teman-teman Kelas VI mengucapkan terima kasih untuk guru-guru kami tercinta. Semua pelajaran dan nasihat yang kami dapatkan akan selalu kami ingat.

Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama kami bersekolah di sini. Kenanglah kami semua sebagai siswa-siswi yang pernah Bapak dan Ibu ajar.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kami tercinta yang juga hadir pada kesempatan ini. Para orang tua yang selalu memberikan kasih sayang dan dorongannya kepada kami hingga kami dapat lulus dan merayakannya pada hari ini.

Untuk Teman-Teman, semua peristiwa yang kita alami di sekolah ini, senang, sedih, dan bahagia akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini. Setelah lulus, hendaknya kita selalu terdorong untuk tetap rajin belajar untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya sebagai perwakilan teman-teman Kelas VI ingin mengucapkan selamat tinggal pada sekolah kami tercinta. Kami akan selalu mengingat sekolah ini. Sekian dari kami Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.