Teks Pidato : Yth. Bapak/Ibu Dewan Juri

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Bapak/Ibu dewan juri

Yang saya hormati, para Bapak Ibu Guru sekecamatan Boyolangu, serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkah dan karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, dengan harapan mudah-mudahan kita semua mendapat safaatnya besok di Yaumul Kiamah.

Teman-teman yang saya sayangi,

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan tentang Kebersihan Lingkungan.

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua. Maka kita harus menjaga lingkungan sebaik-baiknya agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita bukan kerugian dan bukan bencana bagi kita. Nah, salah satu cara agar lingkungan tidak meberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam mejaga kebersihan lingkungan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan?Arti kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk tempat tinggal manusia, dan di situ juga kesehatan manusia dapat terjaga. Untuk itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia,

Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang ini. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari menjaga kebersihan diri kita sendiri.

Misalnya : kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan. Baik lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah. Dan kita sebagai penghuni sekolah juga terkena dampak yang positif yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi lancar dan nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara:

Membuang sampah di tempatnya, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur, dan pemberantasan sarang nyamuk setiap hari Jumat, dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk Aides Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Kalian semua harus tahu, bahwa kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua.

Betul apa betul?????…

Bagus!!! Untuk itu mari kita selalu menjaga kebersihan lingkungan agar kesehatan kita tetap terjaga.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa di kota Tulungagung tercinta ini, telah beberapa kali memperoleh penghargaan Adipura dari pemerintah, karena kota kita dinilai sebagai kota yang bersih. Maka kita sebagai warga Tulungagung hendaknya ikut berpartisipasi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, agar Adipura di kota kita dapat dipertahankan.

Bagaimana teman-teman, setuju????….

Terima kasih, itulah namanya anak-anak bangsa yang cerdas dan bertanggung jawab. Sesuai moto kota kita yaitu Tulungagung Bersinar

Coba ada yang tahu, singkatan dari apa Bersinar itu?….

Iya betul, Bersih, Sehat, Indah dan Menarik.

Teman-teman yang saya sayangi,

Sebagai penutup, saya sampaikan kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia belum sempurna keimanannya. Ke depan saya juga berharap bahwa kita sebagai umat manusia agar lebih giat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Demikian yang dapat saya sampaikan hari ini, ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum Wr. Wb.