Pidato : PENGARUH TEMULAWAK

PENGARUH TEMULAWAK

TERHADAP HEPATITIS

SKRIPSI

oleh

Diana Panji Sutayani

NIM 072310101011

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

UNIVERSITAS JEMBER

2009

PENGARUH TEMULAWAK

TERHADAP HEPATITIS

SKRIPSI

diajukan untuk melengkapi tugas akhir dan memenuhi salah satu syarat

untuk menyelesaikan Program Studi Ilmu Keperawatan dan

mencapai gelar Sarjana Keperawatan (S. Kep)

oleh

Diana Panji Sutayani

NIM 072310101011

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

UNIVERSITAS JEMBER

2009

PERSEMBAHAN

Skripsi ini saya persembahkan untuk:

Ibunda Khuzaimah dan Ayahanda Khanifan tercinta, yang telah mendoakan dan memberi kasih saying serta pengorbanan selama ini;

guru-guruku sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi terhormat, yang telah memberikan ilmu dan membimbing dengan penuh kesabaran;

Almamater Fakultas Hukum Universitas Jember.

MOTTO

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan

orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

(Terjemahan Surat Al-Mujadalah Ayat 11)*)

atau

Sesungguhnya bentuk-bentuk pemerintahan dan pendidikan sangat bergantung pada pandangan kita tentang manusia. Masalah ini adalah yang paling sulit dan luar biasa pentingnya dewasa, ini, tetapi banyak orang mencari penyelesaian-penyelesaian yang mudah.**)

atau

Tiada usaha yang besar akan berhasil tanpa dimulai dari usaha yang

kecil.***)

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

nama: Diana Panji Sutayani

NIM: 072310101011

menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya ilmiah yang berjudul: " Pengaruh Temulawak Terhadap Hepatitis adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali jika dalam pengutipan substansi disebutkan sumbernya, dan belum pernah diajukan pada institusi mana pun, serta bukan karya jiplakan. Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa adanya tekanan dan paksaan dari pihak mana pun serta bersedia mendapat sanksi akademik jika ternyata di kemudian hari pernyataan ini tidak benar.

Jember, 20 Maret 2009

Diana Panji Sutayani

NIM 072310101011

PENGESAHAN

Skripsi berjudul Pengaruh Temulawak Terhadap Hepatitis telah diuji dan disahkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember pada:

hari: Jumat

tanggal: 20 Maret 2009

tempat: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.

Tim Penguji

Ketua,

Dr. Ir. T. Sutikto, M.Sc.

NIP 131131022

Anggota I,Anggota II,

Ir. Niken Sulistyaningsih, M.S.Ir. Gatot Sukarno, M.P.

NIP 131386657NIP 131403351

Mengesahkan

Dekan,

Prof. Dr. Ir. Endang Budi Trisusilowati, M.S.

Nip 130532982

PRAKATA

Puji syukur ke hadirat Allah SwT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Pemanfaatan tanaman Tapak Dara sebagai tanaman obat tradisional yang multi fungsi. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) pada Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.

Penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada:

Dr. Ir. M. Setyo Poerwoko, M.S., selaku Dosen Pembimbing Utama, Ir. Kacung Hariyono, M.S., Ph.D., selaku Dosen Pembimbing Anggota I, dan Ir. Setiyono, M.P., selaku Dosen Pembimbing Anggota II yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan perhatian dalam penulisan skripsi ini;

Ir. Didik Pudji Restanto, M.S., selaku Dosen Pembimbing Akademik yang telah membimbing selama menjadi mahasiswa;

Bapak Priyadi dan Ibu Purwati sekeluarga yang telah memberikan dorongan dan doanya demi terselesaikannya skripsi ini;

rekan kerjaku Mayang serta temanku Nila, Ria, dan kekasihku Ainur yang telah membantu analisis dan memberi dorongan semangat; dan

semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Penulis juga menerima segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini. Akhirnya penulis berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat.

Jember, Maret 2009

Penulis

*) Departement Agama Republik Indonesia. 1998. Al Quran dan Terjemahannya. Semarang : PT Kumudasmoro Grafindo**) Louis O. Kattsoff dalam Soemergono, S. 1992. Pengantar Filsafat ( Terjemahan, Judul Asli : Element of Philoshofy). Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

***) Joeniarto, 1967 dalam Mulyono, E. 1998. Beberapa Permasalahan Implementasi Konveksi Keanekaragaman Hayati dalam Pengelolaan Taman Nasional Meru Betiri. Tesis magister yang tidak dipublikasikan.