Membuat Teks Pidato

Membuat Teks Pidato

Kerangka pidato

Pembukaan/Pendahuluan

Salam

Salam hormat

Ucapan puji syukur

Tema: Narkoba

Isi

Alasan mengapa kita harus menjauhi narkoba?

Manfaat dari menjauhi narkoba.

Arti penting menjauhi narkoba.

Bagaimana kita menyikapi bahaya narkoba.

Penutup

Simpulan

Harapan

Ucapan terimakasih

Salam penutup

Assalamualaikum WR. WB

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang saya cintai. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmatnya sehingga kita bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang narkoba.

Jumlah pengguna narkoba di Indonesia setiap waktunya semakin hari semakin bertambah, itu dikarenakan penegakan hukum di Indonesia masih sangat lemah. Mengapa kita harus menjauhi narkoba? Narkoba merupakan narkotika dan zat aditif yang bila disalahgunakan akan memberikan dampak yang negatif untuk diri seseorang. Salah satu dampaknya adalah perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya yang semakin merajalela dan semakin meningkat.

Manfaat bila kita bisa menjauhi narkoba maka tubuh kita akan bebas dari segala macam gangguan kesehatan karena narkoba. Apalagi untuk generasi muda seperti kita yang tubuhnya masih bugar, jangan sampai mau dirusak oleh narkoba. Manfaat lainnya dengan kita menjauhi narkoba, kita bisa lebih berprestasi dan tidak dekat dengan kriminalitas dan kekerasan yang semakin merajalela.

Begitu pentingnya kita harus tahu bahaya narkoba, sehingga kita bisa menjauhinya. Bila kita menjauhi narkoba maka pergaulan kita akan sehat, seperti yang sudah saya jelaskan tadi, tanpa narkoba maka kita akan lebih berprestasi lagi.

Narkoba dapat dicegah melalui program-program, misalnya dengan ikut kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, jika kita sudah mengetahui bahaya narkoba, maka kita dapat menyikapi narkoba dengan bijaksana, misalnya bila ada teman atau orang yang tidak dikenal merayu dan menawarkan narkoba, kita bisa menolak secara halus.

Jadi kesimpulan dari pidato saya hari ini adalah narkoba memberikan banyak dampak negatif bagi kehidupan dan dapat menghancurkan prestasi generasi muda. Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang saya cintai, hanya itu yang bisa saya sampaikan. Saya berharap Indonesia dapat bersih dari narkoba dan para pengedarnya. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wabilahitaufik wal hidayah

Wassalamualaikum WR. WB