Lomba Pidato.doc : Korupsi Memalukan Hingga Anak-Cucu

Korupsi Memalukan Hingga Anak-Cucu

Bismillahirrahmannirrahiim

Assalamualaikum wr wb,

Yang saya hormati Bapak/Ibu panitia lomba,

serta para peserta lomba.

Sebelumnya mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat,

Para juri dan teman-teman sekalian, sebelumnya izinkanlah saya memperkenalkan diri, nama saya DITA.

Melalui kesempatan yang baik ini, perkenankan saya menyampaikan pidato yang berjudul Korupsi Memalukan Hingga Anak-Cucu.

Hadirin yang berbahagia,

       Di negeri kita tercinta ini masih sangat banyak pegawai rendahan hingga pejabat tinggi yang melakukan perbuatan memalukan, yaitu korupsi. Pelaku korupsi disebut koruptor. Motif mereka melakukan korupsi bermacam-macam dari yang kelihatan sederhana seperti sekadar mencari tambahan karena merasa penghasilan resmi mereka tidak mencukupi hingga pejabat yang secara sadar berusaha memperkaya diri untuk tujuh turunan. Apapun motif dalam melakukan korupsi, tidak ada yang dapat dibenarkan. Hal yang mengherankan adalah tidak jarang diantara mereka kelihatan tekun dalam beribadah dan mempunyai pengetahuan tentang akhlak yang baik bahkan sering memberi wejangan dalam berbagai kesempatan.

Perbuatan korupsi sebenarnya tidak berbeda dengan perbuatan mencuri atau merampok. Pada dasarnya mereka juga mencuri dan merampok uang negara yang berarti uang rakyat namun mungkin mereka merasa lebih terhormat dan kecil risikonya diamuk massa seperti risiko para pencuri dan perampok jika tertangkap, apalagi jika dilakukan secara sistematis dan bersama-sama pegawai lain. Kalaupun sampai ketahuan dan mendapat sanksi umumnya sangat ringan tidak sebanding dengan kerugian negara dan masyarakat yang diakibatkannya, seperti sekadar dipindahkan ke bagian atau ke kantor cabang lain, atau jika diadili seringkali dihukum ringan atau malah dibebaskan karena tidak terbukti di persidangan, sementara hasil korupsi lebih sering tak kembali kepada negara.

Hadirin sekalian,

Jelaslah perbuatan para koruptor sangat merugikan dalam usaha pemerintah untuk memberi pelayanan dan memperbaiki kesejahteraan sebaik-baiknya kepada masyarakat, ibarat pipa saluran air yang bocor ketika kita menampung air untuk keperluan sehari-hari. Aliran airnya menjadi kecil sehingga kita perlu menunggu lama untuk memenuhi ember atau bak mandi, sementara di tempat yang seharusnya tidak diairi justru menjadi basah.

Selain merugikan negara dan masyarakat, korupsi adalah perbuatan dosa yang boleh jadi lebih besar daripada dosa seorang pembunuh karena akibat dari praktek korupsi  dapat terjadi pengurangan kualitas pelayanan atau kualitas pengerjaan sesuatu, atau memperlambat tempo pelayanan yang secara langsung atau tidak langsung dapat menyebabkan kematian seseorang, misalnya karena keterlambatan dalam pelayanan kesehatan atau pelayanan kepada masyarakat miskin atau kualitas jalan yang cepat rusak membuat risiko terjadinya kecelakaan semakin besar sementara si pelaku tidak merasa menjadi penyebabnya.

Sedemikian "mengguritanya" korupsi di negara kita, hingga Indonesia termasuk ke dalam kelompok negara dengan tingkat korupsi yang parah di dunia. Tentu saja penilaian ini sangat memalukan bukan bagi si koruptor yang umumnya terdiri dari orang-orang bermuka tembok yang tidak tahu malu, tetapi justru bagi anak cucu kita kelak apalagi para koruptor juga melakukan korupsi terhadap dana pinjaman dari negara lain atau lembaga internasional yang tentu harus tetap dikembalikan oleh generasi anak cucu.

Perbuatan yang sangat memalukan itu dapat membuat ketertinggalan, kemelaratan, kebodohan dan banyak akibat negatif lainnya bagi rakyat Indonesia. Semoga dengan pidato ini, mereka yang melakukan korupsi menjadi sadar dan bertobat kepada Allah SWT Sang Pencipta Yang Maha Mengetahui segala perbuatan dan rencana busuk mereka.

Akhirulkata, wassalamualaikum wr wb. 

Tema – Negara Melawan Korupsi

assalamualaikum wr. wb. selamat pagi seluruhnya. sebagai awalan, marilah kita panjatkan puji syukur atas semua nikmat yang dikaruniakan allah swt hingga pada waktu ini kita tetap diberi kesehatan untuk terus bisa melakukan aktivitas. 

Shalawat serta salam kita sanjungkan ke haribaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi mulia, nabi muhammad saw. Beliaulah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. melewati jerih payah, pengorbanan, serta perjuangan beliaulah, kita bisa terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan serta kehinaan. demikianlah halnya, semoga shalawat serta salam terus tercurahkan untuk keluarganya, beberapa teman dekat serta pengikutnya sampai akhir zaman. atas jerih payah, pengorbanan serta keikhlasan merekalah, sinar islam bisa terbit di belahan timur bumi ini, indonesia, tanpa kkn, tanpa pemaksaan serta tanpa penjajahan. 

saya ucapkan terima kasih pada ibu nur setiati yang sudah berikan peluang hingga saya bisa mengemukakan pidato hukum berjudul negara melawan hukum. 

Kata korupsi memanglah telah tidak asing lagi untuk kita. dengan harfiah makna kata korupsi yaitu mengambil atau mengambil hak yang bukan hanya kepunyaannya memanfaatkan jabatan serta dengan sembunyi-sembunyi. banyak masalah korupsi yang berlangsung di negara kita. di antaranya, yakni pada waktu ini masalah korupsi yang gencar diberitakan di media yaitu masalah penggelapan pajak oleh oknum pegawai pajak koruptor yang kita kenal dengan julukan si mafia pajak, gayus tambunan. 

Hadirin yang saya hormati, mengapa di negara kita ini beberapa koruptor mental, keimanan serta kurang tegasnya sanksi yang dapat diterima jadi sebagian alasan untuk sekarang ini, bukti kurang tegas nya hukum perihal koruptor ini 

Bagaimana supaya kondisi tersebut tidak memburuk serta beberapa koruptor di tindak sebagaimana tentunya ? penjara spesial koruptor, penjara spesial koruptor ini yaitu penjara yang tidak berikan sarana serta di jaga oleh orang yang bermental tinggi hingga tidak gampang terperngaruh ucapan beberapa koruptor 

Fungsi pemerintah tentang korupsi yang berlangsung di negara kita semestinya lebih menegaskan seluruh beberapa koruptor di tahan dengan tindakan yang semesinya pemerintah juga mesti lebih di menambah penjagaan supaya tidak berlangsung praktik-praktik korup lagi. sebagian pelajar di sebagian tempat di negara kita mengemukakan usul-usul dari layaknya pemiskinan pada beberapa koruptor serta pemberian ktp spesial koruptor serta penegasan kembali pada beberapa koruptor 

Hadirin yang saya hormati, negara kita tidak membutuhkan orang yang cuma mempunyai kepintaran saja tetapi orang yang mempunyai kejujuran serta bila kepribadian yang besar hingga tidak gampang dipengaruhi orang lain semestinya kita mementingkan mutu bukan hanya jumlah terlampau beberapa orang yang pandai namun cuma segelintir orang yang mempunyai kejujuran 

Generasi anak bangsa negara yang baik mesti lah di didik dengan baik serta tidak terlampau mementingkan iq namun emotional serta spiritual yang tinggi hingga tidak lahir koruptor-koruptor di periode yang akan tiba 

Aksi untuk melawan korupsi mesti di tangani dengan serius dikarenakan kita seluruh menginginkan korupsi dapat terkikis lenyap dari negara kita. karenanya kita mesti berbarengan melawan korupsi untuk pelajar studi di tingkatkan sikap di perbaharui supaya jadi generasi yang tambah baik dari saat ini 

sekian serta terimakasih mohon maaf bila ada kekeliruan kata wr. wb.

PIDATO KIBARKAN CITA-CITA SETINGGI LANGIT

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Yang terhormat Dewan Juri

Dan peserta lomba yang berbahagia.

Marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Taala yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul dalam acara Lomba Pidato menyambut Hari Anak Nasional tahun 2015.

Sholawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad sholallohu alaihi wa sallam yang kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.

Dewan Juri dan Peserta Lomba yang Berbahagia

Perkenankanlah saya pada kesempatan kali ini menyampaikan uraian pidato yang bertema Kibarkan Cita-cita Setinggi Langit.

Teman-teman yang berbahagia.

Apakah teman-teman memiliki cita-cita? Aku juga punya cita-cita tentunya. Cita-citaku ingin menjadi guru. Karena aku ingin mencerdaskan anak-anak bangsa. Dan aku juga ingin berguna bagi nusa dan bangsa. Tentunya kita sebagai pelajar tahu apa yang harus dilakukan untuk menggapai cita-cita, yakni belajar dengan giat.

Kita harus belajar dengan giat karena kita merupakan generasi penerus bagi bangsa dan negara indonesia yang kita cintai. Kita yang akan membangun Indonesia menjadi negara yang hebat. Setuju???!!!

Bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi. Bagi orang yang menganggap cita-cita itu adalah tujuan hidup, maka cita-cita itu akan dijadikan penyemangat untuk terus maju. Namun bagi orang-orang yang mengangap cita-cita itu hanyalah mimpi maka cita-cita itu tak lebih dari khayalan. Kalau kita sibuk berkhayal, memangnya kita bisa meraih cita-cita yang kita inginkan?

Teman-teman, cita-cita itu harus diusahakan. Cita-cita itu tidak bisa kita peroleh hanya dengan duduk dan bermalas malasan. Cita-cita setinggi apapun kalau kita tidak sungguh-sungguh untuk menggapainya maka cita-cita itu hanya sebatas mimpi. Marilah rekan-rekanku kita belajar giat agar menjadi generasi yang berilmu.

Selain itu, mulai sekarang kita tidak boleh ragu-ragu atau bahkan malu dalam memilih cita-cita, karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha dan bekerja keras. Jika tidak bisa menentukan cita-cita, maka bercita-citalah untuk menjadi orang yang berguna dan dicintai orang banyak. Tapi jangan lupa dengan cita-cita setelah kita mati nanti yaitu masuk surga. Masuk surga pun harus kita perjuangkan selama kita hidup di dunia karena hidup kita pada dasarnya adalah untuk ibadah dan merupakan ujian Allah kepada kita. Kita mati tidak membawa apa-apa selain amal ibadah kita.

Demikianlah uraian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga memberikan manfaat. Kurang lebihnya saya memohon maaf.

Bilahi Taufik Wal Hidayah Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Memperkuat Kesetiakawanan di Sekolah

Assalamualaikum, wr wb

Dewan juri yang saya hormati

Hadirin, dan teman-teman yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat hadir di tempat ini,  dalam keadaan sehat walafiat.
Dewan juri yang saya hormati, pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema Memperkuat Kesetiakawanan di Sekolah.
Dalam kehidupan sehari-hari kita hidup bersama orang lain. Kita tidak dapat memenuhi sendiri kebutuhan kita, tanpa bantuan orang lain. Didalam keluarga, ayah tidak bisa mengurus sendiri kebutuhan keluarga, ayah dibantu ibu, anak, dan keluarga dekat lainnya. Kita saling membantu dan saling bergantung satu sama lain. Demikian pula dalam lingkungan sekolah. Sekolah bukan sekedar tempat untuk mencari ilmu pengetahuan, tetapi sekolah juga tempat kita memperoleh banyak teman dan untuk membentuk kepribadian. Di sekolah kita selalu diajarkan  untuk berbuat baik seperti: jujur, disiplin, sopan-santun, suka menolong, rukun dan setia kawan. Setia kawan adalah perasaan ingin membantu orang lain. 

Teman-teman yang berbahagia, 

Tuhan menciptakan manusia tidak sama. Ada yang kaya dan  miskin. Ada yang pandai dan ada yang bodoh, namun kita tidak boleh membeda-bedakan teman. Perbedaan bukanlah halangan untuk menjalin persahabatan dengan teman. Hubungan persahabatan yang tulus dapat menumbuhkan semangat untuk memperkuat kesetiakawanan. Dilingkungan sekolah banyak kegiatan yang bisa kita laksanakan untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan. Contoh: Piket kelas, program siswa asuh sebaya, dan belajar kelompok. Regu piket terdiri dari empat atau lima orang anak, kita harus datang lebih awal jika mendapat giliran piket, kita melaksanakan piket secara bersama-sama, ada yang menyapu lantai, membersihkan meja dan kursi, menghapus papan tulis, dan membuang sampah. Tugas piket harus dikerjakan dengan senang hati, meskipun ada salah satu teman regu piket yang  tidak hadir, tugas harus tetap dikerjakan, karena tugas piket adalah tanggung jawab bersama. Di dalam program siswa asuh sebaya kita dilatih untuk peduli terhadap  teman-teman yang kurang mampu dengan cara menyisihkan sedikit uang saku untuk dimasukkan ke kotak amal. Dengan program siswa asuh sebaya, secara tidak langsung kita dapat membantu meringankan beban teman. Dalam kegiatan belajar di kelas biasanya dibentuk kelompok-kelompok  untuk menyelesaikan tugas dari guru. Belajar kelompok sangat menyenangkan, dan banyak manfaatnya, kita bisa membantu teman yang mengalami kesulitan belajar, belajar menghargai pendapat teman, memecahkan masalah bersama,  memupuk kekompakan anggota, dan saling tukar pendapat. Kekompakan dalam bekerja sama sangat diperlukan untuk memperkuat rasa kesetiakawanan, jika terjadi perpecahan dalam kelompok maka akan sulit mencapai tujuan  bersama.

Dewan juri, hadirin, dan teman-teman yang berbahagia,
Selain contoh-contoh yang saya sampaikan,  masih banyak kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan untuk memperkuat kesetiakawanan di sekolah. Manfaat yang kita peroleh dari kesetiakawanan adalah: kita dapat membantu teman, gotong royong, menciptakan kerukunan, dan belajar menjadi menyenangkan. Siapapun yang berbuat baik pasti akan mendapatkan kebaikan dari perbuatannya itu. Begitu juga kalau kita setia kawan maka kita akan mendapatkan banyak teman. Semoga  kita dapat lebih meningkatkan rasa syukur dan selalu berbuat baik dengan orang-orang di sekitar kita.  

Wassalamualaikum, wr. Wb.