KUMPULAN PIDATO.docx : 1.Contoh Pidato Singkat Tentang

Contoh pidato singkat tentang pendidikan

10:59 AM

Pidato singkat dengan tema pendidikan! Sebenarnya saya sudah menulisnya kemarin, dari contoh pidato singkat dengan tema pendidikan yang saya tulis kemarin rata-rata banyak komentar yang mengatakan "terlalu panjang" sehingga saya memutuskan untuk membuat contoh pidato yang baru dengan harapan lebih singkat dari yang kemarin saya buat. Jika anda tertarik untuk melihat contoh pidato singkat yang sebelumnya silakan baca disini.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan aset bangsa yang sangat penting, bahkan ketika seorang jenderal pertempuran mengebom suatu daerah tertentu dalam suatu negara dia mengatakan "Berapa Guru yang masih hidup?". Taukah anda mengapa jenderal tersebut mengatakan hal demikian? Itu karena bangkitnya suatu daerah (negara) diawali dari guru, Guru yang mendidik mereka sehingga memiliki kecerdasan dan membuka pikiran-pikiran baru yang mungkin belum pernah terlintas dalam benak mereka. Tanpa berlama-lama, berikut ini merupakan sebuah pidato dengan tema pendidikan:

Assalamualaikum wr wb
Kepada Bapak kepala sekolah yang saya Hormati
Bapak dan Ibu guru pembimbing yang saya hormati
Dan tak lupa semua teman-teman yang saya cintai
Selamat pagi dan salam kesejahteraan untuk kita semua

Pertamanya marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat serta karunianya kita masih diberi kesempatan untuk bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Pendidikan, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan pendidikan itu? Mengapa pendidikan itu penting dan mengapa kita harus mengupayakannya? Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan dalam rencana untuk menciptakan proses pembelajaran supaya peserta didik mampu secara aktif dapat mengembangkan potensi dalam dirinya, meningkatkan kecerdasan, memperkuat siritual keagamaan, mengendalikan diri serta menjadi manusia yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia.

Memberikan pendidikan kepada seorang anak tidak harus menunggunya tumbuh dewasa dan memasukkannya kedalam sekolah.

Pendidikan dapat diberikan kepada anak mulai dari ia bayi sampai akhirnya diteruskan melalui lembaga pendidikan yang disebut dengan sekolah.

Semua hadirin yang saya hormati, marilah kita sejenak menengok ke belakang tentang sejarah bangsa kita ini. Para pembela nama baik bangsa seperti Ir. Soekarno, Muh. Hatta, Habbibie, bukankah mereka semua pernah membuat bangsa kita ini harum? Pernahkah kita berfikir apa yang membuat mereka bisa melakukan hal tersebut. Misalnya saja saya ambil contoh, mengapa Bapak Habbibie bisa membuat pesawat? Tentunya jawabannya ada didepan mata, yakni mereka semua merupakan manusia yang berpendidikan.

Jika kita ingin kembali mengharumkan nama bangsa ini, jika kita ingin menjadikan bangsa ini di segani dikancah dunia, jika kita ingin bangsa kita kembali mengaung menjadi penguasa dikancah Asia maka jalan yang harus ditempuh sudah pasti yakni meningkatkan kualitas pendidikan yang ada.

Tentunya saya mengajak teman-teman semua, marilah tingkatkan belajar, berhenti bermanin-main, mulai serius dalam pendidikan dan kita akan tunjukkan pada dunia bahwa kita merupakan bangsa yang besar, bangsa yang cerdas, bangsa yang tidak mudah untuk di kendalikan oleh bangsa lain, bangsa yang memegang perekonomian dunia. Kita akan tunjukkan bahwa Indonesia yang kita cintai ini merupakan bangsa yang sangat unggul dalam teknologi, baik dalam perekonomian dan sejahtera dalam kehidupan. Dengan pendidikan dan dibarengi dengan semangat juang para pahlawan serta usaha dan doa, kita bisa. Bung Karno pernah mengatakan "Beri aku sepuluh pemuda yang mencintai bangsanya, akan ku goncangkan dunia".

Sekian pidato dari saya, jika terdapat banyak kesalahan itu dari saya pribadi namun jika terdapat manfaatnya itu karena Allah. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr wb

Nah demikianlah contoh pidato dengan tema pendidikan yang dapat saya bagikan melalui blog ini, semoga membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Tak lupa saya juga meminta maaf jika terdapat kesalahan ketik atau kalimat yang menyinggung perasaan anda.  Baca juga contoh pidato singkat dengan tema pendidikan yang sudah saya buat sebelumnya disini.

Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan – Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa adanya pendidikan mungkin kita tidak pernah mempunyai ilmu pengetahuan, membaca, menulis dan masih banyak lagi yang tidak kita ketahui.

Mengingat betapa pentingnya arti pendidikan, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh pidato singkat tentang pendidikan. Semoga bermanfaat dan selamat membaca..

____________________________________

Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan :

Pembukaan Pidato :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Isi Pidato :

Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Penutup Pidato :

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridhai Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

__________________________________

Semoga Contoh pidato singkat tentang pendidikan diatas bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari naskah pidato tentang pendidikan. Tetap bersemangat dalam menuntut ilmu dan jangan lupa terus belajar dan belajar.

Contoh Naskah Pidato Tema Ekonomi

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas karunia dan rahmatnya kita dapat berkumpul bersama disini dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa sholawat dan salam kita haturkan kepada panutan junjungan alam Nabi Muhammad SAW.

Pak Endang yang saya hormati dan teman-teman sekelas saya yang saya banggakan. Sebelumnya saya menyucapkan terima kasih banyak kepada semua yang telah memberikan saya kesempatan untuk berdiri di sini menyampaikan pidato saya.

Hadirin yang saya hormati.

Masih ingatkah kita sekitar 15 tahun lalu, ketika Bank Dunia mengumumkan dalam pernyataan resminya, bahwa Indonesia akan menjadi 5 besar negara dengan perekonomian terkuat di dunia?

Akan tetapi, apa yang diumumkan Bank Dunia dalam pernyataan resminya itu terbukti tidak terwujud. Tak sampai setahun setelah itu, perekonomian nasional malah oleh terpukul krisis dahsyat.

Maka, tahun ini pemerintah dalam mengelola perekonomian tidak lagi hanya sebatas menjaga daya tahan ekonomi nasional dari krisis, tetapi lebih memperkuat fundamentalnya di tengah dinamika ekonomi global yang semakin kompleks.

keseimbangan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Indonesia termasuk kelompok terbaik di Asia Pasifik. akan tetapi daya serap terhadap anggaran yang belum memuaskan perlu terus ditingkatkan.

Jika pemerintahan mampu mendorong kabinetnya untuk memanfaatkan anggaran secara optimal, tentu akan lebih efektif dalam menciptakan lapangan kerja.

dan jika pemerintahan mampu mengatasi isu subsidi bahan bakar minyak dengan efektif apalagi bisa menghapus subsidi dengan pilihan lain yang lebih tepat sasaran, resiko di masa depan bisa diminimalisir lagi. Jika subsidi terus dipertahankan, hal ini akan menjadi faktor yang dianggap sebagai "bom waktu" yang dinilai sebagai risiko potensial bagi stabilitas ekonomi di masa mendatang.

Hadirin yang saya hormati.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga ini semua bermanfaat bagi kita semua. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatiannya dan mohon maaaf bila ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan di hati karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahan datangnya dari saya.

wassalamua’alaikum wr.wb

Pidato Tema Ekonomi yang lainnya :

Pidato Tema Ekonomi Di Indonesia

Teks pidato

Selamat siang..

Yang terhormat Pak Agus selaku guru bahasa Indonesia dan teman-teman sekalian.

Assalamualaikum wr. Wb

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada anda semua atas waktu yang telah disempatkan untuk mendengarkan singkat saya ini.

Tema yang akan saya sampaikan hari ini adalah tentang globalisasi di bidang ekonomi beserta penyebab dan dampaknya.

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusiapun semakin bertambah. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut,setiap negara melakukan kerjasama baik dalam bentuk bilateral, regional, maupun internasional. Contoh keuntungan yang dapat diperoleh dari globalisasi ini antara lain pedagang dalam negeri dapat mengekspor barang dagangannya ke luar negeri sehingga keuntungan yang diperoleh pun lebih banyak dan juga menambah devisa negara. Namun, dibalik berbagai keuntungan yang didapat, ada pula kerugiannya, seperti perusahaan-perusahaan kecil yang mati karena ketatnya persaingan, dan juga banyaknya rakyat menjadi pengangguran atau sekedar menjadi buruh karena perusahaan lebih mencari tenaga kerja asing yang lebih berpengalaman.

Oleh karena itu, agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar globalisasi tetapi juga menjadi pelaku globalisasi maka perlu diadakan pembenahan baik dibidang teknologi, pendidikan,dll supaya menghasilkan tenaga kerja yang lebih baik dan berkualitas.

Sekian pidato singkat dari saya. Apabila ada kesalahan kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr. wb

Contoh Pidato Tentang Ekonomi Di Indonesia Contoh Pidato Tentang Ekonomi Di Indonesia Assalaamualaikum warahmatullaahi wa barakaatuh Yang terhormat Bapak / Ibu Guru Yang saya banggakan teman teman semua Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua Pertama tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaah sehat tanpa suatu kekurangan apapun. Bapak / Ibu Guru dan teman teman semua, pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya mengajak Bapak / Ibu Guru serta teman teman semua untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas kita dengan baik pula. Bapa Guru dan teman-teman semua, saya berdiri didepan kelas ini karena disini saya akan membacakan sebuah pidato yang bertema Ekonomi Indonesia. Ekonomi Indonesia Ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi rakyat banyak . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya. Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat Dari rakyat, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya. Oleh rakyat, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya. Untuk rakyat, berarti rakyat banyak merupakan beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat. Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan dengan siapa saja, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan non-ekonomi-rakyat. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (rule of the game) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya. Dapat dinyatakan bahwa ekonomi Indonesia sebenarnya adalah berbasis ekonomi rakyat. Ekonomi rakyat (banyak) mencakup 99 % dari total jumlah unit usaha (business entity), menyediakan sekitar 80 % kesempatan kerja, melakukan lebih dari 65 % kegiatan distribusi, dan melakukan kegiatan produksi bagi sekitar 55 % produk dan jasa yang dibutuhkan masyarakat, 60 % diantaranya berada di daerah pedesaan, 65 % berusaha dibidang pertanian dan kegiatan lain yang terkait, dan menjadi basis dari 63 % konsumsi domestik, serta tersebar merata diseluruh wilayah Indonesia. Mungkin hanya ini pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf karena saya pun hanya manusia biasa yang pasti punya kekurangan ataupun kesalahan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Home Bahasa Indonesia Contoh Naskah Pidato Contoh Pidato Contoh Naskah Pidato tentang Kesenian dan Kebudayaan

Bahasa Indonesia Contoh Naskah Pidato Contoh Pidato

Contoh Naskah Pidato tentang Kesenian dan Kebudayaan

Contoh Naskah Pidato tentang Kesenian dan Kebudayaan | Contoh naskah pidato yang ber topik kesenian dan kebudayaan – Setiap bangsa pastinya memiliki sebuah budaya yang pada akhirnya dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Indonesia merupakan sebuah Negara yang besar dan sangat kaya akan budaya dan sejarah. Indonesia juga termasuk salah satu negara yang begitu erat dengan kesenian, kreativitas, tari, musik, tari, kreativitas,dan masih banyak lagi yang lain.

Pada artikel yang saya bagi saat ini saya akan menulis tentang contoh naskah pidato untuk tema seputar kesenian dan budaya. Berikut Naskah Pidato yang bertemakn Kebudayaan dan Kesenian.

Assalamu’alikum Wr. Wb.

Pertama tama marilah kita senatntiasa selalu bersyukur kehadirat Allah SWT. yang mana Ia telah melimpahkan segenap rahmat-Nya dan juga hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga, pada waktu dan kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini kita semua masih terus bisa berkumpul di sebuah majlis yang Insya’allah barokah ini,

Selanjutnya shalawat serta salam kita rcurahkan kepada junjungan kita yakni Nabi kita Muhammad SAW. Yang mana Ia telah memberikan kepada kita tuntunan sehingga kita bisa selalu menjadi umat yang Insya’allah di ridhoi,

Yang saya hormati bapak/ibu…

Serta yang saya muliakan hadirin sekalian .!

Sebelum saya memulai pidato ini, Sekali lagi saya ingi mengucapkan banyak terima kasih kepada saudara saudara, dikarenakan sudah diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato singkat yang bertemakan seni dan budaya ini :

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Kita sebagai seorang warga yang menyukai tanah kelahirannya dan juga sebagai warga dari bangsa yang kita cintai ini. Untuk itu, melindungi apa apa yang sudah diwariskan oleh para leluhur kita merupakan hal yang sepatutnya bisa kita lindungi. Termasuk diantaranya adalah seni dan juga budaya. Kita akan berada pada posisi yang sangat salah apa bila kita sebagai warga pribumi malah mencemooh apa – apa yang sudah di wariskan oleh para leluhur kita. Apa lagi jika kita terus membanggakan kebudayaan yang dimiliki oleh negara lain dan malah membiarkan kebudayaan yang kita punya hilang dicuri orang.

Hadirin sekalian yang saya muliakan.

Barangkali akan terus menempel di dalam ingatan kita disaat di antara kesenian yang kita punya dan sudah jelas – jelas merupakan warisan budaya bangsa kita, malah dicatut oleh bangsa lain ? Bagaimana reaksi kita ? Apa kita hiraukan ? atau mungkin ada beberapa dari saudara – saudara hanya diam serta terus memperhatikannya melalui sebuah berita tanpa bisa melakukan apa-apa… Namun untung masih tetap ada beberapa orang yang tetap hiraukan akan masalah itu.

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Begitu banyaknya kesenian dan juga kebudayaan yang kita miliki. tentunya bisa kita pikirkan, bahwa begitu luasnya negara kita ini, yang diisi dengan beragam suku dan hampir tiap – tiap suku itu memiliki kebudayaan dan kesenian yang berbeda.

Saudara-saudara yang saya hormati.

Untuk itu, sebelum nantinya kita akan menyesal karena sudah mengabaiknnya, ada baiknya mari kita terus menjaga seluruh warisan leluhur kita itu, jangan sempat pula kita cuma menjadi pemirsa dari kebudayaan sendiri. Namun, marilah kita semua ikut bertindak saat dan untuk menjaga serta melestarikannya. Melalui partisipasi dari seluruh pihak, serta ditunjang dengan pandangan pandangan pada vision serta kedewesaan penduduk didalam berpikir bahwa mereka memiliki keperluan yang lebih terhadap seni da juga budaya. Semoga Allah SWT merahmati kita semua.

Demikianlah pidato singkat ini, maaf apabila ada kesalah dalm penyampaian saya akhiri wassalam

 

Menumbuhkan sifat sabar tentu bukanlah hal yang mudah, selain kita mesti menguasai hawa nafsu kita, kita pun harus menguasai pikiran dan jiwa kita. Mengingat pentingnya kesabaran bagi seorang muslim, berikut di bawah ini melalui contoh pidato agama Islam tentang kesabaran akan kita bahas tuntang cara menumbuhkembangkan sifat sabar di dalam diri kita. Silahkan anda mengunjungi halaman artikel contoh pidato hari guru bagi anda yang membutuhkan.

Assalamu’alaikum Wr. Wb

(Pilih muqaddimah Pidato yang anda sukai)

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan saudara-saudara sekalian yang saya hormati
Pertama kali, marilah kita memanjatkan puji syukur yang tiada terhingga kepada Allah SWT. Karena Dia telah memberi kita karunia dan nikmat yang sangat besar yaitu umur yang panjang, kesehatan yang baik, dan kesempatan yang luang sehingga kita semua bisa menghadiri acara ………………………

Tanpa ijin dari Allah tak mungkin kita bisa hadir dan bermuwajahah di tempat ini.

Kedua kalinya, semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap di limpahkan Allah kepada panutan kita semua, yakni Rasulullah saw, berikut para keluarganya, para sahabatnya,  para ulama-ulama dan segenap pengikutnya, umat Islam sekalian. Amin

Para Bapak, Ibu dan saudara-saudara sekalian.
Seorang muslim harus memiliki ahlak kenabian, yaitu akhlakul karimah. Selama kita tidak mempunyai budi pekerti yang baik, maka belumlah dikatakan beriman. Salah satu dari sekian banyak akhlakul karimah adalah sabar. Karena sabar adalah ciri orang yang mukmin.

Sabar merupakan kekuatan dan daya positif yang mendorong jiwa untuk menunaikan kewajiban. Di samping itu, sabar adalah suatu kekuatan yang mampu menghalangi seseorang dalam melakukan kemaksiatan.

Rasulullah saw. bersabda, "Sabar adalah cahaya," artinya bahwa kesabaran itu merupakan hidayah yang datang dari Allah. Yakni sebuah penerang yang membimbing seseorang untuk dapat mengenal Tuhan dan rasulNya, serta mengetahui maupun mengamalkan ajaran-ajaranNya, perintah-perintahNya dan menjauhi semua laranganNya. Oleh karena itu seseorang yang tetap tegak bertahan sehingga dapat menundukan dorongan hawa nafsu secara terus menerus, maka ia termasuk orang yang sabar.

Sayidina Ali bin Abu Thaiib pernah berpesan, "Seseorang tidak boleh takut kecuali kepada dosanya, tidak boleh berharap kecuali kepada Tuhannya. Jika belajar tidak boleh malu seandainya ia tidak tahu. Tidak boleh malu menyatakan "aku tidak bisa". Dan ketahuilah bahwa sabar dalam menghadapi segala masalah seperti kepala di badan, lalu jika kepala itu terlepas dari badannya, maka rusaklah badan tersebut. Demikian juga jika sabar lepas dari suatu urusan, maka rusaklah urusan itu."

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan saudara-saudara yang dirahmati Allah.
Untuk mengukur sejauh mana kadar keimanan dan kesabaran seseorang, maka Allah lalu melimpahkan suatu ujian. Hanya saja ujian tersebut ada yang ringan dan ada yang berat.

Ujian atau cobaan itu adakalanya berupa kenikmatan, misalnya harta benda, jabatan dan sebagainya. Ada pula dalam bentuk yang tidak menyenangkan, seperti musibah dan penderitaan. Terhadap ujian itu, baik yang mengandung kenikmatan atau musibah, maka sifat sabar adalah sesuatu yang dapat menjadikan penawar. Sabar akan memancarkan sinar yang memelihara seseorang sehingga ia tidak jatuh kepada kekufuran. Sebab banyak kasus, orang yang ditimpa musibah kemudian imannya menjadi lemah lalu kufur (murtad). Karena itulah, sebagai seorang muslim kita wajib meneguhkan hati dalam menghadapi cobaan dari Allah. Marilah kita hadapi semua itu dengan tenang dan sabar. Dalam masalah ini, menyadari bahwa Allah Maha Kuasa dan Maha Rahman akan dapat menumbuhkan sifat sabar di dalam hati. Tanamkan suatu keyakinan bahwa Allah yang memberi ujian kepada kita dan Allah juga yang memberi Rahmat. Setiap kesulitan dan cobaan hidup, apapun bentuknya, adalah datang dari Allah. Sekali-kali manusia tidak dapat menolak dan tidak pula dapat memaksa agar Allah memberi rahmatNya.

Para hadirin rahimakumullah.
Dalam Al-Qur’an diterangkan bahwa Allah berfirman:

Artinya:
Katakanlah: "Siapakah yang dapat melindungi kamu dari (takdir) Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?" Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah. (Al-Ahzab ayat 17)

Orang yang mampu belajar dalam menghadapi ujian atau cobaan, maka derajat kemuliaanya akan ditinggikan oleh Allah. Sabar yang dimaksudkan ialah bertahan pada iman dan tidak mengeluh dalam merasakan cobaan yang tidak menyenangkan itu.

Diriwayatkan bahwa seorang sahabat bernama Khabab sedang menghadapi cobaan. Ia mendatangi Rasulullah, yang ketika itu duduk bersandar surban di bawah naungan Ka’bah. Kepada Rasulullah. Khabab mengeluh dan menceritakan tentang hidupnya yang selalu menderita. Bertubi-tubi musibah telah menimpanya.

Katanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasul, doakanlah agar Allah menolong kami sehingga kami terlepas dari ujian hidup!"
Rasulullah menjawab, "Perlu engkau ketahui wahai Khabab, bahwa dijaman dahulu, yaitu jamannya umat sebelum kita, terkadang mereka disiksa dengan cara tubuhnya ditanam di dalam liang atau dibelah dengan gergaji. Meskipun demikian, mereka tetap memegang teguh agamanya dan tidak merubah pendiriannya sedikitpun."

Rasulullah saw. kemudian mengemukakan firman Allah:

Artinya:
"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raajiuun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al-Baqarah Ayat: 155 – 157)

Jika cobaan atau ujian hidup dihadapi dengan sabar, ikhlas, tidak berkeluh kesah, tetapi berikhtiar mencari jalan pemecahannya secara baik, maka Allah pasti memudahkan bagi kita dalam urusan ini. Disamping dapat memcahkan masalah yang kita hadapi, tentu Allah akan memudahkan bagi kita terhadap masalah hisab. Allah akan memberi pahala, memberkati kehidupan sehingga timbangan amal pahala kita lebih berat dibanding dengan dosa kita. Jadi jika seseorang itu mampu menghadapi ujian dengan sabar dan ikhlas, maka ia termasuk orang yang tulus dalam menempuh ujian itu. Jika tidak sabar, berarti ia gagal dan masuk dalam golongan orang yang berputus asa.

Para hadirin rahimakumullah,
Banyak orang beranggapan bahwa kesabaran itu berarti merendahkan diri dan menyerahkan kepada keadaan begitu saja. Kesabaran berarti membiarkan diri hanyut dalam kondisi atau menghentikan usaha tanpa berusaha mencari jalan keluarnya, tanpa mau memperbaiki dan melakukan usaha.

Sebenarnya anggapan seperti itu tidaklah benar. Sabar yang dimaksud oleh agama adalah Ikhlas dalam menghadapi cobaan atau ujian dengan cara baik, berusaha mencari jalan keluar yaitu ihktiar, dan tetap bertahan untuk teguh dalam iman serta tidak berkurang amal shalih yang dijalankan.

Demikianlah akhlakul karimah berupa kesabaran yang harus kita tanamkan dalam jiwa ini. Agar kita melatihnya setiap saat dalam pergaulan sehari-hari. Jika kita menjadi orang yang sabar, Insya Allah akan disukai orang lain di tengah-tengah masyarakat.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini. Jika ada kesalahan, maka hal itu karena khilaf dan kebodohan ilmu saya. Mohon maaf atas segala kekuarangnya.

Bilahit taufiq wal hidayah. wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuhu.

Pidato Agama Singkat : Menyambut Bulan Suci Ramadhan

0

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Puja dan puji syukur hanya kita panjatkan kepada Allah Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih mendapat kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita bisa berkumpul di masjid yang penuh dengan ketentraman ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta dalam semoga tetap tercurahkan kepada jun-jungan Nabi Muhammad Saw. karena beliaulah sebagai suri tauladan dalam kehidupan dunia ini. Mudah-mudahan kita tergolong umatnya yang setia akan mengikuti segala aktifitasnya.

Kaum muslimah dan muslimat yang berbahagia

Kita berkumpul di masjid ini adalah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadlan, kalau tidak salah lima hari lagi bulan suci kunjung tiba, karena itu marilah kita sambut, kita songsong dengan penuh gembira agar kita memasuki bulan tersebut secara ikhlas dalam melaksanakan ibadah kepada Allah Swt. Bagi umat beriman dengan datangnya bulan suci Ramadlan merupakan arti tersendiri, karena bulan tersebut penuh dengan rahmat, maghfiroh, dan juga pembebasan dari api neraka.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Bila kita hidup dalam bulan dan mau menjalankan perintah Allah, baik. yang wajib maupun yang sunnat dengan ikhlas semata-mata mencari ridla Allah Swt, berarti keberuntungan yang sangat yakni berupa pahala sebagai bekal di akhirat kelak. Di bulan Ramadlan kita diperintah untuk melaksanakan puasa Ramadlan, man puasa tersebut kita laksanakan dengan dasar iman, agar tergolong orang-orang yang benar-benar taqwa kepada Allah Swt. Mari malam harinya kita gunakan dengan melaksanakan shalat taroweh, baik secara berjamaah, maupun secara sendirian. Ketahuilah bahwasannya segala amalan yang baik dikerjakan di bulan Ramadlan, maka pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah Swt.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Bulan Ramadlan iman kita benar-benar diuji Allah Swt, apakah kita termasuk orang-orang yang sabar akan menjalankan perintahnya. Kalau kita sabar akan menjalani kewajiban puasa, maka berarti kita semua tergolong orang-orang yang beriman sesungguhnya.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Marilah kita tingkatkan amaliah kita dalam sehari-hari utamanva bulan yang akan datang, yaitu bulan Ramadlan.

Mudah-mudahan kita masih dianugerahi oleh Allah kesehatan jasmani dan rokhani sehingga kita melaksanakan puasa Ramadlan dan melaksanakan perintah Allah, baik yang wajib, maupun yang sunnat. Kita songsong datangnya Ramadlan dengan penuh keceriaan, dan kegembiraan di tengah-tengah keluarga.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Demikianlah pidato singkat yang dapat kami sampai dalam rangka menyambut datangnya bulan suci. Mudah-mudahan kesehatan tetap terlimpahkan  kepada kita semua, sehingga kita menjalankan ibadah puasa sampai penuh satu bulan.

Dengan pembicaraan saya semrawut tadi, mudah-mudahan membawa manfaat, amiin.

Wassalamualaikum Warahmatull ah i Wabarakaatuh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil alamin

Washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya wal mursalin

Amma badu

Alhamdulillah, marilah di hari yang cerah ini kita tetap bersyukur kepada Allah SWt, karena kita bisa berjumpa dan bertemu dalam acara yang mubarak ini. Sholawat dan salam teriring doa, marilah kita panjatkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa agama Islam dari jaman jahiliyah sampai dengan jaman sekarang ini.

Hadirin yang berbahagia,

Dalam pidato agama Islam kali ini saya akan mengambil tema etika terhadap diri Sendiri. Orang muslim sangat menyakini bahwa kebahagian hidup di dunia dan di akherat sangat ditentukan pada sejauh mana pembinaan terhadap dirinya. Perbaikan diri dan penyucian dirinya.

Namun, tidak semua orang muslim mampu melaksanaan dan menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang tercela. Karenanya, orang muslim tidak henti-hentinya membina diri sendiri dan menyucikannya, diri sendirilah yang layak menyucikannya, Diri kita melawan siang dan malam, mengevaluaisnya setiap saat, membawanya kepada perbuatan yang baik. Untuk itu, marilah kita memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan, memperbaiki diri, dan membinanya dengan jalan: taubat,

Taubat

Hadirin yang berbahagia,

Taubat merupakan melepaskan diri dari semua dosa-dosa masa lalu dan bertekad untuk tidak kembali mengulanginya lagi. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Surat An Nur ayat 31:

Dan bertaubatlah kalian kepada Allah, hai orang-orang yangberiman supaya kalian beruntung

Bila kita sudah bertaubat, maka kita tidak akan mengulanginya lagi dengan kesalahan dan dosa yang sama.

Muhasabah

Hadirin yang berbahagia,

Orang muslim selalu bekerja siang dan malam untuk kebahagiannya di akherat, kemuliyaan dari Allah SWt. Karena di dunialah tempat beramal. Namun, dalam beribadah adakalanya kita perlu melihat hal-hal yang wajib dan yang sunnah. Hal yang wajib merupakan modal dalam bisnis, sementara sunnahnya adalah keuntungan dari perniagaan bisnis.

Di akhir hari, kita berduaan dengan diri kita untuk mengadakan muhasabah (evaluasi) terhadap dirinya atas amal perbuatannya sepanjang siang harinya. Jika kita melihat ibadah kita ada yang kurang, maka kita akan menambahinya. Dan apabila ibadah ibadah kita sudah baik, maka kita akan mempertahankannya (istiqamah. Inilah yang disebut dengan muhasabah terhadap diri sendiri

Hadirin yang dimulyakan Allah,

Dmikianlah pidato agama Islam saya, dan tampaknya dua hal di atas, taubat dan muhasabah bisa mnejadi jalan bagi kita untuk tetap istiqamah beribadah kepada Allah SWt, sehingga kita menjadi orang yang benar-benar beriman.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thoriq.

Wa billahi taufiq wal hidayah, war ridlo wal inayah. Mohon maaf atas segala kesalahan

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Berikut Contoh naskah pidato agama islam tentang bagaimana cara bersyukur.

Salam Sejahtera wahai para ahli bersyukur.

Marilah kita panjatkan segala puji dan puji syukur atas semua anugrah yang di berikan tuhan kepada kita. karna dengan kita bersyukur kita akan mengetahui betapa besar anugrah yang harus kita syukuri.

Solawat dan salam kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW sebagai ungkapan rasa syukur atas semua yang nabi ajakan kepada kita. 

Para pelopor, bersyukurlah

"Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri."(Quran Surat. Fathir:30).

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat."(Quran Surat. ibrahim [14]:)

Para Pelopor, Pada kesmpatan ini, melalui contoh pidato agama islam ini akan sedikit menjelaskan tentang bentuk dari perwujudan rasa syukur kita.

Syukur itu diwujudkan dalam tiga aspek :

1. Syukur dengan hati, yaitu menyadari dan menyakini bahwa semua nikmat dan karunia yang diperoleh merupakan anugerah Allah dan berasal dari-Nya.

2. Syukur dengan lisan, yaitu dengan memuji Allah sebanyak-banyaknya.

3. Syukur dengan perbuatan, yaitu taat beribada kepada-Nya dan menggunakan karunia itu untuk kebaikan.

Mari kita renungkan, tentang semua yang kita miliki tentang semua yang kita imikan, tentang semua kekurangan yang kita miliki, dan bersyukurlah. Bersyukur itu adalah bagaimana kita merasa bersyukur atas semua anugrah yang di anugrahkan kepada kita. Bersyukur itu mengungkapkan rasa terima kasih atas semua yang yang di miliki.

Para pelopor, Bersyukurlah atas semua kelebihan, bersyukurlah atas semua kekurangan yang kita miliki, dan bersyukurlah atas semua penderitaan yang tersa, dan bersyukurlah atas semua airmata yang membuat kita berduka. Dan bersyukurlah Karena ada rahasia di balik rahasia, Maha sempurna tuhan beserta rencananya. Bersyukurlah.

Wassalam.