Pidato Kepramukaan : Pramuka Itu Selalu Di Depan Versi 2

Pidato Kepramukaan : Pramuka Itu Selalu Di Depan

Contoh pidato ini meliputi contoh pidato dengan tema kepramukaan. Bagi temen-temen yang aktif di kepramukaan bisa menemukan contoh pidato tema kepramukaan disini.

Judul pidato :   Pramuka Itu Selalu Di Depan

 Assalammualaikum Wr.wb
Salam Pramuka

Selamat sore Adik-adik!
Sebelumnya, marilah kita selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Karena rahmat-Nya, sore hari ini kita masih dipertemukan.

Mari kita maknai lebih dalam bahwa pramuka harus berada di depan dalam setiap kehidupan sebagai pelopor dan teladan. Jangan malah melarikan diri dan sembunyi apabila ada masalah datang menghadang.

Kita mengetahui, saat ini generasi muda lebih cenderung lari dari masalah dan hidup menghindari tantangan, akibatnya ketika kehidupan tidak lagi bersahabat dengan mereka, maka para manusia ini akan sangat mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.

Kehidupan bukanlah matematika yang dengan pasti diketahui hasilnya secara nyata, kehidupan memiliki banyak misteri dan pusaran-pusaran masalah yang bisa menenggelamkan diri kita. Oleh sebab itu kita harus berani untuk menjalani hidup dengan penuh tantangan. Salah satu cara adalah melatih diri untuk senantiasa berada di garis depan dan merasakan sendiri bagaimana berkontak dengan masalah.

Menempatkan diri menjadi pandu atau pramuka bagi kehidupan tentu bukan sekedar didepan semata, namun juga musthi siap lahir dan batin untuk menerima resiko dan memperjuangkan resiko tersebut. Selain itu, juga harus memberikan teladan yang baik. Sukses atau tidak kita didepan itu tidak penting, yang lebih utama adalah apakah kita telah berjuang dengan penuh daya upaya dan teladan atau belum.

Memang tidak semua bidang bisa dikerjakan pramuka, namun setiap pramuka pasti bisa menjadi terdepan dibidang karyanya. Seorang pramuka pembina pramuka penggalang di SMP pelosok tentu tidak bisa menjadi pilot yang tangguh, namun seorang pramuka yang menjadi pilot pasti bisa berjuang untuk menjadi terdepan di profesinnya tersebut. Sebaliknya, seorang pramuka yang jadi pilot tentu tidak bisa selalu ada untuk adik-adik didik dan memberi pembinaan secara penuh, tapi seorang pramuka yang jadi pembina penggalang bisa mengerjakan tugas ini dengan maksimal dan penuh prestasi.

Jadilah pramuka yang berada di depan dalam profesimu, karena dengan itu secara langsung kita telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi pramuka.

Semoga pidato ini ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

wabiillahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb

Pidato Kepramukaan : Peringatan Hari Pramuka – Tujuan dan Fungsi Pramuka

Contoh pidato berikut ini merupakan contoh pidato dengan tema kepramukaan pada peringatan hari pramuka.

Judul : Tujuan dan Fungsi Pramuka

Assalammualaikum wr.wb Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua

Salam pramuka 3x

Yang terhormat bapak dan ibu dewan pembina pramuka se kabupaten bekasi, para tamu undangan, dan kepada adik-adik ku sekalian yang saya banggakan.

Puji syukur kita panjatkan kepada ALLAH SWT,yang mana pada hari ini kita semua masih diberi kesehatan sehingga kita dapat berkumpul dilapangan yang luas ini.

Marilah kita panjatkan puja dan puji atas segala anugrah yang telah di anugrahkan kepada kita. Dan sholawat pada junjungan kita Nabi agung muhammad SAW.

Wahai adik-adik pramuka generasi tunas bangsa, Sebagai pemuda pramuka, kita berdiri tegak disini marilah kita merenung sejenak untuk pelajari kembali bersama-sama tentang fungsi Pramuka.

Pada dasarnya fungsi dari pramuka, sebagaimana sudah kita sadari bersama merupakan kegiatan menarik bagi kita sebagai anak atau pemuda. Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja.

Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik. Tentu bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

Kita mengetahui bahwa fungsi pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya. Dari sana selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap gerakan kepramukaan sebagai mana fungsinya.

Tepok pramuka……….

Tahukah wahai pemuda pramuka apa itu tujuan dari pramuka?
Sebenarnya tujuan pramuka adalah sangat mulia karena gerakan pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:

Anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

Anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.

Anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya. 

Anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara. 

Tujuan tersebut merupakan cita-cita gerakan pramuka. Karena itu, semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam gerakan pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Sebelum kita akhiri, pramuka adalah sebuah pendidikan yang mengajarkan kita semua untuk bagaimana  bisa bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan semua norma.

Marilah kita jadikan peringatan hari pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri pribadi kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bisa bersungguh sungguh.

Salam Pramuka!

Wassalamu alaikum wr. wb

Contoh Naskah Pidato Tema Menjaga Lingkungan Di Sekolah

Pidato tema kebersihan lingkungan di sekolah.
Assalamualaikum Wr.Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kitasemua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Menjaga Lingkungan Di Sekolah.

Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.
Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.Tetapi pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut akhirnya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah basah dan sampah kering kalau pada akhirnya juga disatukan kembali. Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.

WalbilaihiTaufikWalhidayahWassalamualaikum W.W.

Contoh Naskah Teks Pidato Lingkungan 1
Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera buat kita semua

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita sehingga dapat berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya cintai,
Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun sebelumnya marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmatNya sehingga kita dikaruniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini.

Saudara-saudaraku,
Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti.

Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah sedemikian kritis yang sangat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat.

Saudara-saudaraku,
Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya.

Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

Terima kasih atas perhatian Saudara-Saudaraku. Sekian.

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas

Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,

Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,

Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.