Pidato.doc : Washohbihi Ajmain. Amma Badu.

Assalamualaikum wr.wb.

Alhmadulillahi robbil alamin. Asholatu wassalamu ala sayyidina Muhammadin wa ala alihi washohbihi ajmain. Amma badu.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan kaum muslimat yang dimuliakan oleh Allah.

Pertama-tama marilah kita semua mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena kita semua pada saat ini masih diperkenankan oleh Allah untuk berkumpul di acara yang berbahagia ini, dalam rangka memperingati hari besar Islam, Isro Miraj Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw karena dari beliaulah kita semua dapat mengetahui ajaran-ajaran Islam , sehingga kita dapat membedakan mana sesuatu yang haq dan mana sesuatu yang bathil.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Kita semua pada saat ini telah berada di bulan Rajab, dimana pada bulan Rojab ini ada satu peristiwa yang tidak boleh dilupakan oleh setiap umat manusia, utamanya adalah umat Islam itu sendiri, karena pada bulan Rajab itu terjadilah peristiwa besar yang pernah dijalankan oleh Rasulullah pada abad-abad yang silam yairu Isro Miraj, atas kehendak Allah SWT.

Menurut arti bahasa Isro itu berarti perjalanan di malam hari. Akan tetapi secara syariiyah isro adalah perjalanan malam hari yang dilakukan oleh Rasulullah saw dari Masjidil Haram (di Mekkah) menuju ke Baitul Maqdis (di palestina) yang penuh mengandung rahasia dan keajaiban.

Sedangkan Miraj menurut arti bahasa yaitu jenjang naik. Akan tetapi yang dimaksud ialah naiknya Rasulullah saw dari Masjidil Aqso di Baitul Maqdis, dengan menempuh angkasa luar, sehingga akhirnya sampai ke suatu tempat yang paling tinggi bernama Sidratul Muntaha, suatu tempat yang tidak mungkin di capai oleh manusia dengan kemajuan teknologi yang bagaimana pun canggihnya kecuali oleh Nabi Muhammad saw. Disitulah Rasulullah saw menerima langsung dari Allah SWT tentang solah lima waktu, yang harus dikerjakan olehnya dan seluruh umatnya.

Hadirin yang berbahagia. Pada bulan yang penuh berkah ini kita perlu lebih banyak melakukan muhasabatun nafsi atau instrosfeksi diri. Terutama yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sholat kita khususnya dan kualitas ibadah secara keseluruhan.

Karena sudah seharusnya kita selaku kaum muslimin untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan amaliyah serta ibadah kepada Allah SWT. Celakalah orang yang amal hari ini lebih buruk dari hari kemarin, rugilah orang yang amal hari ini sama dengan amal hari kemarin, maka beruntunglah orang yang jika amal hari ini lebih baik dari kemarin.

Karena amal ibadah sholat menjadi tolok ukur dari identitas seseorang muslim, maka segala upaya untuk mendapatkan sholat yang khusyu, ikhlas dan makbul termasuk rangkaian ibadah. Sedangkan sholat khusyu, ikhlas dan makbul itu tidak akan pernah terwujud jika tidak ditunjang dengan ilmu. Oleh sebab itu Islam mewajibkan semua muslimin muslimat untuk menuntut ilmu.

Hadirin yang berbahagia.

Umat Islam mulai sadar pada saat perintah sholat mulai diwajibkan. Ternyata banyak sarana dan prasarana pendukung yang menghantarkan pada ibadah sholat yang khusyu. Karena ibadah sholat mengandung syarat dan rukun. Adapun perkara rukun akan dapat terpenuhi dengan cara menggali ilmu sholat. Sedangkan yang menyangkut masalah syarat akan berhubungan dengan alat dan materi.

Hadirin yang berbahagia.

Bulan Rajab, di mana kita melewatinya dari tahun ke tahun. Dan tidak sekadar melewati, kita selaku kaum muslimin selalu menyambut bulan Rajab ini dengan peringatan-peringatan, pengajian-pengajian yang dikaitkan dengan uraian tentang sholat. Tapi apakah dengan datangnya bulan rajab ini akan selalu lewat begitu saja ? Tentu tidak. Karena yang lebih penting bagi kita adalah merenungi dan memaknai ibadah sholat itu dengan aktifitas hidup kita. Pada saat sholat itu diwajibkan untuk khusyu maka dalam melakukan pekerjaan apapun kita harus khusyu atau serius atau sungguh-sungguh. Ketika sholat itu disyaratkan untuk bersih dari hadats, maka dalam melakukan apapun itu harus bersih dari kebohongan, tidak korupsi dan saling menzdolimi. Jika seorang buruh tidak korupsi waktu, dan jika si majikan tidak memperlakukan pekerja dengan semena-mena. Demikian pula masih banyak hikmah sholat yang perlu kita telaah secara mendalam. Mari kita aplikasikan makna sholat kita di luar sholat. Semoga kita selalu diberi kekuatan, petunjuk, dan pertolongan dari Alloh SWT, amin.

Demikian pidato dari saya dalam rangka memperingati hari besar Islam Isra Miraj yang terjadi pada tanggal 27 Rajab ini.

Terimakasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekuarangan dan kekhilafannya.

Wabillahi taufiq walhidayah, Assalamualaikum wr.wb

Ice Cream

Ingredients

1 teaspoon vanilla
2 eggs egg whites only
2 tablespoons granulated sugar
2 tablespoons cornstarch
2 cans of sweetened condensed milk white
4 cans of white milk

How To Make

1. Mix all ingredients of milk and water into the pan as you heat and stir it over low heat stirring

2. Melt the cornstarch, mix with the mixed milk.

3. As you still stirring, lift the pan and mix the sugar, egg whites, vanilla, and continue to stir until all blended and white.

4. Then, boiled dough and stir until boiling

5. While still stirring, lift the dough from the pan so it does not clot.

6. When the dough is chilled, put it into freezer

7. As a garnish or topping, you can prepare a piece of strawberry, grape, or other fruits with a piece of cake or cookies and put a small pinch of mint leaves on top.

Donat (Potato Donuts)

Ingredients
500 grams of wheat flour
200 grams of potatoes
100 grams of sugar powder
100 ml of cold water
75 grams of butter
50 grams of milk powder
11 grams of instant yeast (1 sachet)
4 egg of yolks
1/2 teaspoon of salt

How to make
1. Put flour, milk powder, and yeast. Stir it until blended.
2. Add potato, egg yolk, and cold water. Mix it until blended.
3. Divide the batter into 60 grams for each piece. Make into round shape. Wait it around 20 minutes until fluffy. Then, make holes in the middle as donuts shape.
4. Heat the oil while waiting for the donuts expands.
5. Put the donuts and fry it until the color change into golden brown.
6. Sprinkle sugar powder on the top of donuts.

Burger

Ingredients
1 small onion
500g good-quality beef, minced
1 egg
1 tablespoon vegetable oil
4 burger buns
All or any of the following to serve:
sliced tomato, tomato and chili sauce, mayonnaise, ketchup, lettuce, cucumber.

How to make
1. Peel the onion and slice it into small pieces.
2. Add minced beef and egg to sliced onion. Then mix.
3. Divide the mixture into 4 parts. Make it like a tennis ball size. Then gently squeeze down to flatten into patties about 3 cm thick.
4. Put the mixture on the plate. cover it and leave it in the fridge to firm up for at least 30 minutes.
5. Heat the frying pan. Put vegetable oil. Place the burgers. Cook for about 5 minutes until the meat is lightly charred. Do not press down the meat. Turn over the meat using tongs. Then wait for another 5 minutes.
6. Take the burgers off the frying pan. Put them on the plate. Take burger buns. Slice each bun in half. Then put the burger inside the bun. You can add some more ingredients inside it, such as sliced tomato, sauce, mayonnaise, ketchup, cucumber, lettuce.