Pidato 22.rtf : Selamat Siang,

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat siang,

Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua, semoga pada hari ini semua yang ada di sini berbahagia dan saling menyayangi. Saling menyayangi membuat kita semakin erat dalam hubungan dan dekat pula dalam kebahagiaan.

Mari kita memanjatkan puji syukur atas nikmat yang telah Alloh berikan kepada kita. Terima kasih saya ucapkan kepada para hadirin yang telah menyempatkan waktunya pada pagi hari ini untuk berkumpul di tengah kesibukannya masing-masing. Perlu anda ketahui bahwa valentine yang lebih kita kenal dengan hari kasih sayang. Hari kasih sayang ini telah lama dilakukan oleh bangsa Barat. Bahkan saat ini sudah menjadi trend di seluruh dunia dengan sebutan “valentine day”.

Memperingati hari kasih sayang dilakukan pada tanggal 14 Februari yang dipercaya banyak orang sebagai tanda untuk mengungkapkan kasih sayang kita terhdap orang lain. Baik itu pacar, keluarga maupun orang yang kita sayangi. Efek domino dari hari kasih sayang membuat banyak orang melakukan berbagai hal dari yang biasa saja sampai yang unik untuk memperingati hari kasih sayang ini. Mulai dari memberi bingkisan permen, cokelat, bunga bahkan melalui jasa di pengiriman barang dan perayaan di berbagai tempat hiburan. Bahkan banyak tempat umum yang mengadakan ajang dan kompetisi untuk memeriahkan hari valentine, seperti diskon besar-besaran di super market hingga perayaan di hotel.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Terdapat kontroversi dengan adanya hari valentine ini. Terutama bagi kita yang beragama islam, Sebagian beranggapan bahwa merayakan hari valentine adalah hal yang haram dan tidak boleh dilakukan.

Seperti firman Alloh yang sering kita dengar,

“Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)

Dalam pandangan ini berarti bahwa mengikuti dan percaya dengan adanya hari valentine, apalagi merayakannya membuat kita bertanggung jawab terhadapnya. Hal ini akan mempertaruhkan tauhid kita.

Bahkan hadis Rasulullah s.a.w telahmengatakan: “Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.

Allah s.w.t. juga berfirman dalam Surah AL Imran (keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

Valentine dalam pandangan islam menjadi hal yang buruk karena merupakan hal yang bertentangan dengan syariat Islam. Memberikan kasih sayang kepada orang lain bahkan kepda orang non-muslim adalah kewajiban kita semua. Bahkan mengungkapkanya merupakan hal yang diperbolehkan.

Namun jangan sampai kita menggunakan cara yang salah karena menjadikannya sebagai hal yang merusak tauhid. Mempercayai dan merayakan hari valentine sama halnya dengan kita mempercayai ajaran kaum non muslim tersebut. Untuk itu kita perlu berhati-hati dalam menyikapi hal ini.

Para hadirin sekalian,

Tidak merayakan hari valentine bukan berarti kita tidak memberikan kasih sayang kepada oranag lain. Memberikan kasih sayang adalah kewajiban kita kepada semua makhluk Alloh. Berikan kasih sayang pada semua makhluk kapanpun dan dimanapun kita berada. Jadikan segala momen sebagai ajang untuk mengungkapkan kasih sayang kepada orang lain.

Demikian hal yang bisa saya berikan pada pagi hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan mendekatkan diri kepada-Nya. Serta terhindar dari hal-hal yang haram dan dan membuat kita terjerumus dalam api neraka.

Jika ada yang salah mohon dimaafkan.

Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.