Pidato Singkat : MEMPERINGATI KARI KEBANGKITAN NASIONAL

Assalamu ’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Saudara-saudara sebangsa, setanah air Indonesia, yang tercinta.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur terhadap Allah Swt, karena dipagi yang cerah ini kita bisa berkumpul di tempat yang berbahagia ini, tanpa ada halangan suatu apa pun.

Saudara-saudara sebangsa, setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi hari ini tepatnya tanggai 20 Mei tahun…. segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Karena pada tanggal tersebut Bapak DR. Wahidin Sudirohusodo telah mendirikan suatu organisasi yang bernama Budi Utomo. Dengan organisasi tersebut, bangsa Indonesia khususnya para pemuda mengadakan perlawanan terhadap kekejaman penjajah yang ada di nusantara ini.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Dengan adanya organisasi Budi Utomo nampak betul semangat juang para pemuda Indonesia untuk melawan penjajah yang ratusan tahun menguasai tanah air kita. Perlu kita ketahui juga, bahwasannya dengan adanya berdiri organisasi Budi Utomo, karena faktor, antara lain :

  • Kekejaman penjajah belanda makin hari makin nampak.
  • Pendidikan dan pengajaran bangsa Indonesia terbelengkalai.
  • Bertambah hari sikap Belanda semakin angkuh.
  • Cinta telah merintis mendirikan perguruan untuk masyarakat-nya sendiri, dengan nama : CUNG HWA HWEE dan CUNG HWA CUNG HWEE

Jadi empat faktor tersebut diatas merupakan faktor yang menterbelakangi berdirinya organisasi Budi Utomo. Bagi kita yang terpenting dalam memperingati hari bersejarah itu adalah kita harus meneruskan perjuangan para pendahulu kita, kita dukung dan peran serta dalam pembangunan dewasa ini, kita tingkatkan sumber daya manusia agar dalam kehidupan bangsa Indonesia semakin maju.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang kami hormati.

Demikianlah pidato saya pada peringatan hari Kebangkitan

Nasional ini, mudah-mudahan membawa manfaat. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Billahi taufiq walhidayat. Wassallamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 

Incoming search terms:

  • pidato budi utomo
  • pidato bahasa jawa hari kebangkitan nasional
  • pidato kebangkitan nasional singkat
  • contoh pidato bahasa jawa tentang hari kebangkitan nasional
loading...

Leave a Reply