PIDATO Pramuka Sekolah

PIDATO

1. Dalam rangka hari Pramuka, Pramuka gugus depan MTs Al Hidayah mengadakan persami. Pada saat pembukaan persami, Pembina upacara berpidato .

Isi teks pidato yang tepat sesuai kegiatan tersebut adalah ..

a. Oleh sebab itu, marilah kita bersamasama bersatu padu memupuk rasa kesetiakawanan diantara kita

b. Harapan kami, dalam kegiatan persami ini, adik adik bisa saling bekerja sama dan

bersama dalam suka dan duka

c. Persami adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan persami kita belajar hidup mandiri, belajar beradaptasi dengan lingkungan.

d. Pada hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul dalam rangka persami. Persami ini terselenggara berkat kerja sama yang baik antara kita dengan masyarakat di sekitar kita

2. Dengan berat hati keputusan kenaikan harga BBM dua kali dalam satu tahun harus diambil. Saya sungguh mengerti bahwa keputusan ini telah menambah beban masyarakat. Pemerintah berusaha mengurangi beban itu dengan melaksanakan program kompensasi di bidang kesehatan , pendidikan , penciptaan lapangan kerja di pedesaan dan subsidi uang tunai kepada kelompok masyarakat miskin

Simpulan isi kutipan pidato tersebut yang tepat adalah .

a. Keputusan menaikkan harga BBM sangat berat bagi masyarakat Indonesia

b. Keputusan menaikkan harga BBM telah menambah beban masyarakat, tetapi pemerintah

berusaha mengurangi beban itu dengan melaksanakan berbagai program

c. Pemerintah mengerti bahwa kenaikan harga BBM menambah beban masyarakat

d. Pemerintah berusaha mengurangi beban masyarakat dengan berbagi program.

3. Kami yang hadir disini mengucapkan selamat ulang tahun kepada Saudara Anti. Semoga

kebahagiaan yang dirasakannya pada saat ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang.

Akhirnya

Kalimat yang tepat untuk mengakhiri pidato tersebut adalah .

a. Marilah kita nikmati hidangan yang sudah ada

b. Kami berdoa semoga Saudara Anti panjang umur

c. Kami mohon maaf karena sudah cukup lama disini

d. Marilah kita doakan bersama agar acara ini cepat selesai

4. Hadirin sekalian, museum merupakan salah satu sumber belajar. Melalui benda-benda yang dipamerkan di museum, pengunjung dapat mempelajari berbagai hal. Pengunjung dapat mempelajari sejarah perkembangan manusia. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari budaya dan lingkungan masa lain.

Perbaikan kalimat tidak efektif pada awal paragraf pidato tersebut adalah ……..

a. Hadirin, museum merupakan salah satu sumber belajar.

b.Para hadirin, museum merupakan salah satu sumber belajar.

c.Para hadirin sekalian, museum merupakan salah satu sumber belajar.

d.Hadirin dan hadirat, museum merupakan salah satu sumber belajar.

5. SMPN 2 kota Bengkulu mengadakan acara perpisahan siswa kelas IX tahun pelajaran 2009/2010 dengan siswa kelas VII dan VIII. Tempat kegiatan di gedung Balai Buntar.

Sambutan yang tepat untuk pembuka teks pidato adalah ……..

a. Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan acara perpisahan kelas RI tahun pelajaran 2005/2006 dimulai. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua.

c. Kami mohon maaf, jika acara ini kurang memuaskan bapak, ibu, saudara. Karena keterbatasan waktu juga acara ini dapat terlaksana dan segera akan kita mulai.

c.Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan ridha-Nya, kita dapat hadir dalam acara perpisahan kelas IX tahun 2009/2010.

d. Sesuai dengan surat undangan yang telah saya terima, hari ini saya akan membicarakan hal-hal yang berkenan dengan perpisahan yang akan kita laksanakan.

6. Bacalah kutipan teks pidato berikut!

Mengapa kita perlu disiplin dalam menjaga kebersihan? Sungguh sangat jelas sekali bahwa kebersihan menimbulkan kenyamanan. Selain itu kebersihan juga menimbulkan keindahan

Perbaikan kalimat teks pidato yang bergaris bawah tersebut adalah

a. Kita tidak perlu disiplin dalam menjaga kebersihan.

b. Jelas sekali bahwa kebersihan menimbulkan kenyamanan

c. Disiplin menjamin kemudahan dan kelancaran.

d. Displin tepat waktu bermanfaat bagi kejayaan bangsa.

7. Saudara- saudara sekalian .

Untuk menunjang kegiatan organisasi kita , diperlukan dana dan perlengkapan organisasi. Sementara itu , kita belum memiliki sumber dana selain dari kita sendiri sebagai aggota. Marilah kita dukung kegiatan organisasi kita ini!Sebab kalau bukan kita, siapa lagi.

Simpulan kutipan pidato di atas yang tepat adalah

a. Mengajak anggota untuk memberikan dana pendukung kegiatan organisasi.

b. Menjelaskan sumber dana untuk mendukung kegiatan organisasi.

c. Menjelaskan kegiatan kegiatan organisasi.

d. Orang-orang yang sangat berperan dalam organisasi.

Perhatikan teks pidato berikut. Kemudian jawablah soal nomor 8 dan 9!

Asalamualaikum Wr. Wr

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang terhormat Bapak dan Ibu Guru, serta teman- teman yang saya cintai. ( 1)

Hadrin yang terhormat,

Marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih , karena sampai saat ini kita tetap diberi kesehatan dan keselamatan untuk dapat berkumpul di tempat ini untuk menyaksikan acara pementasan drama memperingati hari Pahlawan. ( 2 )

Hadirin yang berbahagia.

Pementasan drama ini bertujuan untuk mengingatkan kita tentang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara dari penjajahan . Selain itu,sebagai sebagai tanda bakti dan terima kasih kami kepada guru yang telah sabar mendidik kami . Bapak dan Ibu sekalian, drama ini diperankan teman teman kelas VIII SMP Negeri I Makasar untuk pertama kalinya. Oleh karena itu , selaku panitia kami mohon maaf jika masih banyak kekurangan . Karena kami semua baru dalam tahap belajar. ( 3 )

Marilah kita bersama- sama menyaksikan pentas seni ini. ( 4 )

Sekian dan terima kasih. ( 5 )

8. Bagian pembuka pidato dalam teks pidato di atas adalah nomor

a. ( 1 ) b. ( 2 ) c. ( 3 ) d. ( 4 )

9. Isi teks pidato tersebut adalah

a. Pementasan drama oleh siswa kelas VIII SMP N 1 Makasar dalam rangka mengenang jasa para pahlawan.

.b. Pementasan drama oleh siswa kelas VIII dalam rangka memperingati HUT SMP N 1 Makasar.

c. Permohonan maaf ketua panitia karena siswa kelas VII Ibaru kali pertama bermain drama.

d. Permohonan maaf panitia karena kelas VIII SMP N 1 Makasar gagal bermain drama.

10. Perhatikan kutipan pidato berikut!

Kita patut bersyukur, bahwabangsa kita dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dengan keanekaragaman budaya. Potensi yang amat besar itu haruslah kita kembangkan dan kelola sebaik-baiknya agar menjadi kekuatan yang nyata, kekuatan bangsa kita. Kekuatan yang dapat membarikan kontribusu bagi pembangunan dalam rangka meningkatkan kamakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Bagian penutup pidato tersebut yang tepat adalah

a. Saudara-saudara, Perkembangan seni budaya harus kita upayakan, agar menjadi daya tarik dan nilai jual pariwisata diatanah air. Industri pariwisata yang tengah kita galakkan tidak mungkin tumbuh dan berkambang.

b. Saudara-saudara, Perkembangan seni budaya dari berbagai suku bangsa harus kita upayakan, agar menjadi daya tarik dan nilai jual pariwisata di tanah air. Oleh karena itu marilah kita tata industri pariwisata ini dengan kemasan yang menarik.

C Saudara-saudara, Perkembangan seni budaya dari berbagai suku bangsa harus kita upayakan di tanah air , agar industri pariwisata yang tengah kita galakkan dapat berkembang.

d. Saudara-saudara, Perkembangan seni budaya harus kita upayakan ,agar menjadi daya tarik dan nilai jual pariwisata diatanah air. Industri pariwisata ini dapat dikemas dengan baik.

11. Jadi mari kita mulai permainannya, kelompok akan bapak bagi. Setiap anak harus menyebutkan kata merah atau putih. Yang harus kalian ingat adalah , aturan permaianannya. Apabila kalian melanggar aturan mainnya, maka setia siswa dalam kelompok tersebut akan dikenai hukuman. Mengenai hukumannya , bapak serahkan kepada kelompok lawan.

Kutipan pidato di atas termasuk pada bagian

a. pembukaanb. isi c. batang tubuhd. penutup

12. Pembuka suatu pidato yang tepat adalah

a. Setiap anak dalam kelompok harus memutar tongkat ini secara estafet selama lagu Potong Bebek dinyanyikan oleh kelompok lain. Yang terakhir memegang tongkat setelah lagu selesai dinyanyikan , bertanggung jawab untuk memilih satu kartu yang akan dibacakan oleh kelompok lawan.

b. Kelompok yang memilih kartu, harus menjawab pertanyaan di dalam kartu tersebut. Jawaban dapat didiskusikan bersama satu kelompok dengan catatan , tidak keluar dari lingkaran. Kalian boleh berbalik, tetapi tetap diposisi masing-masing . Setiap kelompok akan menjawab lima pertanyaan yang diajukan dalam kartu kasus, secara bergantian.

c. Semat siang anak-anak ! Tetap semangat dan waspada, bukan? Bapak ingin mengajak anan-anak bermain . Bagaimana , apakah kalian mau? Baik, pemainan ini, bapak sebut Casus Card atau kartu kasus.

d. Jadi mari kita mulai permainannya, kelompok akan bapak bagi. Setiap anak harus menyebutkan kata merah atau putih . Yang harus kalian ingat adalah , aturan permainannya. Apabila kalian melanggar aturan mainnya, maka setiap siswa dalam kelompok tersebut akan dikenai hukuman. Mengenai hukumannya , bapak serahkan pada kelompok lawan.

13. Hadiri yang saya hormati,

Generasi 2945 telah berjuang dengan jiwa dan raga untuk merebut dan menegakkan kemerdekaan . Apa yang mereka lakukan bukan semata-mata untuk diri sendiri, tetapi juga untuk generasi penerus.

Setiap generasi memikul beban berupa warisan yang harus dipelihara sebaik-baiknya. Warisan adalah amanat . Melecehkan amanat sama maknanya memalsukan sumpah. Hal ini yang tidak boleh dilakukan oleh generasi manapun.

Isi penting kutipan pidato di atas adalah

a. Pengorbanan generasi 1945 harus diteladani oleh generasi penerus . generasi penerus menanggung beban warisan dari generasi 1945.

b. Generasi 1945 berjuang dan berkoraban merebut kemerdekaan juga untuk generasi penerus . Kita harus memelihara amanat generasi 1945 tersebut.

c. Generasi 1945 telah berhasil merebut kemerdekaan dan mewariskannya kepada , generasi penerus sehingga generasi penerus harus bertanggung jawab memeliharanya.

d. Pejuang yang baik adalah pejuang yang rela berkorban demi bangsa dan Negara. Generasi penerus yang baik adalah generasi yang melecehkan amanat.

14. Pada waktu acara perpisahan kelas IX, ketua OSIS menyampaikan pidato perpisahan yang ditujukan pada kelas IX yang akan meninggalkan sekolah.

Penggalan teks pidato yang tepat sesuai dengan dengan ilustrasi di atas adalah

a. Kami dari pihak panitia ingin menyampaikan terima kasih kapada Ibu-ibu dan Bapak-bapak serta Saudara- saudara yang telah sudi menghadiri pesta perpisahan ini serta kepada Ibu dan Bapak Guru kami

yang telah memberikan bantuan

material sehingga pesta perpisahan ini dapat diselenggara.

b. Kami mengharapkan agar kakak-kakak kami tidak melupakan sekolah ini guru-guru , serta kami adik-adik yang ditinggalkan. Kami harap juga kiranya di sekolah baru nanti mereka akan belajar dengan rajin dan bersungguh sungguh sehingga hasil yang dicapai selalu memuaskan.

c. Khusus, kepada Bapak kepala sekolah dan Ibu serta Bapak Guru , kami ucapkan terima kasih atas izin, bimbingan , serta bantuan lain yang dibarikan kepada kami sehingga pesta perpisahan ini terselenggara.

d. Akhirnya, sebagai penutup, panitia mohon maaf yang sebesar-besarnya bila penerimaan kami kurang sempurna dan tidak memuaskan. Hiburan berupa nyanyian , tarian, dan lain-lain , semuanya dipersembahkan oleh teman-teman , putra-putri Ibu dan Bapak.

15. Dalam kesempatan ini perkenankan kami menyampaikan sebuah uraian tentang indahnya kebersamaan , Kami berharap apa yang kami sampaikan nanti memberikan manfaat kepada semua yang hadir di sini.

Uraian di atas merupakan teks pidato pada bagian

a. pendahuluanb. isi

c. penutupd. salam pembuka

16. .

Saya mewakili siswa kelas IX ingin menyampaikan beberapa hal.

Pertama kami mengucapkan terima kasih pada Bapak / Ibu guru. Yang telah membimbing kami . Kami minta maaf apa bila selama ini membuat salah kepada pihak sekolah.

Pembuka pidato di atas adalah

a. Kepada rekan rekan kelas IX marilah kita tetap menjaga nama baik sekolah kita walaupun sudah meninggalkan sekolah tercintaini. Kepada adik-adik kelas VII dan kelas VIII , supaya tetap belajar dengan tekun dan taat dengan peraturan yang berlaku di sekolah kita ini.

b. Pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur dan teriama kasih kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas berbagai kemurahan yang diberikan kepada kita. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/ Ibu/ Saudara ditempat acara ini.

c. Yang terhormat Bapak/ Ibu/ Kepala SMP Bakti Persada. Bapak/ Ibu Guru karyawan yang saya hormati . Rekan-rekan siswa kelas VII , VIII , dan IX yang berbahagia.

d. Pada acara pelepasan kelas IX ini, semua diprakarsai rekan-rekan kelas IX

Leave a Reply