Teks Pidato Meraih Mimpi

Pidato

Assalamualaikum w.w

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya lah kita mampu hadir disini dalam keadaan sehat walafiat.

Yth.Ibu Euis Teti, selaku guru bahasa Indonesia

dan teman-teman yang saya cintai

Pada saat yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan meraih mimpi. Alasan saya menyampaikan pidato ini karena pada saat ini banyak orang yang sudah tidak mau berusaha meraih mimpinya hanya karena alasan klise seperti, sudahlah tidak mungkin bisa terwujud, lebih baik jalankan saja apa yang sudah diraih. Padahal tidak ada yang tidak mungkin selagi Tuhan berkehendak.Untuk itu terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi mimpi.Definisi mimpi sendiri adalah sesuatu yang anda inginkan besok, satu tahun lagi atau lima tahun lagi.Mengapa kita harus mempunyai mimpi? Sebagai arah dalam hidup dan motivasi kemana akan melangkah.

Bagaimana cara kerja mimpi? Mimpi akan mempengaruhi kekuatan pikiran bawah sadar yang dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.

Autosuggestion; mimpi kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar memiliki kekuatan sangat besar dan menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Ada 5P dalam melakukan autosuggestion. Pertama positif, artinya selalu berpikir positif, yang kedua powerful, yaitu lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Ketiga precise, keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori. keempat present tense, dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau akan datang. Dan yang terakhir personal, lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

Visualization; mimpi kita menggambarkan sesuatu yang kita dambakan. Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Ada 3 cara melakukan visualization, pertama, mendefinisikan mimpi artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kedua, Menentukan target waktu sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan.. Ketiga, melakukan berulang-ulang Artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Dengan begitu perubahan besar akan terjadi pada kita.

Bagaimana cara meraih mimpi? pertama temukan sesuatu yang menjadi impian anda, apa keinginan yang begitu anda harapkan bisa terwujud, kedua tuliskan keinginan atau mimpi anda di atas kertas. Ketika menulis, bayangkan dan rasakan mimpi anda itu. Ketiga Cari seseorang yang membuat Anda besemangat mengejar mimpi itu. Keempat berpikirlah sebagai seorang Juara, jangan memikirkan tantangannya, tetapi pikirkanlah hasilnya. Maka semua tantangan akan mudah dilewati.

Stephen Covey dalam 7 Habits mengatakan kita membuat kreasi mental lebih dulu sebelum kreasi fisiknya. Pepatah Latin mengatakan, Fortis imaginatio generat casum, artinya imajinasi yang jelas menghasilkan kenyataan.

dari pidato saya ini, dapat diambil kesimpulan bahwa bermimpi memberikan motivasi dan arah kita melangkah. Mimpi dibangkitkan dengan 2 cara, yang pertama autosuggestion bekerja dengan menigirimkan informasi penting pada pikiran bawah sadar. Dan yang kedua visualization bekerja dengan menggambarkan mimpi yang kita dambakan. Untuk itu marilah kita berusaha mewujudkan impian dan janganlah berputus asa untuk meraih mimpi yang didambakan.

Sekian pidato dari saya. Apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian pidato yang menyinggung hadirin, saya mohon maaf. Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.

wassalamualaikum w.w

Leave a Reply