Pidato : RASULULLAH IDOLAKU

Puji dan Sukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan nikmatNya kepada kita.

Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAWyang telah memberi pencerahan bagi ummat manusia.

Bapak/ibu dan teman-teman yang dicintai Allah,

Tahu gak siapa Muhammad itu? Yang jelas Muhammad yang ini pasti bukan tukang cendol di depan sekolah atau tukang sol sepatu yang ngider di kompleks rumah kamu. Muhammad yang ini adalah Rasul dan Nabi kita, yang udah Allah jadiin sebagai suri teladan buat seluruh manusia, termasuk kamu!!! Muhammad tuh bukan Malaikat. Yang jelas, beliau itu cuma manusia biasa, bedanya beliau itu utusan Allah (Nabi) yang panggilannya Rasulullah.

Teman-teman ,

Kata para sahabat, Rasul itu lebih indah dari bulan purnama dan jalannya itu cepet!! Bahkan ada sahabat yang sampe kecapean ngikutin jalannya Rasul, padahal Rasulullah sendiri masih tenang-tenang aza saat itu, cuman cepetnya beliau itu bukannya cepet yang terburu-buru kayak ada yang ngejar.
Nah, kan ada pepatah yang bilang bahwa tak kenal maka tak sayang. Sekarang kita simak sekelumit sifat-sifat beliau, cuman sekelumit looh! Kalo semuanya bisa-bisa pidatonya seharian lebih  lho. O..k deh, kita mulai aza supaya cepet bisa kita contoh dan terapin.

Sifat Rasul yang pertama adalah :

Sabar

Oleh karena dakwah di Makkah kurang berkesan, maka Rasulullah mencoba ke berdakwah ke Thaif. Akan tetapi di sana baginda juga tidak diterima bahkan dihalau, dilempar dengan batu hingga terjatuh dan berdarah kaki baginda. Bersembunyilah baginda di balik bukit dalam keadaan sedih dan luka-luka.

Tiba-tiba malaikat penjaga bukit itu menjelma dan bertanya, Hendak diapakan kaum itu, ya Rasulullah? Dengan tenang baginda menjawab, Aku mau dari mereka zuriat-zuriat /keturunan yang akan menerima Islam.

Kemudian sambil mengangkat tangan baginda terus berdoa.Yaa Allah, berilah petunjuk pada kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.

But what had happen back then, Rasulullah tetap istiqamah, sampe Allah menentukan. Maka begitu pula kita kita harus sabar, jangan cepet marah kalo lagi emosi, jangan cepet putus asa kalo ngadepin kesulitan, pokoknya sabar deh asal jangan sabar terus tapi gak pernah berusaha, itu mah dodol!!!

Innalloha maasshobiriin. Sesungguhnya Alloh, selalu bersama orang-orang yang sabar.

Terus sifat beliau yang kedua adalah :

Kasih Sayang

Kasih sayang Rasul dapat dilihat dari sifat-sifatnya yang sangat mulia. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, beliau memiliki sifat lemah lembut kepada para sahabatnya, memaafkan mereka, bahkan memohonkan ampun kepada Allah atas dosa-dosa dan kesalahan mereka .And the third is

Kelembutan

Rasulullah Sollallohualaihi wasallam adalah sosok yang paling lembut kepada manusia. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran, surat Ali Imran: 159.

Yang artinya Maka berkat rahmat Allah, Engkau Muhammad berlaku lemah lembut terhadap mereka.

Dalam hadist Riwayat Bukhori beliau bersabda :

Sesungguhnya Alloh Azza wajalla menyukai sifat lemah lembut dalam seluruh perkara.
Nahh, Yang keempat adalah

Kedermawanan

Rasulullah adalah seorang dermawan. Bahkan dalam catatan sejarah, beliau tidak pernah nolak ketika dimintain sesuatu. Ada juga ceritanya, gini nih ceritanya

Ahmad meriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah tidak pernah menolak suatu permintaan yang atas dasar Islam. Ia berkata, Ada seorang laki-laki datang kepada beliau lalu meminta untuk memberikan sekumpulan domba yang sangat banyak jumlahnya yang memenuhi dua bukit dari domba-domba shadaqah. Orang itu kembali kepada kaumnya lalu berkata kepada mereka, Wahai kaumku, masuklah Islam! Sesungguhnya Muhammad memberi suatu pemberian dan tidak takut miskin.

Kita bisa melihat bagaimana dermawannya Rasulullah dan beliau tidak takut akan miskin, seandainya jika Rasul mau, beliau dapat minta kepada Allah agar diberikan harta yang banyak, dan pasti akan dikabulkan oleh Allah. Tetapi Rasul lebih menyukai kesederhanaan, dan dapat merasakan penderitaan orang-orang yang tidak mampu. Dan yang kelima ialah :

Kerendahan Hati

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling rendah hati, jika berada bersama suatu kaum dalam majlis selau duduk bersama mereka dan tidak berdiri sebelum majlis selesai. Setiap yang duduk bersama beliau diberi haknya masing-masing sehingga tidak seorang pun yang merasa bahwa orang lain lebih mulia daripada dirinya di hadapan Rasululah shallallahu alaihi wasallam.

Beliau gak pernah sombong, bahkan sama orang yang musuhin dia sekalipun, walaupun ia seorang Nabi.

Nah itulah sedikit sifat-sifat Rasulullah, sekarang mari kita bersama-sama belajar dan berusaha bersifat seperti Baginda Nabi.

Sampai di sini dulu ya ..

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup & matiku semua bagi Allah Tuhan semesta alam Quran Surat Al Anam  162)

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT! Kita insya Allah ketemu lagi di pertemuan selanjutnya

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply