Naskah Pidato : TUGAS

TUGAS

BAHASA INDONESIA

Oleh :

NIKMAYANTI

(EIE 007 116)

S1 PGSD

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM

2009

PIDATO

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati,

Bapak Ibu Guru dan tamu undangan yang juga saya hormati,

Teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Selamat malam dan salam sejahtera

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji sukur kepada Allah swt., atas karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam suasana yang berbgahagia ini.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya selaku ketua panitia penyelenggaraan bulan bahasa untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda ini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa bulan Oktober merupakan salah satu tongak perjalanan berdirinya negara kita, Indonesia ini. Dengan semangat yang pantang menyerah, pemuda-pemuda kita berikrar bahwa mereka berbangsa satu, bangsa Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia, dan menjunjung bahasa yang satu, bahasa Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Kiranya tidak dapat kita pungkiri jika semangat itu terus tertanam di hati kita. Sebagai wujud semangfat itu, SMA Harapan Bangsa telah mengadakan pekan Bulan Bahasa Untuk Menyambut Hari Sumpah Pemuda yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti:

lomba pidato antar kelas

lomba baca puisi antar kelas

lomba mengarang antar kelas, dan

lomba majalah dinding antar kelas.

Sebagai puncak acara bulan bahasa adalah diadakannya pentas kreativitas siswa yang diselenggarakan pada hari ini.

Semua kegiatan tersebut telah berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Hadiah dari setiap perlombaan akan diserahkan kepada para pemenang hari ini. Selanjutnya, kami mohon kepada Bapak Kepala Sekolah Pelita Harapan berkenan memberikan sambutan sekaligus menutup rangkaian acara penyelenggaraan bulan bahasa untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

Kiranya cukupo sekian yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan tutur kata dan sikap yang tidak berkenan di hati Bapak, Ibu, dan hadirin.

Sekian dan terima kasih

ANALISIS IKLAN BERGAMBAR

– GAYA BAHASA

Gaya bahasa yang digunakan bertujuan untuk memperkenalkan produk baru dari sebuah perusahaan agar- agar yaitu agarpac, dan memberikan informasi tentang manfaatnya yang betujuan membujuk konsumen untuk mengonsumsinya.

– PENYIMPANGAN BAHASA

Penyimpangan bahasa yang terdapat dalam iklan tersebut dapat dilihat dalam kalimat satu gelas minuman serat makanan yang mengandung kesehatan. Kalimat tersebut membingungkan pembaca yaitu dalam kata mengandung kesehatan. Kata tersebut sulit dimengerti maksudnya. Menurut saya, kata mengandung bisa diganti dengan kata dapat menjaga.

– HUBUNGAN GAMBAR DAN PESAN YANG INGIN DISAMPAIKAN

Hubungan gambar dan pesan yang ingin disampaikan sudah jelas yaitu di ikllan tersebut terdapat gambar puding, serat, dan usus yang diberi tanda panah dari puding menuju ke serat yang kemudian ke usus.

ANALISIS WACANA ILMIAH

MENYIBAK KHASIAT LIDAH BUAYA

– ISI

Isi wacana tersebut tentang lidah buaya dan khasiatnya, di dalamnya dijelaskan tentang struktur-strukturnya, baik itu tentang batamg,daun, dan bunganya. Dijelaskan juga khasiatnya sebagai obat.

– TEKNIK PENYAJIAN

Teknik penyajiannya yaitu berupa pendeskripsian dari suatu topik yang dibicarakan, yaitu lidah buaya itu sendiri. Paragraf yang digunakan termasuk paragraf deduktif, karena penjelasan wacana tersebut dari penjelasan umum ke penjelasan yang khusus. Yaitu menjelaskan lidah buaya secara keseluruhan terlebih dahulu, baru setelah itu dijelaskan tentang bagian-bagiannya. Dalam pennyampaiannya juga banyak mengandung istilah-istilah ilmiah seperti sekulen, stomata, jelly, aloin, lateks, lignin, dan polisakarida. Istilah- istilah tersebut merupakan istilah- istilah dalam bidang IPA, sehingga wacana tersebut termasuk kedalam wacana ilmiah IPA.

– BAHASA

Karena bahasan dan jenis wacana tersebut wacana ilmiah IPA, jadi bahasa yang digunakan adalah bahasa ilmiah dalam bidang IPA. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya istilah- istilah ilmiah yang digunakan seperti yang disebutkan dalam teknik penyajiannya tersebut diatas.

Leave a Reply