PB Pidato : Nama Maulizan Hidayat

Nama:Maulizan Hidayat

Nim:1010102010153

MK: Penulisan Berita

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Assalammualaikum warahmatullahi Wabarakatu

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan, sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.

Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Barulah setelah itu dia mampu menguasai sains dan teknologi. Budaya baru itulah yang menjadi kontra budaya yang kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat (budaya) alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini.

Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi: pendidikan yang mampu mencerdaskan, mampu menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.

Hal ini tampaknya akan menjadi momok bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi persoalan kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul persoalan mahalnya biaya pendidikan.

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa adalah dengan meningkatkan pendidikan demi untuk menjadikan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan terencana.

Namun untuk menuju ke arah itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku karena persoalan pendidikan sangat terkait dengan faktor lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah sosial lainnya. Para guru pun diharapkan mulai mengubah cara belajar kepada siswa. Para guru pun tidak boleh lagi memberikan tekanan kepada siswa seperti pelajaran menghafal dan memberikan soal pilihan ganda (multiple choice) karena bisa berdampak pada pembentukan kepribadian.

Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan peserta didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya mempunyai makna jika proses pemberdayaan menjadi bagian dan fungsi dari kebudayaan.

Oleh karena itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa independensi, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni dengan menghargai adanya perbedaan.

Ke depannya, sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti.

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Nama:Maulizan Hidayat

Nim:1010102010153

MK: Penulisan Berita

Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang Korupsi

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi semuanya. Sebagai awalan, marilah kita panjatkan puji syukur atas segala nikmat yang dikaruniakan Allah SWT sehingga pada saat ini kita masih diberi kesehatan untuk tetap dapat beraktivitas.

Shalawat dan salam kita sanjungkan ke haribaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi mulia, nabi Muhammad Saw. Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui jerih payah, pengorbanan, dan perjuangan beliaulah, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan. Demikian halnya, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman. Atas jerih payah, pengorbanan dan keikhlasan merekalah, cahaya Islam dapat terbit di belahan timur bumi ini, Indonesia, tanpa KKN, tanpa pemaksaan dan tanpa penjajahan.

Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Nur Setiati yang telah memberikan kesempatan sehingga saya dapat menyampaikan pidato hukum berjudul Negara Melawan Hukum.

Kata korupsi memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Secara harfiah arti kata korupsi adalah mengambil atau mencuri hak yang bukan miliknya dengan memanfaatkan jabatan dan secara sembunyi-sembunyi. Banyak kasus korupsi yang terjadi di negara kita. Salah satunya, yaitu pada saat ini kasus korupsi yang gencar diberitakan di media adalah kasus penggelapan pajak oleh oknum pegawai pajak koruptor yang kita kenal dengan julukan si mafia pajak, Gayus Tambunan.

Para hadirin yang saya hormati, kenapa di negara kita ini para koruptor Mental, keimanan dan kurang tegasnya sanksi yang akan di terima menjadi beberapa alasan untuk saat ini, bukti kurang tegas nya hukum tentang koruptor ini.

Bagaimana agar situasi tersebut tidak memburuk dan para koruptor di tindak sebagaimana mestinya ? Penjara khusus koruptor , penjara khusus koruptor ini adalah penjara yang tidak memberikan fasilitas dan di jaga oleh orang yang bermental tinggi sehingga tidak mudah terperngaruh ucapan para koruptor.

Peranan pemerintah mengenai korupsi yang terjadi di negara kita seharusnya lebih memastikan semua para koruptor di tahan dengan tindakan yang semesinya pemerintah juga harus lebih di meningkatkan penjagaan agar tidak terjadi praktik-praktik korup lagi . beberapa pelajar di beberapa daerah di negara kita menyampaikan usul-usul dari seperti pemiskinan terhadap para koruptor dan pemberian KTP khusus koruptor dan penegasan kembali terhadap para koruptor.

Hadirin yang saya hormati , negara kita tidak memerlukan orang yang hanya memiliki kepintaran saja melainkan orang yang memiliki kejujuran dan jika kepribadian yang besar sehingga tidak mudah terpengaruh orang lain seharusnya kita mementingkan kualitas bukan kuantitas terlalu banyak orang yang pintar tetapi hanya segelintir orang yang memiliki kejujuran.

Generasi anak bangsa negara yang baik harus lah di didik dengan baik dan tidak terlalu mementingkan iQ tetapi emotional dan spiritual yang tinggi sehingga tidak lahir koruptor-koruptor di masa yang akan dating.

Aksi untuk melawan korupsi harus di tangani dengan serius karena kita semua mengharapkan korupsi akan terkikis lenyap dari negara kita . untuk itu kita harus bersama-sama melawan korupsi bagi pelajar belajar di tingkatkan sikap di perbaharui agar menjadi generasi yang lebih baik dari sekarang.Sekian dan terimakasih mohon maaf jika ada kesalahan kata wabillahitaufik walhidayah.

Wassalammualaikum wr wb

Nama:Maulizan Hidayat

Nim:1010102010153

MK: Penulisan Berita

Pidato kekalahan Foke yang simpatik

Sikap berbeda ditampilkan incumbent Fauzi Bowo yang dikalahkan Joko Widodo berdasarkan hitung cepat berbagai lembaga survei. Dalam jumpa pers saat hasil quick count selesai, Foke mengucapkan selamat kepada Jokowi sambil tetap menunggu proses penghitungan akhir dituntaskan KPU.

Foke tampil bersama pasangannya, Nachrowi Ramli dalam jumpa pers di Posko Pemenangan yang berada di Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (20/9). Dengan intonasi yang terjaga, raut muka yang tenang, Foke menyatakan, proses pilgub DKI Jakarta yang berjalan lancar adalah kemenangan bagi seluruh warga Jakarta.

"Pemenang sesungguhnya adalah warga Jakarta. Pilkada Jakarta ini jangan kita ganggu karena dengan kemenangan ini Pilkada DKI Jakarta menjadi barometer demokrasi dan menjadi teladan di seluruh tanah air," ujarnya.

Jika di putaran pertama, Foke terkesan tidak percaya dengan hasil quick count dan lebih yakin kepada hasil survei yang mengunggulkan dirinya, sikap berbeda ditampilkan dalam putaran kedua kali ini.

Foke mengakui, hitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survei bisa menjadi dasar untuk mengukur siapa yang menjadi pemenang. "Hitungan cepat dilakukan dengan metode ilmiah, patut kita respek. Hasil hitungan cepat sudah kami ketahui, kami respek dengan baik," ujar Foke.

Dia pun mengaku telah menyampaikan selamat kepada Jokowi melalui telepon. "Di setiap kompetisi ada yang menang dan kalah, karena itu mari kita junjung tinggi hasil dari Pilgub DKI ini," kata Foke.

"Saya ingin berterimakasih kepada semua tim sukses, simpatisan dan pendukung kami," kata dia sambil mengimbau kepada seluruh warga DKI untuk menjaga keamanan dan ketenangan Jakarta. Sebab, siapapun yang menang, kemenangan itu adalah milik warga Jakarta.

"Jaga ketenangan, keserasian dan kerukunan masyarakat yang ada di Jakarta," imbuhnya. Foke juga mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. "Saya juga mengucapkan selamat kepada nomor urut tiga. Semoga amanah yang diberikan kepada warga Jakarta hendaknya bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," ujar Foke.

Ketika ditanya soal niat Ahok menjadikannya sebagai penasihat, Foke menjawab, "Kita komitmen, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. Sudah berulang kali saya sampaikan. Jabatan itu ada masanya. Bagi kami, Jakarta kota kelahiran kami. itu adalah segalanya buat kami. Kami akan bekerja keras untuk Jakarta di masa datang," tutup Foke.

Sementara Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menilai Foke memiliki jiwa ksatria. "Pak Fauzi Bowo sudah mengucapkan selamat kepada Jokowi. Dengan begitu, Fauzi Bowo sudah menunjukkan jiwa ksatria," ujar Prabowo.

Leave a Reply