Pidato Hut 51 Sulteng Perbaikan

SAMBUTAN GUBERNUR SULAWESI TENGAH

PADA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-51 PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2015

Palu, 13 April 2015

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, DAN

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

OM SWASTI ASTU,

YANG SAYA HORMATI:

KETUA, PARA WAKIL KETUA SERTA ANGGOTA DPRD PROV. SULAWESI TENGAH;

WAKIL GUBERNUR SULAWESI TENGAH;

MANTAN GUBERNUR SULAWESI TENGAH YANG SEMPAT HADIR;

REKAN-REKAN FORUM KOORDINASI PIMPINAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH;

REKTOR DAN PIMPINAN PERGURUAN TINGGI NEGERI MAUPUN SWASTA SEKOTA PALU;

SEKRETARIS DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH,

PARA ASISTEN, STAF AHLI GUBERNUR, KEPALA DINAS, BADAN, BIRO DAN KANTOR DIJAJARAN PROVINSI SULAWESI TENGAH;

KETUA DAN ANGGOTA TIM ASISTENSI PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGAH;

KETUA TIM PENGGERAK PKK PROVINSI SULAWESI TENGAH BESERTA JAJARANNYA;

KETUA DAN PARA ANGGOTA DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI SULAWESI TENGAH;

PARA PEJABAT SIPIL, KEPOLISIAN DAN TNI;

PARA PIMPINAN ORGANISASI POLITIK, ORMAS, ORGANISASI PEREMPUAN, ORGANISASI PROFESI, CENDEKIAWAN, VETERAN PEJUANG, TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, TOKOH PEMUDA, INSAN PERS; SERTA

SELURUH MASYARAKAT DIMANAPUN BERADA, HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI SEBAGAI UMAT BERAGAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR ALHAMDULILLAH KEHADIRAT ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA KUASA, YANG SENANTIASA MELIMPAHKAN RAHMAT DAN KARUNIANYA SEHINGGA KITA DAPAT MEMPERINGATI KEMBALI HARI ULANG TAHUN PROVINSI SULAWESI TENGAH YANG KE-51 TAHUN 2015, SEBAGAI WUJUD KEBAHAGIAAN DAN RASA SYUKUR KITA ATAS TERBENTUKNYA DAERAH YANG KITA CINTAI INIDENGAN TEMA DENGAN SEMANGAT HUT KE-51 PROVINSI SULAWESI TENGAH MARI KITA DUKUNG DAN SUKSESKAN PEMILUKADA SERENTAK TAHUN 2015 DEMI TERLAKSANANYA PEMBANGUNAN YANG MAKIN MAJU, BERDAYA SAING DAN SEJAHTERA.

HADIRIN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI,

PADA HAKEKATNYA HARI JADI PROVINSI SULAWESI TENGAH KITA PERINGATI SEBAGAI BENTUK UNGKAPAN RASA SYUKUR, ATAS DINAMIKA PERJALANAN PEMBANGUNAN SEJAK 13 APRIL 1964 HINGGA TERCAPAINYA BERBAGAI KEMAJUAN PEMBANGUNAN PROVINSI SULAWESI TENGAH SEPERTI SAAT INI. MOMENTUM INI MERUPAKAN BENTUK APRESIASI KEPADA PARA PELAKU SEJARAH SERTA PELAKU PEMBANGUNAN DI SULAWESI TENGAH YANG TELAH MEMBERIKAN KONTRIBUSI NYATA DALAM PEMBANGUNAN SULAWESI TENGAH, SEKALIGUS MENJADI SARANA EVALUASI DAN INSTROPEKSI TERHADAP BERBAGAI KEBERHASILAN MAUPUN CAPAIAN YANG BELUM OPTIMAL DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN INKLUSIF DAN BERKEADILAN DI SULAWESI TENGAH YANG TERUS KITA UPAYAKAN.

KITA SEMUA HARUS BERSINERGI DI BAWAH VISI YANG SAMA, YAITU MEWUJUDKAN: SULAWESI TENGAH SEJAJAR DENGAN PROVINSI MAJU DI KAWASAN TIMUR INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN KELAUTAN MELALUI PENINGKATAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA YANG BERDAYA SAING TAHUN 2020. DALAM RANGKA PENCAPAIAN VISI YANG TELAH DITETAPKAN TERSEBUT TELAH DIRUMUSKAN 5 (LIMA) MISI UNTUK MEWUJUDKANNYA BESERTA SEJUMLAH TUJUAN, SASARAN STRATEGI, KEBIJAKAN DAN PROGRAM-PROGRAM PRIORITAS YANG MENGGAMBARKAN INDIKATOR KINERJA UTAMA.

HADIRIN SEKALIAN PESERTA UPACARA YANG SAYA BANGGAKAN,

DALAM RENTANG WAKTU 51 TAHUN USIA PROVINSI SULAWESI TENGAH SERTA MEMASUKI PERIODE AKHIR RPJMD PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2011-2016, BERBAGAI PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN TELAH DILAKSANAKAN GUNA MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI PROVINSI MAJU LAINNYA DAN UNTUK MEMPERCEPAT TERCAPAINYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SULAWESI TENGAH. WALAUPUN KITA HARUS MENGAKUI BAHWA MASIH TERDAPAT BERBAGAI KEKURANGAN YANG HARUS DIBENAHI, NAMUN PEMBANGUNAN YANG TELAH DILAKSANAKAN SELAMA INI TELAH MEMBUAHKAN HASIL YANG CUKUP MENGGEMBIRAKAN. HAL TERSEBUT MEMBUAT KITA SEMAKIN BERSYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA TERNYATA APA YANG TELAH KITA PERJUANGKAN SELAMA INI SECARA BERTAHAP TELAH MENAMPAKKAN HASIL SEBAGAIMANA YANG DICITA-CITAKAN.

KEMAJUAN-KEMAJUAN YANG TELAH DICAPAI OLEH PROVINSI SULAWESI TENGAH ITU DAPAT DILIHAT DARI BEBERAPA INDIKATOR PEMBANGUNAN YANG ANTARA LAIN SEPERTI DAPAT KAMI SAMPAIKAN BERIKUT INI:

DI TENGAH FLUKTUASI PERTUMBUHAN EKONOMI SECARA NASIONAL, ALHAMDULILLAH PROVINSI SULAWESI TENGAH TETAP MENCAPAI PERTUMBUHAN EKONOMI SECARA POSITIF. RATA-RATA PERTUMBUHAN EKONOMI SULAWESI TENGAH KURUN WAKTU 2011-2014 MENCAPAI 8,23 PERSEN, JAUH DIATAS RATA-RATA PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL YANG HANYA SEBESAR 5,87 PERSEN;

PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) PER KAPITA PROVINSI SULAWESI TENGAH MENGALAMI PENINGKATAN YANG CUKUP MENGGEMBIRAKAN DARI TAHUN KE TAHUN. PADA TAHUN 2014 PDRB PER KAPITA SULAWESI TENGAH MENCAPAI Rp. 31,88 JUTA RUPIAH, JAUH MELEBIHI TARGET RPJMD TAHUN 2011-2016 YANG MENARGETKAN PDRB PER KAPITA TAHUN 2014 SEBESAR RP. 23,44 JUTA RUPIAH;

HINGGA TAHUN 2014, ANGKA KEMISKINAN TERUS MENGALAMI PENURUNAN DAN DAPAT DITEKAN PADA ANGKA 13,61 PERSEN ATAU MENGALAMI PENURUNAN SEBESAR 2,43 PERSEN DIBANDINGKAN TAHUN 2011. DENGAN KATA LAIN JUMLAH PENDUDUK MISKIN DI SULAWESI TENGAH BERKURANG DARI 433.660 JIWA PADA TAHUN 2011 MENJADI 387.060 JIWA PADA TAHUN 2014. NAMUN DEMIKIAN ANGKA TERSEBUT MASIH LEBIH TINGGI DIBANDINGKAN ANGKA KEMISKINAN NASIONAL TAHUN 2014 SEBESAR 10,96 PERSEN. KONDISI INI DIPENGARUHI OLEH TERJADINYA KEMISKINAN STRUKTURAL PADA KEHIDUPAN MASYARAKAT SULAWESI TENGAH. SETELAH MENGEVALUASI PROGRAM DAN KEGIATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN YANG TELAH KITA LAKSANAKAN, MAKA PADA TAHUN 2014 PROVINSI SULAWESI TENGAH MELUNCURKAN PROGRAM TERPADU PENANGGULANGAN KEMISKINAN BEDAH KAMPUNG (PTPK-BBK) DI LIMA KABUPATEN YAITU PARIGI MOUTONG, DONGGALA, BANGGAI, POSO DAN TOJO UNA-UNA DENGAN TOTAL DANA YANG DIKUCURKAN SEBANYAK RP. 39,8 MILYAR YANG DIALOKASIKAN UNTUK 203 DESA. PROGRAM INI TIDAK HANYA DITUJUKAN PADA PEMBANGUNAN FISIK, TETAPI JUGA UNTUK PEMBERDAYAAN DALAM BENTUK PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMBERIAN MODAL. UNTUK TAHAP SELANJUTNYA PADA TAHUN 2015 DANA SEBESAR RP. 40 MILYAR AKAN DIKUCURKAN UNTUK IMPLEMENTASI PTPK-BBK TAHAP II DI 8 KABUPATEN/KOTA LAINNYA. MELALUI PROGRAM INI DIHARAPKAN TERJADI AKSELERASI PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN DI SULAWESI TENGAH;

ALHAMDULILLAH, KETIMPANGAN PEMERATAAN PENDAPATAN INDIVIDU YANG DILAMBANGKAN OLEH INDEKS GINI DI PROVINSI SULAWESI TENGAH PADA SEPTEMBER 2014 ADALAH SEBESAR 0,35 POIN DAN MENJADI YANG TERBAIK DI PULAU SULAWESI. CAPAIAN INDEKS GINI INI JAUH LEBIH BAIK DIBANDINGKAN DENGAN KETIMPANGAN INDIVIDU NASIONAL SEBESAR 0,41 POIN;

INDIKATOR KEMAJUAN PENDIDIKAN MAUPUN KESEHATAN DI DAERAH KITA, YANG DIREFLEKSIKAN SEBAGAI KEBERHASILAN PEMBANGUNAN SOSIAL MENUNJUKKAN KONDISI YANG LEBIH BAIK DIBANDINGKAN DENGAN TAHUN SEBELUMNYA. HAL INI DITANDAI DENGAN MENINGKATNYA NILAI IPM DARI 72,14 POIN PADA TAHUN 2012 MENJADI 72,54 POIN PADA TAHUN 2013. DENGAN CAPAIAN TERSEBUT SULAWESI TENGAH BERADA DI URUTAN KETIGA DI KAWASAN TIMUR INDONESIA DAN DI URUTAN KE 23 SECARA NASIONAL.

HADIRIN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

SELAIN CAPAIAN PEMBANGUNAN TERSEBUT, DAPAT PULA SAYA SAMPAIKAN BERBAGAI KEMAJUAN PEMBANGUNAN DI BIDANG INFRASTRUKTUR DI ANTARANYA:

PENGEMBANGAN BANDARA MUTIARA PALU SERTA PEMBANGUNAN BANDARA AMPANA DI KABUPATEN TOJO UNA UNA;

ALHAMDULILLAH, TELAH DITETAPKAN 2 (DUA) KAWASAN INDUSTRI DI PROVINSI SULAWESI TENGAH YAITU KAWAN INDUSTRI MOROWALI DI KABUPATEN MOROWALI SERTA KAWASAN INDUSTRI PALU YANG BERADA DALAM LOKASI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) PALU;

PEMBANGUNAN RUAS JALAN PALU-PARIGI BY PASS SEPANJANG 36 KILOMETER YANG PADA TAHUN INI AKAN DIMULAI KONSTRUKSINYA;

PENGEMBANGAN PELABUHAN PANTOLOAN SEBAGAI SALAH SATU SIMPUL TRANSPORTASI PENTING DI KAWASAN TIMUR INDONESIA;

INSYA ALLAH DENGAN ADANYA RENCANA EKSPOR PERDANA FERRO NICKEL DARI PT. BINTANG DELAPAN SERTA GAS ALAM OLEH PT. DONGGI SENORO DI TRIWULAN KE-2 PADA TAHUN 2015, PEMERINTAH DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH OPTIMIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH AKAN MENCAPAI 2 (DUA) DIGIT YAITU PADA KISARAN 12 PERSEN.

HADIRIN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

AKHIR TAHUN 2015 INI KITA AKAN MENGHADAPI IMPLEMENTASI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). IMPLEMENTASI MEA 2015 MEMUNGKINKAN TERJADINYA ALIRAN ARUS BARANG, JASA, INVESTASI DAN TENAGA TERAMPIL YANG BEBAS SERTA ALIRAN MODAL YANG LEBIH BEBAS. IMPLEMENTASI MEA 2015 INI MERUPAKAN SUATU PELUANG SEKALIGUS TANTANGAN BAGI KITA. MEA MENJADI SUATU PELUANG KARENA MASUKNYA INVESTASI ASING DAPAT MENJADI STIMULAN BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI, PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (HUMAN CAPITAL) DAN AKSES YANG LEBIH MUDAH KEPADA PASAR DUNIA. SEMENTARA ITU MEA MENJADI SUATU TANTANGAN MENGINGAT DARI SISI PENDIDIKAN DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA KITA MASIH KALAH DIBANDINGKAN TENAGA KERJA YANG BERASAL DARI NEGARA ASEAN LAINNYA SEPERTI MALAYSIA, SINGAPURA, DAN THAILAND.JANGAN SAMPAI TENAGA KERJA KITA KALAH BERSAING DAN HANYA MENJADI PENONTON. OLEH KARENA ITU PENGOPTIMALAN SEKOLAH-SEKOLAH KEJURUAN SERTA BALAI LATIHAN KERJA (BLK) MUTLAK DIPERLUKAN. SELAIN ITU PENGUASAAN BAHASA ASING OLEH PARA PENCARI KERJA MENJADI SYARAT YANG JUGA HARUS DIPENUHI.

DALAM SEGI BIROKRASI, KITA JUGA AKAN TERUS MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. SALAH SATU YANG KITA LAKUKAN ADALAH MEMBANGUN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (P2T) YANG TERINTEGRASI DENGAN BADAN PROMOSI DAN PENANAMAN MODAL DAERAH UNTUK MEMBERIKAN KEPASTIAN SYARAT, WAKTU DAN BIAYA BAGI INVESTOR YANG INGIN MENANAMKAN MODAL DI SULAWESI TENGAH.

KESIAPAN SULAWESI TENGAH DALAM MENGHADAPI MEA 2015 JUGA DILAKUKAN MELALUI PERBAIKAN INFRASTRUKTUR JALAN RAYA, BANDARA, PELABUHAN SERTA JAMINAN KETERSEDIAAN ENERGI LISTRIK. KHUSUS UNTUK ENERGI LISTRIK, MULAI TAHUN 2015 KOTA PALU DAN SEKITARNYA TELAH DAPAT MENERIMA SUPLAI LISTRIK DARI PLTA SULEWANA POSO.

PESERTA UPACARA YANG SAYA BANGGAKAN,

PADA TAHUN INI, PROVINSI SULAWESI TENGAH AKAN MENYELENGGARAKAN EVEN BERSKALA INTERNASIONAL YAITU SAIL TOMINI 2015 YANG PUNCAK ACARANYA AKAN DISELENGGARAKAN DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG PADA SEPTEMBER MENDATANG. TUJUAN SAIL TOMINI 2015 INI ADALAH UNTUK MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, PINGGIRAN, DAN KEPULAUAN SEKALIGUS UNTUK MEMPROMOSIKAN DESTINASI PARIWISATA DI DAERAH SULAWESI TENGAH KE DUNIA INTERNASIONAL. SECARA LEBIH LUAS TUJUAN YANG INGIN DICAPAI ADALAH MENGUKUHKAN KEMBALI KEJAYAAN INDONESIA SEBAGAI BANGSA BAHARI YANG HIDUP DI NEGARA KEPULAUAN. OLEH KARENA ITU SAYA MENGAJAK KEPADA SELURUH KEPALA DAERAH DI SULAWESI TENGAH, SERTA SEGENAP LAPISAN MASYARAKAT TERMASUK SWASTA UNTUK MENSUKSESKAN EVENT TERSEBUT. WALAUPUN AKHIR-AKHIR INI KITA DIHADAPKAN DENGAN ISU GANGGUAN KEAMANAN NAMUN INSYA ALLAH SAYA YAKIN DENGAN KOMITMEN PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGAH BESERTA JAJARANNYA YANG DIDUKUNG PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA, TNI/POLRI DAN SEGENAP LAPISAN MASYARAKAT SULAWESI TENGAH UNTUK MENJAGA SITUASI KONDISI DAERAH AGAR TETAP KONDUSIF, PENEYELENGGARAAN EVENT TERSEBUT AKAN BERJALAN DENGAN SUKSES. MARI KITA TUNJUKKAN PADA DUNIA BAHWA SULAWESI TENGAH BUKANLAH WILAYAH KONFLIK, SULAWESI TENGAH LAYAK UNTUK DIKUNJUNGI, SULAWESI TENGAH AMAN DAN NYAMAN BAGI KITA SEMUA. SAYA BERHARAP EVENT TERSEBUT DAPAT MEMBERIKAN MULTIPLIER EFFECT BAGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SULAWESI TENGAH.

HADIRIN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

PERLU PULA SAYA SAMPAIKAN BAHWA TAHUN 2015 INI MERUPAKAN TAHUN POLITIK KARENA KITA KEMBALI AKAN MELAKSANAKAN PESTA DEMOKRASI YAITU PEMILIHAN GUBERNUR SULAWESI TENGAH SERTA PEMILIHAN KEPALA DAERAH SECARA SEREMPAK DI 8 (DELAPAN) KABUPATEN/KOTA YAITU KOTA PALU, KABUPATEN SIGI, KABUPATEN POSO, KABUPATEN TOJO UNA-UNA, KABUPATEN BANGGAI, KABUPATEN BANGGAI LAUT, KABUPATEN MOROWALI UTARA DAN KABUPATEN TOLITOLI. MARI KITA SUKSESKAN AGENDA DEMOKRASI TERSEBUT AGAR DAPAT DILALUI DENGAN BAIK DAN LANCAR. HINDARI TINDAKAN-TINDAKAN ATAU ISU-ISU TAK BERTANGGUNG JAWAB SERTA ADU DOMBA YANG BERNUANSA POLITIK MAUPUN YANG BERSINGGUNGAN DENGAN SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN (SARA) YANG DAPAT MEMECAH BELAH, MEMICU PERMUSUHAN, PERTIKAIAN DAN PERBUATAN ANARKIS, HINGGA SAMPAI PADA ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA. KESUKSESAN AGENDA DEMOKRASI TERSEBUT DIHARAPKAN AKAN MEMBERI CERMINAN BAHWA MASYARAKAT SULAWESI TENGAH MULAI TUMBUH MENUJU KEDEWASAAN DALAM BERPOLITIK YANG SENANTIASA, MENJUNJUNG TINGGI KEJUJURAN, KEADILAN DAN TRANSPARANSI.

HADIRIN YANG SAYA BANGGAKAN,

PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, KITA PATUT BERSYUKUR DAN MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH, SERTA PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA PARA MANTAN GUBERNUR, BUPATI MAUPUN WALIKOTA SE-SULAWESI TENGAH, YANG TELAH MEMIMPIN DAERAH INI UNTUK TERUS MAJU DAN BERKEMBANG. PENGHORMATAN DAN UCAPAN YANG SAMA PULA, SAYA SAMPAIKAN KEPADA PARA PEMIMPIN YANG PERNAH MENGABDIKAN DIRINYA DI DAERAH INI BAIK DITINGKAT PROVINSI, KABUPATEN DAN KOTA SE-SULAWESI TENGAH, JUGA PARA TOKOH MASYARAKAT, POLITISI, CENDEKIAWAN DAN AKADEMISI, KALANGAN DUNIA USAHA, INSAN PERS, TOKOH WANITA, TOKOH PEMUDA, KALANGAN LSM, BAIK YANG PADA SAAT INI MASIH SEMPAT HADIR BERSAMA KITA MAUPUN YANG TELAH MENDAHULUI KITA SEKALIAN, ATAS PENGABDIAN, SUMBANGAN PEMIKIRAN PERAN SERTANYA SEHINGGA MENCAPAI KONDISI SULAWESI TENGAH YANG LEBIH MAJU DARI SEBELUMNYA.

MEREKA TELAH BANYAK MEMBERIKAN SUMBANGAN PENGABDIAN YANG SANGAT BERARTI BAGI KEMAJUAN SULAWESI TENGAH, SUATU PENGABDIAN YANG PATUT MENJADI RENUNGAN BAGI KITA SEBAGAI SUMBER MOTIVASI DAN INSPIRASI UNTUK BERBUAT LEBIH BAIK DEMI KEJAYAAN SULAWESI TENGAH YANG AKAN DATANG.

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN PROVINSI SULAWESI TENGAH KE 51 INI, MARI TERUS KITA MANTAPKAN SEMANGAT KEBANGSAAN, KEBERSAMAAN DAN KEAKRABAN DALAM MEMBANGUN SULAWESI TENGAH YANG LEBIH BAIK, LEBIH MAJU DAN LEBIH BERMUTU. SEMOGA ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MELIMPAHKAN RAHMAT DAN PERLINDUNGANNYA KEPADA KITA SEMUA.

DIRGAHAYU PROVINSI SULAWESI TENGAH KE 51.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

WASSALAAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

GUBERNUR SULAWESI TENGAH

ttd

Drs. H. LONGKI DJANGGOLA, M.Si

3

3