Pidato Bahasa – N Motivasi Diri Ama = Afif Widia Atmaja

N Motivasi diri ama = Afif Widia Atmaja

Motivasi diri

Kelas = X-4

Absen = 02

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

Atas berkat rahmat allah yang maha kuasa,Alhamdulillah kita semua sehat wal afiat sehingga kita dapat hadir di tempat yang insya allah mulia ini.Pertama-tama saya berterima kasih kepada ibu Anis rohana selaku guru Pembina bahasa Indonesia yang telah memberikan saya untuk berpidato pada saat ini.

Pada hari ini saya akan membahas topic tentang pengembangan diri remaja dengan motivasi dasar agar membuat kita para remaja lebih bersemangat dan dapat memilah hal negative dan positif.

Sebelum saya memulai pembahasan saya,saya ingin bertanya kepada para siswa tentang motivasi diri itu.sebenarnya apa sih motivasi diri itu?

Motivasi diri adalah cara pola piker kita yang bertujuan memberikan energy tersendiri pada saat kita menghadapi suatu persoalan.Pada masa labil remaja seperti yang kita alami selama ini kita sering menghadapi persoalan dalam diri kita,maklum karena kita masih mencari jati diri kita sebagai seorang individu dan masyarakat.Kira-kira permasalahan apa saja yang dapat terjadi pada diri remaja seperti kita pada saat ini?yuup..benar sekali,ada permasalahan antar kawan,dengan guru,kedisiplinan,teknologi, bahkan mungkin cinta-cintaann.

Permasalahan yang rumit dan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan dampak negative bagi diri kita,tanpa adanya motivasi diri mungkin kita akan berlarut2 dan jatuh ke jurang maksiat seperti narkoba dan miras,dll

Jujur saja,permasalahan yang paling dialami remaja seperti kita sekarang adalah cinta.benarkan? .pasti lah itu,para pujangga bilang kalau hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga.bahkan sekarang sedang musim-musim para remaja galau karna cinta.

tapi apakah kalian tau apa sebenarnya itu cinta? Banyak sekali pendapat,tapi 1 hal yang saya tau,adalah ketika cinta di defenisikan maka arti dari cinta itu sendiri akan hilang.benar apa betul?

Nah kita kembali lagi ke motivasi diri,nah seperti saat kita sedang down atau bad mood karna masalah cinta,teman dan lain-lain cobalah untuk berpikir positif.ingat lah bahwa tuhan itu selalu memberi salah sebelum kebenaran.dan tuhan tak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan hambanya.pada saat kita sedang down ingatlah suatu hal dan camkan baik2 bahwa yakin semua akan indah PADA WAKTUNYA

Apabila kita berpikir positif seperti itu,maka hasilnya akan positif dan kita akan mampu menyelesaikan permasalahan kita itu,saat kita berpikir positif sebenarnya telah mengalahkan rintangan masalah itu,tinggal kita atur strategi yang ampuh untuk merubah kemalangan menjadi kemujuran.saya pernah mendengar 1 pepatah,apabila nasi telah menjadi bubur,jangan gundah,ubahlah bubur itu menjadi bubur ayam yang lezat

Begitulah per andaiannya,apabila kita menghadapi suatu masalah,jangan berpikir hal negaatif tentang masalah itu,berpikirlah disisi lain sehingga kita dapat menjadikan suatu masalah dlm diri kita menjadi batu loncatan menuju kedewasaan.

Kemudian ada yang bertanya kepada saya,bagaimana kita memotivasi kita agar dapat menggapai cita kita?

Jawabannya lumayan simple,jadilah pribadi yang tekun dan berpikir positif,yakinlah anda telah memilih jalan terbaik menuju cita2 anda dan melangkahlah maju.pernahkah anda membayangkan saat anda membahagiakan orang tua anda dan orang tua anda berkata itu anakku yang telah membuat kami bangga,sungguh menakjubkan bukan?itulah kenapa kita harus mengejar mimpi,jalan menuju cita2 itu tidak mudah,banyak rintangan,oleh karna itu,setiap kali kita menempuh suatu rintangan berarti kita telah mauju setahap menuju cita2 kita.Tetapi jangan juga anda remehkan rintangan itu,orang yang meremehkan cobaan maka ia akan di jerumuskan oleh masalah itu dan ia akan menyesal,ingatlah bahwa penyesalan itu datangnya belakangan.

Teruslah maju menggapai cita2 anda,dan tetap termotivasi agar anda tetap menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi setia cobaan.

Sekian dulu pidato yang singkat dari saya ini,sesungguhnya saya tidak luput dari salah dan khilaf,apabila saya telah berucap salah,saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Beli minum di bawah pohon waruh,,

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..